2023-07-14

Sockolet: Definisi, Fungsi, Spesifikasi, dan Keuntungan

Daftar isi

Tutup

Dalam sistem perpipaan, seringkali diperlukan perluasan atau penambahan cabang pada rangkaian yang sudah ada. Hal ini dapat menjadi tantangan yang rumit dan memakan waktu jika metode yang digunakan kurang tepat.

Baca Juga : Definisi Valve, Jenis, Fungsi dan Cara Pengoperasian

Salah satu solusi yang efisien dan dalam memperluas sistem perpipaan yang sudah ada adalah dengan menggunakan olet, khususnya sockolet. Dalam artikel ini, kita akan mengetahui apa itu sockolet serta mengulas manfaat atau keuntungan penggunaan sockolet dalam membuat cabang sistem perpipaan.

Apa Itu Sockolet?

Sockolet adalah salah satu fitting pipa (forged fitting) yang digunakan untuk membuat percabangan dari jalur pipa utama dan termasuk ke dalam jenis olet. Sesuai namanya yang mengandung kata “sock”, sockolet memiliki jenis sambungan socket-weld. Pipa yang menjadi percabangan baru akan disambungkan dengan cara dimasukkan kedalam socket, kemudian dilas. Perbedaan sockolet dengan jenis olet lainnya ada di bentuknya yang mengharuskannya untuk disambungkan dengan cabang pipa dengan cara dilas.

Baca Juga : Gasket Untuk Mengatasi Kebocoran dalam Sistem Perpipaan

Spesifikasi Sockolet

Material sockolet biasanya berasal dari logam carbon steel atau stainless steel, dan ASME B16.11 adalah standar yang mencakup spesifikasi sockolet. Sockolet tersedia dalam jenis full size dan reducing size mulai dari ukuran ½” hingga 16" yang bisa menahan tekanan mencapai #3000 sampai #9000.

Keuntungan Menggunakan Sockolet

  1. Efisien: Salah satu keuntungan utama menggunakan sockolet dalam membuat cabang sistem perpipaan adalah kecepatan proses pemasangannya yang relatif sederhana, sehingga memungkinkan penginstalan dengan waktu yang lebih singkat. Hal ini tentu saja membantu dalam pekerjaan percabangan pipa menjadi lebih efisien karena hemat waktu.
  2. Cost-Effective: Penggunaan sockolet dapat menjadi solusi yang cost-effective atau hemat biaya dibandingkan dengan jenis weldolet karena memiliki harga yang lebih terjangkau.
  3. Aman dan Andal
  4. Karena spesifikasinya, sockolet dapat diaplikasikan pada pipa dengan tekanan dan suhu tinggi, serta dinding yang relatif tebal. Meskipun berukuran kecil, jika dibandingkan dengan pipa run, material logam membuat sockolet menjadi kokoh dan tahan lama. Sambungan socket weld juga menambah kekuatan sockolet sehingga dapat mencegah kebocoran atau kerusakan dini pada pipa cabang.

Sockolet dengan Kualitas dan Harga Terbaik di ACS

Jangan lupa untuk selalu memahami kebutuhan sistem perpipaan Anda secara keseluruhan sebelum memilih sockolet. Pilih sockolet dengan spesifikasi yang sesuai dengan kondisi operasional sistem perpipaan Anda, material yang digunakan. Pastikan juga bahwa sockolet yang dipilih memiliki ketahanan yang memadai terhadap korosi, tekanan, suhu tinggi, atau kondisi lingkungan khusus yang mungkin dihadapi.

Baca Juga : Tabel Nominal Ukuran Pipa dan Schedule Pipa

Anda bisa mendapatkan olet fitting dengan spesifikasi dan harga terbaik di Alvindo Catur Sentosa (ACS). Sebelum membeli, Anda juga dapat berkonsultasi mengenai spesifikasi dan harga produk agar semakin yakin dengan produk sockolet yang akan Anda beli.

Tersedia sockolet dari brand Both-well dengan material carbon steel dan stainless steel ukuran ½ inch sampai 5 inch dengan harga berkisar mulai dari Rp100.000,- hingga Rp600.000,-. Selain sockolet, Anda juga bisa mendapatkan jenis olet lain seperti sockolet, threadolet, atau sweepolet dengan kualitas terbaik dan harga yang kompetitif.

Penulis

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

No items found.