2024-04-01

Mengenal lebih Jauh Pipa Seamless dan Keunggulannya

Daftar isi

Tutup

Pipa seamless adalah jenis pipa yang memiliki sambungan las maupun lainnya. Hal ini membuatnya menjadi lebih kokoh dan dapat menahan tingkat tekanan dan tekanan yang lebih tinggi daripada pipa welded. Pipa jenis ini ideal untuk digunakan dalam aplikasi tekanan tinggi seperti saluran pipa minyak dan gas, sistem hidrolik, dan boiler.

Baca Juga : Mengenal Perbedaan Pipa Welded dan Pipa Seamless

Untuk mengesplorasi lebih jauh tentang hal-hal terkait pipa seamless seperti metode dan proses pembuatan, keunggulan, material, pengaplikasian, cara memilih, hingga harga terbaru dari pipa seamless akan dibahas di artikel ini.

Apa Itu Pipa Seamless

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pipa seamless merupakan salah satu jenis pipa yang banyak digunakan di industri dengan karakteristiknya yaitu tidak memiliki sambungan, jahitan, atau las. Hal tersebut dapat dilihat dengan jelas saat Anda menemukan pipa ini. Pembuatan pipa ini umumnya bertujuan agar pipa dapat digunakan pada aplikasi dengan tekanan dan temperatur tinggi.

Baca Juga: Slip On Flange: Definisi, Jenis dan Kelebihannya

Metode dan Proses Pembuatan Pipa Seamless

Metode pembuatan pipa besi seamless dimulai dari sebongkah besi padat yang biasa disebut billet. Dalam keadaan panas, billet ditusuk di bagian tengah dengan alat yang disebut mandrel. Kemudian, billet diregangkan lalu digulung hingga muncul adanya rongga dan hingga mencapai ukuran panjang, diameter, dan ketebalan dinding yang dibutuhkan.  Terdapat 3 pilihan proses pembuatan pipa seamless yang sering ditemui, yaitu:

Mandrel Mill Process (Pilger-mill)

proses Mandrel Mill Pipa Seamless

Dalam metode ini, bilet baja yang telah melewati proses pemanasan di dalam tungku bersuhu tinggi akan melalui proses piercing atau pelubangan silinder menggunakan rol khusus atau penusuk putar. Kemudian baja yang telah dilubangi tersebut akan dibawa melewati satu set rol sekunder. Tujuannya untuk memperoleh diameter luar dan ketebalan pipa yang dibutuhkan. Untuk lebih lengkapnya, perhatikan gambar di bawah ini.

Baca Juga: Mengenal Butterfly Valve, Jenis, Kelebihan Serta Harga

Mannesmann Plug Mill Process (Hot Rotary Piercing)

Mannesmann Plug Mill Process Pipa Seamless

Metode ini merupakan yang paling sering digunakan dalam sistem perpipaan. Proses ini sebenarnya sangat mirip dengan metode mandrel mill. Bedanya terdapat pada proses pengurangan ketebalan dan kehalusan pipanya yang lebih banyak. Perhatikan gambar di bawah untuk lebih jelasnya.

Extraction Process

extraction process pipa seamless

Metode ini merupakan proses pembentukan logam di mana billet baja bulat yang telah dipanaskan akan dibawa ke alat bernama "die" untuk mendapat bentuk sesuai kebutuhan. Sedikit informasi, "die" adalah alat yang terbuat dari baja yang digunakan untuk membentuk atau memotong material tertentu dengan cara menekannya. Cek gambar di bawah untuk lebih lengkapnya.

Karena prosesnya yang cepat, namun cukup rumit untuk dilakukan sampai menghasilkan pipa yang kokoh dan tahan korosi, membuat pipa seamless pipa memerlukan biaya yang lebih mahal dibanding saingannya yaitu pipa welded. Namun, biaya yang dikeluarkan tentu saja sesuai dengan keunggulan pipa seamless yang memerlukan perawatan relatif minim. Jadi, bisa tetap Anda jadikan pertimbangan sebelum memilih pipa mana yang akan dibeli.

Baca Juga: Spiral Wound Gasket : Komponen, Kelebihan dan Harga Terbaru

Keunggulan Pipa Seamless

Keunggulan pada pipa seamless paling banyak dikarenakan tidak adanya sambungan pada pipa ini. Antara lain:

  • Pipa seamless dibuat dari besi utuh sehingga terhindar dari kecacatan pada sambungan seperti munculnya korosi.
  • Dapat menahan tekanan dengan durasi yang lebih lama dan konsisten. Namun, pipa seamless juga dapat mengalami penurunan kinerja jika digunakan terus menerus dalam jangka waktu yang lama.
  • Roundness yang lebih baik.
  • Proses pembuatan relatif lebih singkat dengan teknologi yang lebih canggih. Hal ini juga yang membuat pipa seamless biayanya lebih mahal.

