30
.
08
.
22

Jenis-Jenis Percabangan dan Sambungan Pipa Olet Fitting

Daftar isi

Tutup

Dalam industri perpipaan, kita mengenal olet. Olet atau outlet ini merupakan jenis fitting yang menyediakan output atau saluran keluar dari pipa yang lebih besar ke pipa yang lebih kecil (atau salah satu dari ukuran pipa yang sama). Jenis fitting ini dinilai mampu memberikan akses yang berbentuk outlet yang menjadi bagian dari sistem perpipaan tersebut.

Lalu, sebenarnya apa fungsi Sambungan Pipa Olet? serta apa saja Tipe dan Klasifikasi Olet? Yuk, simak pembahasannya dibawah ini ya!

Fungsi Olet Pipa

white pipe and elbow material steel

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, outlet atau outlet pipa fitting ini memiliki fungsi sebagai cabang keluaran dari pipa yang lebih besar ke pipa yang berukuran lebih kecil atau diameter yang sama dengan fungsi penambahan atau penguatan pressure gauge.

Percabangan Stub-In Fitting sendiri merupakan percabangan yang langsung berasal dari pipa utama. Sementara itu jenis “Tee” biasanya percabangannya menggunakan komponen fitting terlebih dahulu. Untuk proses pemasangannya sendiri, bisa dengan dilas atau dibor langsung ke saluran pipa utama tersebut.

Percabangan Stub-In Fitting sendiri merupakan alternatif pilihan dari “Reducing Tee”. Namun, kamu tidak bisa menggunakan Stub-In ini secara sembarangan lantaran penggunaannya sendiri harus disesuaikan dengan spesifikasi tertentu dari user yang didapatkan melalui perhitungan yang sangat matang. Selain itu, Percabangan Stub-In Fitting yang akan digunakan juga harus sudah dinyatakan dalam PMC (Piping Material Classs).

Seperti yang kita semua ketahui, pipa sering digunakan untuk mengalirkan berbagai macam fluida. Mulai dari air yang biasa, gas, atau bahan-bahan kimia tertentu. Jika digunakan untuk mengalirkan material yang dinilai cukup berbahaya, pipa tersebut tidak boleh bocor karena akan menimbulkan potensi bahaya tertentu.

Nah, sering kali temperatur fluida yang dialirkan dalam pipa tersebut cukup tinggi. Jadi, penggunaan Stub-In saja tidak cukup. Kamu memerlukan penguat tambahan yang bisa berupa pad, saddle ataupun olet.

Banyak pula yang memilih menggunakan olet, terlebih apabila ukuran pipa yang digunakan tidak sama (besar ke kecil). Atas dasar fungsi inilah, olet banyak digunakan dalam Percabangan Stub-In Fitting.

Baca Juga : Jenis APD untuk Pekerja Konstruksi

Jenis-Jenis Olet

Pipa utama atau “Main Pipe” dimana cabang pipa yang menggunakan olet akan disambungkan disebut sebagai “Pipe Header”. Sementara itu, cabang pipa yang dipasangi olet disebut sebagai “Branch” atau “Pipa Outlet”. Tipe dan Klasifikasi Olet sendiri ada bermacam-macam, sesuai dengan spesifikasi dan kegunaan.

Nah, untuk membuatmu lebih mudah memahami tipe dan klasifikasi olet lebih lanjut. Berikut ini pembahasan lebih lengkapnya :

1.Weldolet

Sederhananya, Weldolet ini merupakan jenis olet yang menggunakan welding. Penamaan ini pun berasal dari gabungan kata “Welding” dan “Olet”. Lebih sering digunakan atau dipasang di cabang pipa yang memiliki sudut 90 derajat. Untuk bentuk dan fungsinya sendiri hampir sama dengan “Tee”. Sebagai informasi tambahan, Weldolet ini merupakan jenis olet yang paling banyak digunakan dan disambungkan dengan cara welding atau dilas.

