23
.
08
.
22

Perbedaan Penggunaan Eccentric dan Concentric Reducer

Daftar isi

Tutup

Jika diminta untuk memilih antara Reducer Eccentric dan Reducer Concentric, mana yang akan kamu pilih?Sebelum memilih untuk menggunakan Jenis Reducer yang mana, alangkah baiknya kamu memahami apa itu  perbedaan antara keduanya. Biar ga salah pilih simak langsung apa saja perbedaan pada kedua jenis tipe Reducer ini.

Perlu diketahui bahwa Reducer Eccentric maupun Concentric sama-sama merupakan kategori jenis Fitting. Sama-sama berfungsi untuk menyambungkan dua pipa yang memiliki perbedaan diameter, sehingga dapat digabungkan menjadi satu bagian. Meskipun sekilas tampak sama, terdapat perbedaan yang cukup mendasar terutama dalam penggunaannya. Sebelum itu, kita akan bahas apa itu Reducer pipa dan mengapa itu penting dalam sistem perpipaan.

Apa itu Reducer dan Apa Fungsinya

Simpel nya Reducer pipa adalah komponen untuk menyambungkan pipa besar ke pipa yang lebih kecil. Ada berbagai alasan mengapa pipa dibentuk sedemikian rupa seperti ini dan ada berbagai material yang cocok maupun tidak cocok digunakan dalam mengalirkan fluida tertentu.

Sekarang pertanyaannya adalah apa sebenarnya fungsi dari Reducer dan mengapa ini begitu penting dalam sistem perpipaan.

Sederhananya Fungsi Reducer pipa adalah untuk membatasi aliran atau memperluas aliran dan merubah tekanan dari kecil ke besar dalam sistem perpipaan. Dalam sistem perpipaan tidak selalu dibutuhkan Reducer, terdapat persyaratan dalam menggunakan Reducer pipa diantaranya yaitu apabila membutuhkan adaptasi pada ukuran pipa yang berbeda dan sebagai persyaratan dalam sistem hidraulik tertentu untuk mendapatkan tekanan yang sesuai.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai apa itu Reducer dan fungsi Reducer dalam sistem perpipaan.

4 concentric and eccentric carbon steel reducer

Baca Juga : Perbedaan Flange JIS dan ANSI

ECCENTRIC REDUCER

Eccentric Reducer adalah salah satu jenis sambungan pipa fitting yang berbentuk asimetris alias tidak lurus. Bentuknya sendiri berbentuk corong dengan lubang keluar yang berada pada bagian yang tidak selaras dengan bagian belakangnya. Biasanya Eccentric Reducer digunakan pada sistem perpipaan yang mengalirkan fluida secara Horizontal Untuk menghindari kavitasi, pipa dihubungkan ke pompa melalui peredam Eccentric yang sisi datarnya menghadap ke atas. Dengan maksud dan tujuan untuk mencegah pembentukan gelembung dan membatasi kemungkinan kerusakan komponen di dalam pompa karena fenomena kavitasi.

Eccentric Reducer digunakan saat pipa harus mempertahankan aliran pada tingkat atas atau bawah agar mendapatkan tekanan yang sama. Eccentric Reducer sering digunakan untuk menghindari terperangkapnya udara di dalam sistem, maksudnya adalah ketika adanya kemungkinan udara dan cairan mengalir secara bersamaan. Biasanya Eccentric Reducer akan lebih banyak digunakan pada komponen yang jaraknya dekat dengan pompa.

1 stainless steel eccentric educer

CONCENTRIC REDUCER

Pipa Concentric Reducer memiliki perbedaan mendasar jika dibandingkan dengan Eccentric Reducer. Perbedaan dari Concentric Reducer adalah pada letak lubang salurannya yang berada tepat ditengah, berbeda dengan Eccentric Reducer yang tidak berada pada bagian tengah pipa atau asimetris. Fungsi dari Concentric Reducer adalah untuk menyambungkan pipa yang memiliki line atau jalur komponen perpipaan yang memiliki jalur vertikal. Pipa Concentric Reducer ini biasa bisa mengalirkan fluida yang abrasif atau mengikis. Oleh karena itu, reducer concentric berguna untuk industri yang memerlukan ketahanan terhadap lingkungan korosif.

reducer concentric material carbon steel

Baca Juga : Perbedaan Buttweld Fitting dan Forged Fitting

BAGAIMANA MENENTUKAN REDUCER PIPA YANG TEPAT?

Katakanlah kamu membutuhkan Reducer pipa dan telah menentukan akan menggunakan Eccentric maupun Concentric Reducer pada sistem perpipaan kalian. Tapi bukan hanya itu saja yang perlu diperhatikan. Menyambungkan pipa tidaklah sesederhana itu! Kamu juga perlu menentukan material apa yang ingin digunakan. Ada Reducer berbahan logam, PVC, PEX dan lainnya dengan metode pemasangannya masing-masing dengan koneksi nya tersendiri. Jika kamu menyambungkan pipa logam, maka pilihannya adalah dengan mengelas atau pun menggunakan jenis pipa yang dapat dilepas-pasang. Perhatikan juga ukuran dalam pemilihan Reducer, karena sejatinya tidak ada ukuran Universal yang bisa kamu jadikan acuan, semua mengacu pada standar yang berbeda-beda. Cara termudah untuk menentukan Reducer yang kamu gunakan adalah dengan membawa contoh pipa yang sedang kamu gunakan ke tempat kamu membeli komponen pipa yang dibutuhkan. 

Ketika membicarakan Fitting pipa. Hal ini dapat menjadi hal yang rumit karena kesalahan dalam implementasi komponen bisa menjadi sesuatu yang “disastrous”. Simpelnya apabila kamu ingin lebih yakin tentang komponen mana yang harus kamu pilih,  maka berkonsultasilah pada ahlinya. Cek dan hubungi Engineer Alvindo Catur Sentosa atau buat Quotation langsung disini

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

06
.
09
.
22

Sejarah dan Teori Dasar Sistem Perpipaan

perencanaan dan penggambaran sistem perpipaan untuk mengalirkan air bersih, dan jenis fluida lainnya

29
.
08
.
22

Istilah Strainer Steam Trap Vent and Drain

apa itu strainer steam trap vent and drain pengertian serta fungsinya pada sistem perpipaan dan standard penggunaan secara umum