2023-05-17

Slip On Flange: Definisi, Jenis dan Kelebihannya

Daftar isi

Tutup

Flange adalah komponen penting pada sistem pipa yang digunakan untuk menghubungkan dua pipa atau peralatan pipa lainnya. Dengan terhubungnya antar pipa membuat aliran fluida atau cairan dapat berpindah dengan baik. Serta penggunaan flange tentu akan mempermudah dalam perawatan yang tidak perlu melepas semua pipa yang panjang.

Ada beberapa jenis flange yang digunakan pada sistem pipa, termasuk slip on flange, weld neck flange, blind flange, dan lain sebagainya. Diantara jenis-jenis flange tersebut, pasti memiliki karakteristik dan kegunaan yang berbeda, tergantung pada jenis pipa dan aplikasi sistem pipa yang digunakan. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara khusus tentang slip on flange, jenis flange yang banyak digunakan pada pipa dengan diameter kecil sampai menengah.

Definisi dan Fungsi Slip On Flange

Slip on flange adalah salah satu jenis flange yang paling umum digunakan dalam industri karena memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan yang populer. Slip on flange biasanya terbuat dari bahan yang tahan terhadap tekanan dan suhu tinggi seperti baja karbon, baja tahan karat, atau paduan nikel.

Fungsi slip on flange sendiri adalah untuk menghubungkan dua buah pipa atau saluran dengan cara meletakkan flange di ujung pipa dan menahan flange tersebut dengan baut dan mur.

Slip on flange memungkinkan pipa untuk dapat dilepas dan dihubungkan kembali dengan mudah dan cepat, sehingga memudahkan perawatan dan perbaikan pada sistem pipa. Selain itu, slip on flange juga memberikan keamanan dan keamanan yang tinggi pada sistem pipa, karena mampu menahan tekanan dan getaran yang dihasilkan oleh aliran fluida yang dilewatkan.

Slip on flange biasanya digunakan pada pipa dengan diameter kecil sampai menengah, dan dapat digunakan pada sistem pipa yang tidak membutuhkan kekuatan tarik yang besar.

Baca Juga : Apa itu Flange dan Jenis Special Flange

Namun, sebelum memilih slip on flange untuk digunakan, perlu dilakukan pengecekan terhadap ukuran, tekanan, suhu, dan bahan yang digunakan pada sistem pipa Anda. Pengecekan tersebut untuk memastikan kesesuaian slip on flange yang akan dipilih.

Jenis Slip On Flange

Sebelum lebih jauh dan yakin untuk menggunakan slip on flange, Anda perlu tahu juga bahwa slip on flange ini memiliki beberapa jenis. Jadi dari flange dengan beberapa jenis yang salah satunya slip on flange, dan di slip on flange juga memiliki beberapa jenis lagi. Berikut ini beberapa jenis slip on flange yang bisa Anda gunakan.

Slip On Flange Standar

Jenis slip on flange yang pertama adalah slip on flange standar, yaitu jenis slip on flange yang memiliki ukuran dan dimensi yang sesuai dengan standar industri.

Slip On Flange High Hub

Jenis slip on flange selanjutnya adalah slip on flange high hub, yang dirancang untuk digunakan pada sistem pipa dengan tekanan yang lebih tinggi. Slip on flange high hub memiliki leher yang lebih panjang dibandingkan dengan slip on flange standar, sehingga mampu menahan tekanan yang lebih besar. Selain itu, slip on flange juga dapat dilengkapi dengan ring spacer, yang digunakan untuk mengatur jarak antara dua flange agar sesuai dengan ukuran pipa yang akan dihubungkan.

Slip On Flange Orifice

Jenis slip on flange lainnya adalah slip on flange orifice, yang dirancang untuk digunakan pada sistem pipa yang mengalirkan fluida dengan tekanan yang tinggi dan temperatur yang tinggi. Slip on flange orifice memiliki lubang yang dirancang secara khusus untuk mengatur aliran fluida dengan akurasi yang tinggi.

Baca Juga : Jenis Flange Pipa

Dengan mengetahui jenis slip on flange yang berbeda, kita dapat memilih jenis slip on flange yang tepat untuk digunakan pada sistem pipa Anda yang berbeda, sehingga Kita dapat memastikan kinerja yang optimal pada sistem pipa tersebut.

Kelebihan Slip On Flange

Slip on flange memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan yang populer dalam industri. Kelebihan pertama dari slip on flange adalah mudah dalam pemasangan. Slip on flange dapat dipasang dengan mudah dan cepat, karena tidak memerlukan keterampilan khusus atau alat yang rumit. Selain itu, slip on flange juga dapat dipasang tanpa perlu membongkar seluruh sistem pipa, sehingga memudahkan perawatan dan perbaikan pada sistem pipa.

Kelebihan kedua dari slip on flange adalah biaya pemasangan yang rendah. Slip on flange lebih ekonomis dibandingkan dengan jenis flange yang lain, karena hanya memerlukan baut dan mur untuk mengikat flange pada pipa. Selain itu, slip on flange juga dapat digunakan kembali setelah dilepas, sehingga dapat menghemat biaya dalam jangka panjang.

Kelebihan ketiga dari slip on flange adalah keamanan yang tinggi. Slip on flange mampu menahan tekanan dan getaran yang dihasilkan oleh aliran fluida yang dilewatkan, sehingga dapat memastikan keselamatan dan kinerja sistem pipa yang optimal.