Baca Juga: Reducer : Definisi, Fungsi dan Perbedaan Eccentric dan Concentric

Kekurangan Pipa Seamless

Terlepas dari keunggulan dari pipa yang sangat kokoh ini, pipa seamless juga memiliki kekurangan yang bisa Anda pertimbangkan sebelum membeli, dan mungkin bisa beralih menggunakan pipa jenis lain. Beberapa keterbatasan dari pipa seamless yaitu:

Biaya Produksi yang Lebih Tinggi

Pembuatan pipa seamless membutuhkan teknologi dan peralatan yang lebih canggih, serta proses produksi yang lebih kompleks, sehingga biaya produksinya cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan pipa welded.

Keterbatasan dalam Ukuran dan Dimensi

Pipa seamless terkadang terbatas pada ukuran dan dimensi tertentu, sehingga mungkin sulit untuk memenuhi kebutuhan proyek yang membutuhkan pipa dengan spesifikasi yang sangat besar atau spesifik. Hal ini dapat menyulitkan dalam memenuhi persyaratan proyek yang memiliki tuntutan khusus terhadap ukuran dan dimensi pipa.

Potensi Waste Material

Proses pembuatan pipa seamless melibatkan reduksi yang signifikan dari bahan baku yang digunakan, yang dapat menghasilkan limbah material yang lebih tinggi dibandingkan dengan pipa welded. Hal ini dapat menjadi masalah lingkungan dan ekonomi karena meningkatkan biaya produksi dan memperbesar jejak lingkungan dari proses pembuatan pipa seamless.

Waktu Produksi yang Lebih Lama

Pembuatan pipa seamless membutuhkan lebih banyak waktu daripada pipa welded karena melibatkan beberapa tahapan proses yang kompleks, seperti proses pemanasan, pelubangan, dan pembentukan. Hal ini dapat menyebabkan penundaan dalam pengiriman dan pengerjaan proyek yang membutuhkan pipa seamless.

Material pada Pipa Seamless

Material yang digunakan untuk pipa seamless biasanya memiliki karakteristik yang pesifik, seperti kekuatan, ketahanan terhadap korosi, dan konduktivitas termal. Oleh karena itu, pemilihan material yang tepat sangat penting untuk memastikan pipa seamless dapat berfungsi secara optimal sesuai dengan kebutuhan aplikasinya. Material yang paling umum digunakan adalah stainless steel dan carbon steel.

Pipa Seamless Stainless Steel

Stainless steel dipilih sebagai salah satu material pipa seamless karena beberapa hal, di antaranya:

  • Material stainless steel secara alami telah memiliki karakteristik tahan karat karena adanya zat kromium yang lumayan tinggi di dalamnya.
  • Karena kandungan kromiumnya, ini juga yang menyebabkan pipa seamless stainless steel menjadi tidak gampang rusak secara alami contohnya karena paparan sinar matahari.
  • Biaya yang dikeluarkan di awal untuk pipa seamless stainless steel sebanding dengan minimnya perawatan yang dibutuhkan dari pipa ini.

Sementara itu, proses pembuatan pipa seamless stainless steel sendiri adalah dengan mengubah material ini menjadi zat yang bisa dibentuk yaitu menjadi billet kemudian masuk ke tahapan metode yang diinginkan.

Baca Juga: Gasket Untuk Mengatasi Kebocoran dalam Sistem Perpipaan

Pipa Seamless Carbon Steel

Carbon steel juga menjadi pilihan material utama pipa seamless yang umum digunakan. Terdapat 3 jenis pipa seamless carbon steel dengan standar berbeda, yaitu:

  • ASTM SA 106 yang biasanya digunakan oleh industri dengan perpipaan rumit seperti pembangkit energi dan industri perminyakan. Pipa seamless carbon steel jenis ini bisa mengangkut bahan berupa fluida yang panas atau gas yang memiliki tekanan ekstrim.
  • ASTM A53 merupakan standar yang lebih banyak digunakan pada industri penyulingan dan juga penambangan gas bumi.
  • A333 GR 3/6 yang memiliki beberapa tingkatan dengan ketebalan dan bahan pendukung berbeda-beda dan umumnya digunakan oleh industri besar seperti pabrik atau tambang.

Pengaplikasian Pipa Seamless

Karakteristik yang dimiliki pipa seamless cocok digunakan dalam berbagai industri khususnya yang memerlukan ketahanan tinggi dengan rangkaian yang rumit. Industri yang banyak memakai pipa seamless antara lain:

  • Industri minyak dan gas. Digunakan untuk mengangkut minyak dan gas sebab pipa seamless mampu menahan tekanan yang sangat tinggi.
  • Pembangkit listrik. Untuk mengangkut air, uap, dan gas buang dari mesin-mesin pembangkit listrik.
  • Industri kimia. Untuk mengangkut bahan kimia yang sangat berbahaya dan korosif. Pipa seamless memiliki ketahanan yang tinggi terhadap korosi sehingga dapat digunakan dalam aplikasi yang memerlukan ketahanan terhadap bahan kimia yang sangat kuat.
  • Konstruksi. Digunakan dalam konstruksi bangunan dan infrastruktur seperti jembatan dan gedung tinggi karena kekuatan dan daya tahan yang tinggi serta stabil.

