2023-09-17

Panduan Lengkap Plug Valve dalam Sistem Perpipaan

Daftar isi

Tutup

Dalam bidang sistem perpipaan yang kompleks, valve atau katup memiliki peran yang sangat penting untuk mengatur aliran fluida agar lancar tanpa hambatan.

Salah satu jenis valve yang sering digunakan adalah plug valve. Plug valve berfungsi mengatur aliran fluida, sehingga memungkinkan memblokir aliran cairan dengan cepat dan akurat.

Artikel ini akan membahas tentang plug valve, termasuk jenis dan komponen plug valve, jenis disc-nya, serta peran krusialnya dalam sistem perpipaan.

Simak penjelasan berikut untuk memahami lebih jauh pentingnya plug valve dalam sistem perpipaan.

Baca Juga: Pengertian Korosi, Proses, Dan Cara Mencegahnya

Apa itu Plug Valve?

Plug valve adalah valve dengan gerak seperempat putaran yang menggunakan plug berbentuk tirus atau silinder untuk menghentikan atau mengalirkan aliran. Disc-nya berbentuk plug, sehingga memiliki lintasan yang dapat dilewati aliran fluida.

Lintasan ini searah dengan aliran pada posisi terbuka. Ketika plug diputar 90° dari posisi terbuka, bagian padat plug akan menghalangi aliran.

Valve ini digunakan sebagai pengganti gate valve membutuhkan pengoperasian yang lebih cepat. Tipe ini dapat digunakan pada keadaan temperatur dan tekanan tinggi.

Baca Juga: Perbedaan Mur Dan Baut Yang Harus Diketahui

Jenis-jenis Plug Valve

Valve ini tersedia dalam desain yang berpelumas dan tidak berpelumas dengan perbedaan yang terletak pada bentuk bukaan port yang melalui plug. Jenis-jenis plug valve antara lain:

Lubricated Plug Valve

Tipe plug valve ini memiliki rongga di tengah yang berukuran sama dengan luas penampang area masuk aliran fluida.

Ruang pelumas ada di bagian bawah dan sealant diinjeksi ke bagian atas plug untuk memberikan lubrikasi. Terdapat check valve kecil yang berada di bawah tempat sealant diinjeksi untuk mencegah sealant mengalir ke arah sebaliknya setelah sealant di-injeksikan.

Permukaan plug dilumasi secara konstan oleh sealant yang bergerak dari rongga tengah melalui lubricant duct atau saluran lubrikasi ke dalam lubricant grooves pada permukaan plug.

Celah sempit di sekitar plug dapat menyebabkan kebocoran. Jika celah tersebut dikurangi, maka akan meningkatkan gesekan, dan plug dapat macet di dalam body valve.

Pelumas berfungsi mengurangi daya yang diperlukan untuk membuka atau menutup valve dan memungkinkan pergerakan plug yang mulus serta mencegah korosi pada plug.

Bahan pelumas harus cocok dengan fluida yang mengalir pada pipa. Tidak boleh mudah larut atau hanyut oleh fluida karena dapat mengkontaminasi dan merusak segel antara plug dan body, yang mengakibatkan kebocoran.

Selain itu, sealant yang digunakan harus mampu bertahan pada temperatur aliran fluida.

Plug valve berpelumas tersedia dalam berbagai ukuran besar dan cocok untuk keadaan temperatur dan tekanan tinggi. valve ini dapat mengurangi keausan dan memberikan ketahanan korosi yang lebih baik.

Baca Juga: Sockolet: Definisi, Fungsi, Spesifikasi, Dan Keuntungan

Non-Lubricated Plug Valve

Sleeve atau liner elastomer non-logam digunakan dalam valve jenis ini. Sleeve ini dipasang di rongga body valve. Plug tirus yang sudah dipoles bertindak menekan sleeve ke body.

Sleeve non-logam ini berfungsi mengurangi gesekan antara plug dan body valve.

Plug valve non-pelumas membutuhkan perawatan yang tidak sulit. Karena bagian seat terbuat dari bahan non-logam, valve ini tidak dapat digunakan dalam keadaan temperatur tinggi.

Multi-Port Plug Valve

Valve multiport digunakan untuk mendistribusi aliran dan membelokkan aliran. Sebuah valve multiport dapat mengalirkan hingga tiga atau empat gate valve atau jenis valve penutup lainnya.

Namun, terkadang valve multiport tidak sepenuhnya bisa menghentikan aliran. Perawatan yang harus dilakukan dalam menentukan pengaturan susunan untuk pengoperasian yang tepat.

Baca Juga: Definisi Valve, Jenis, Fungsi Dan Cara Pengoperasian

Komponen Plug Valve

Komponen utama plug valve terdiri dari body, bonnet, stem, dan plug. Seat logam digunakan di dalam rongga body untuk tipe berpelumas. Sedangkan untuk jenis yang tidak berpelumas, seat non-logam digunakan untuk mengurangi kebocoran valve.