Dengan memiliki kelebihan-kelebihan tersebut, slip on flange dapat menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan pada sistem pipa yang berbeda, terutama pada pipa dengan diameter kecil sampai menengah yang memerlukan pemasangan yang mudah dan cepat dengan biaya yang ekonomis.

Pemeliharaan Slip On Flange

Untuk memastikan kinerja dan keselamatan sistem pipa yang optimal, slip on flange perlu dilakukan pemeliharaan secara berkala. Pemeliharaan slip on flange dapat dimulai dengan pemeriksaan visual secara berkala untuk memastikan bahwa flange tidak mengalami kerusakan atau deformasi.

Selain itu, perlu dilakukan pembersihan pada permukaan flange secara rutin, terutama jika flange terpapar oleh bahan kimia atau cairan yang dapat mengakibatkan korosi pada permukaan flange. Pembersihan dapat dilakukan dengan menggunakan sikat atau kain bersih yang dilapisi dengan pelarut yang cocok untuk jenis bahan pipa dan flange yang digunakan.

Baca Juga : Perbedaan Flange JIS dan ANSI

Selain itu, perlu juga memastikan baut dan mur yang digunakan untuk mengikat flange pada pipa terpasang dengan rapat dan tidak kendur. Baut dan mur yang kendur dapat mengakibatkan kebocoran pada sistem pipa dan mengurangi kinerja slip on flange. Jika ditemukan baut atau mur yang kendur, perlu segera dilakukan pengencangan kembali untuk memastikan keamanan dan kinerja sistem pipa yang optimal. Dengan melakukan pemeliharaan yang rutin dan teratur, slip on flange dapat memiliki umur pakai yang lebih lama dan memastikan kinerja sistem pipa yang optimal.

Harga dan Dimana Mendapatkan Slip On Flange

Kisaran harga slip on flange dapat bervariasi tergantung pada ukuran, jenis, dan material yang digunakan pada flange tersebut. Namun secara umum, slip on flange memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis flange yang lain. Harga slip on flange dapat dimulai dari beberapa ribu hingga puluhan ribu rupiah per unit, tergantung pada spesifikasi flange yang dibutuhkan. Selain itu, harga juga dipengaruhi oleh kuantitas pemesanan. Biasanya semakin banyak kuantitas yang dibutuhkan, maka akan semakin murah harganya, begitupun sebaliknya.

Jika Anda sedang mencari slip on flange berkualitas dengan harga terbaik, maka Alvindo Catur Sentosa dapat menjadi pilihan yang tepat. Alvindo Catur Sentosa adalah perusahaan yang menyediakan berbagai macam jenis flange, termasuk slip on flange dengan berbagai jenis dan ukuran yang berbeda. Kami menawarkan slip on flange dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang terbaik, sehingga dapat memenuhi kebutuhan sistem pipa Anda dengan baik.

Selain itu, Alvindo Catur Sentosa juga memiliki produk lainnya seperti valve, fittings, spiral wound gasket, hingga pipa stainless steel. Semua macam produk juga tersedia dari beberapa merk terkenal yang sudah terjamin kualitasnya. Segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut dan dapatkan slip on flange atau produk berkualitas lainnya dengan harga terbaik hanya di Alvindo Catur Sentosa. Kirim permintaan quotation sekarang dan segera akan Kami kirimkan penawaran terbaik untuk Anda.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
06
.
24

Pengertian Check Valve, Fungsi, Jenis hingga Cara Kerjanya

Check valve dikenal sebagai valve satu arah atau NRV (non-return valve) yang digunakan untuk mengalirkan fluida hanya ke satu arah saja agar tidak terjadi reversed flow/back flow. Kenali lebih jauh tentang check valve di artikel ini.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
29
.
05
.
24

Pinch Valve: Definisi, Cara Kerja, dan Pengaplikasiannya

Pinch valve beroperasi dengan prinsip sederhana, dengan memanfaatkan tabung atau sleeve (selongsong) fleksibel yang dapat atau dijepit untuk mengatur aliran media. Mari pelajari lebih dalam cara kerja pinch valve dan jelajahi penerapannya yang luas.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
25
.
05
.
24

Control Valve : Pengertian, Komponen Hingga Cara Kerjanya

Control Valve mengatur aliran secara otomatis dengan menggunakan pneumatik & hydraulic/hidrolik akuator. Pressure flow, fungsi dan bagian bagian control valve pada excavator

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
20
.
05
.
24

Memahami Pentingnya Machining dalam Industri: Definisi, Teknik, dan Keamanan Kerja

Mari mengulas pentingnya proses machining dalam dunia industri, membahas definisi dan prinsip dasar machining serta teknik-teknik yang umum digunakan seperti turning, milling, drilling, grinding, EDM, broaching, dan honing.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
17
.
05
.
24

Aktuator Valve: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

Pelajari definisi serta peran penting aktuator dalam operasi valve, jenis-jenisnya, dan evaluasi kelebihan serta kekurangannya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Mengenal Lebih Jauh Union Fitting pada Pipa

Union fitting berfungsi untuk menggabungkan pipa yang dapat dilepas pasang tanpa perlu pembongkaran. Mari mengenal lebih jauh mengenai union fitting ini mulai dari jenis, standar hingga harga.