Baca Juga: Jenis-Jenis Percabangan dan Sambungan Pipa Olet Fitting

Cara Memilih Pipa Seamless yang Tepat

Penting untuk memilih pipa seamless terbaik agar memastikan kinerja yang unggul selama pipa beroperasi. Beberapa faktor yang perlu diperhatikan antara lain:

  1. Jenis material. Pilihlah jenis material yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi dan spesifikasi sistem pipa yang akan digunakan.
  2. Ukuran pipa. Ukuran pipa seamless harus disesuaikan dengan volume dan tekanan fluida yang akan diangkut. Pastikan untuk memilih ukuran pipa yang tepat agar sistem pipa dapat beroperasi dengan aman.
  3. Spesifikasi pipa. Cek ketebalan dinding, panjang pipa, dan dimensi pipa sebelum membeli. Pastikan bahwa spesifikasi pipa yang dipilih sesuai dengan standar dan regulasi yang berlaku.
  4. Lingkungan kerja. Perhatikan juga lingkungan kerja di mana pipa seamless akan dipasang. Misalnya, apakah lingkungan tersebut memiliki suhu dan tekanan yang tinggi atau korosif. Pilihlah pipa yang tahan terhadap kondisi lingkungan tersebut untuk memastikan kinerja dan keselamatan sistem pipa.
  5. Biaya. Pastikan untuk memilih pipa yang sesuai dan sebanding dengan budget yang tersedia namun tidak mengorbankan kualitas dan kinerja sistem pipa.
  6. Sertifikasi dan standar. Pastikan pipa seamless yang dipilih telah memiliki sertifikasi dan memenuhi standar yang berlaku seperti API, ASTM, ASME, atau standar lainnya.

Baca Juga: Apa Itu Gate Valve dan Cara Kerjanya

Secara keseluruhan, pipa seamless adalah jenis pipa yang terbuat dari bahan logam dan tidak memiliki sambungan las pada permukaannya. Keunggulan dari pipa seamless adalah tahan terhadap tekanan yang tinggi dan memiliki tingkat kehalusan permukaan yang tinggi, sehingga cocok digunakan dalam aplikasi yang membutuhkan aliran fluida yang lancar dan stabil.

Sebagai distributor resmi berbagai produk perpipaan seperti pipa stainless steel, valve, flange, fitting, dan spiral wound gasket, Alvindo Catur Sentosa (ACS) berkomitmen untuk memberikan produk dan jasa terbaik kepada pelanggan. Selain menjual produk-produk berkualitas tinggi, ACS juga menyediakan jasa hydrotest valve dan jasa modifikasi lainnya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan cepat dan efisien.

Baca Juga: Harga Pipa Besi dan Pipa Galvanis 2023

Dengan pengalaman yang telah terbukti dan keahlian dalam bidang perpipaan, ACS siap menjadi mitra yang handal dan terpercaya bagi pelanggan yang membutuhkan produk dan jasa perpipaan berkualitas. Hubungi ACS sekarang untuk informasi lebih lanjut dan dapatkan solusi perpipaan terbaik untuk bisnis Anda.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Memahami Cara Kerja Flow Meter dan Pentingnya Mengukur Aliran pada Sistem

Pentingnya memastikan kuantitas setiap fluida akurat di seluruh proses kerja, dari awal hingga akhir secara berkala untuk memastikan seluruh proses kerja seperti perpindahan cairan dan pengendalian fluida berfungsi secara akurat, lancar, dan aman. Bisa dilakukan menggunakan Flow Meter.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Mengoptimalkan Efisiensi Jaringan Perpipaan dengan Smart Pipeline

Smart Pipeline bisa dibilang merupakan sebuah lompatan kemajuan yang signifikan dalam inovasi terkait pengangkutan dan pendistribusian sumber daya yang penting. Kombinasi sensor dan analisis data tidak dapat dipungkiri bisa meningkatkan keamanan dan efisiensi.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Meningkatkan Efisiensi dan Keberlanjutan Industri melalui Rehabilitasi Pipa

Seperti halnya infrastruktur lainnya, pipa-pipa industri juga rentan terhadap berbagai masalah dan kerusakan seiring berjalannya waktu. Rehabilitasi pipa bisa menjadi solusinya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Piping abbreviations: Istilah dan Singkatan Penting dalam Sistem Perpipaan

Menggali lebih dalam dunia perpipaan seringkali dihadapkan pada berbagai istilah dan singkatan yang mungkin membingungkan bagi yang belum berpengalaman. ACS telah merangkum beberapa untuk Anda ketahui.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Apa Itu Sistem HVAC dan Apa Saja Manfaat serta Dampaknya?

Meskipun sistem ini telah diaplikasikan secara luas, masih banyak yang belum familiar akan istilah sistem HVAC, terlebih pemahaman yang mendalam tentang komponen-komponen dan fungsinya. Mari kita ulas informasi selengkapnya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Apa Saja 6 Tahapan Proses Pembuatan BBM?

Perlu diketahui bahwa setiap tetes bahan bakar yang kita gunakan melalui kendaraan atau peralatan listrik telah menjalani serangkaian proses yang kompleks. Apa saja prosesnya?