Jenis Disk pada Plug Valve

Plug dapat berbentuk silinder bulat atau lancip. Plug mungkin memiliki berbagai jenis bukaan port, dengan berbagai tingkat di area bukaan. Plug umumnya tersedia dalam 3 jenis, yaitu:

  1. Rectangular Port: merupakan yang paling umum untuk plug valve. Port persegi panjang mewakili setidaknya 70% dari luas penampang pipa yang sesuai.
  2. Round Port Plug: memiliki bukaan bundar menuju plug. Tersedia dengan desain full bore dan reduced bore. Valve dengan reduced port hanya digunakan jika pembatasan aliran tidak terlalu penting.
  3. Diamond Port Plug: memiliki port berbentuk berlian. Semua valve port berlian adalah jenis kontrol aliran venturi.

Baca Juga: Perbedaan Ball Valve, Globe Valve Dan Gate Valve

Pengaplikasian Plug Valve

Plug valve adalah dapat diaplikasikan secara luas dalam berbagai industri yang memiliki sistem perpipaan kompleks. Berikut adalah beberapa pengaplikasian utama dari plug valve:

  1. Valve ini digunakan sebagai valve buka tutup dan mampu memberikan penutupan kedap gelembung.
  2. Dapat digunakan dalam berbagai jenis cairan seperti gas, uap, hidrokarbon, slurry, lumpur, dan aplikasi saluran pembuangan.
  3. Dapat digunakan dalam keadaan kedap udara dan tekanan dan temperatur tinggi.

Keuntungan Plug Valve

Berikut adalah beberapa keunggulan utama dari plug valve yang dapat Anda pertimbangkan:

  • Desain sederhana dengan banyak bagian.
  • Cepat membuka atau menutup.
  • Memungkinkan untuk pemeliharaan inline.
  • Menawarkan resistensi aliran yang kecil.
  • Anti bocor yang bisa diandalkan.
  • Tipe multiport membantu mengurangi jumlah valve yang dibutuhkan dan memungkinkan perubahan arah aliran.

Baca Juga: Butterfly Valve : Fungsi, Jenis, Kelebihan Serta Harga Terbaru

Kekurangan Plug Valve

Sementara itu, plug valve juga memiliki beberapa kekurangan yang mungkin membuatnya tidak dapat digunakan dalam aplikasi tertentu, kekurangan tersebut antara lain:

  • Membutuhkan gaya yang lebih besar untuk dioperasikan karena gesekan tinggi.
  • Valve yang lebih besar tidak dapat dioperasikan secara manual dan memerlukan aktuator.
  • Penurunan tekanan karena reducing port.
  • Biaya plug valve mungkin lebih mahal dari ball valve untuk ukuran dan tingkatan tertentu.

Demikian penjelasan tentang plug valve dalam sistem perpipaan. Semoga informasi yang disampaikan dapat menjadi referensi dalam memilih plug valve yang cocok untuk diaplikasikan dalam sistem perpipaan Anda.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
25
.
07
.
24

Fungsi Lap Joint Flange dalam Perpipaan

Pelajari definisi, fungsi, spesifikasi, dan keuntungan terbaru penggunaan lap joint flange dalam sistem pipa. Pelajari lebih lanjut di sini!

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
25
.
07
.
24

Memahami Pressure Reducing Valve: Definisi dan Fungsinya

Pelajari pengertian pressure reducing valve, bagaimana cara kerjanya, dan mengapa penting dalam pengaturan tekanan air. Baca artikel ini untuk pemahaman lebih lanjut.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
13
.
07
.
24

Penggunaan Reducer Pipa untuk Efisiensi Aliran dalam Sistem Perpipaan

Reducer sangat berguna ketika dipasang dengan benar sebagai penghubung antar pipa dengan ukuran berbeda. Namun, Anda perlu selalu memperhatikan persyaratan pemasangan reducer yang baik akan memastikan produktivitas berjalan lancar serta memberikan manfaat setiap saat.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
04
.
07
.
24

Keunggulan Pneumatic Actuator untuk Berbagai Aplikasi Industri

Aktuator adalah perangkat mekanik yang bertindak sebagai perantara antara sinyal kontrol untuk menghasilkan gerakan dalam suatu sistem, dan electric actuator memanfaatkan energi listrik menjadi gaya mekanik atau energi kinetik untuk menghasilkan gerakan. Lalu, bagaimana dengan pneumatic actuator?

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
07
.
24

Menelusuri Keunggulan dan Tabel Pipa SCH80

Salah satu varian pipa yang seringkali menjadi pilihan untuk aplikasi dengan suhu dan tekanan tinggi adalah pipa SCH80.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
30
.
06
.
24

Keunggulan Pipa SCH40 dalam Berbagai Aplikasi Industri beserta Tabelnya

Memahami keunggulan hingga tabel pipa SCH40 untuk berbagai diameter dan betapa pentingnya pemilihan pipa yang tepat dalam setiap proyek konstruksi atau industri.