Selain itu, biasanya Weldolet ini digunakan untuk pipa percabangan yang lebih besar, dengan ukuran branch lebih dari 2 inch. Pada permukaan Weldolet, biasanya akan terdapat bevel. Bevel sendiri merupakan permukaan miring yang akan digunakan untuk pengelasan. Metode pengelasan yang akan digunakan juga merupakan but weld yakni metode pengelasan yang digunakan untuk menyambungkan komponen secara sejajar.

Olet Welding ini terbagi lagi menjadi beberapa jenis, yakni :

2.Elbolet, Olet Yang Digunakan Untuk Elbow

Elbolet merupakan jenis olet yang dipasang di Elbow. Ia berfungsi sebagai reducer yang dipasangkan pada long radius elbow atau bisa juga di short radius elbow. Untuk penamaannya sendiri berasal dari gabungan kata “Elbow” dan “Olet”, jadilah “Elbolet”. Sederhananya, sambungan pipa olet dengan elbolet ini berfungsi sebagai fitting di bagian elbow. Sering digunakan untuk thermowell atau perlengkapan instrumen lainnya.

3.Latrolet, Olet Yang Digunakan Sebagai Pengganti Lateral Tee

Tipe dan klasifikasi olet yang selanjutnya adalah Latrolet. Olet jenis ini kerap digunakan sebagai pengganti lateral tee. Penamaan sendiri juga merupakan kombinasi dari kata “Lateral” dan “Outlet”. Lateral Tee sendiri merupakan Tee yang bentuknya tidak tegak lurus dengan headernya. Melainkan, memiliki sudut miring 45 derajat. Nah, jika tidak menggunakan Lateral Tee atau tidak ada Lateral Tee, maka Latrolet ini akan digunakan sebagai pengganti.

Fungsinya sendiri sama seperti Lateral Tee, dimana Latrolet ini digunakan untuk memperkuat sambungan pipa yang memiliki sudut 45 derajat dari arah lateralnya. Latrolet ini dapat digunakan sebagai reducer branch lantaran pipa sambungannya (Branch) biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan Pipa Utama atau Pipa Headernya.

4.Sockolet, Olet Dengan Sambungan Socket

Merupakan jenis olet yang digunakan pada sudut 90 derajat dengan sambungan branch socket weld. Sementara itu, diameter bore dari Sockolet ini biasanya lebih besar jika dibandingkan dengan OD pipa yang akan dipasangkan. Sehingga, pipa dapat masuk kedalamnya dan kemudian di fillet weld.

5.Threadolet, Olet Yang Menggunakan Sambungan Threaded

Merupakan tipe dan klasifikasi olet yang menggunakan jenis threaded atau ulir pada bagian cabang pipanya (branch). Selain itu, di Threadolet ini sambungan pipa cabangnya maksimal 4 inch. Hal inilah yang membedakannya dengan jenis olet pada sambungan pipa olet lainnya.

6.Nipolet, Olet Dengan Tambahan Nipple

Sesuai dengan namanya, Nipolet ini merupakan jenis sambungan olet yang mengeliminasi penggunaan nipple dan coupling dalam 1 item. Nipple sendiri merupakan 1 potong pipa pendek, kisarannya 100 mm, dengan ulir pada kedua sisinya. Nipple ini akan digunakan untuk drain/vent dan kemudian komponen tersebut akan digunakan bersamaan dengan valve untuk menjalankan fungsi tertentu.

Sama halnya dengan nipple, nipolet ini juga digunakan untuk sistem vent dan drain. Sebenarnya, untuk olet jenis nipolet ini sendiri sisi branchnya ada yang dilengkapi dengan ulir/threaded dan ada juga yang tidak. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan.

Untuk jenis Nipolet tanpa ulir (threaded) biasanya lebih sering difungsikan sebagai male socket yang kemudian akan disambungkan dengan female socket untuk selanjutnya dilas.

7.Sweepolet, Olet Dengan Saddle

Sweepolet ini merupakan olet yang dilengkapi dengan komponen yang mirip dengan saddle, telah dilengkapi juga dengan reinforced (integrally reinforced). Lebih sering digunakan untuk high-yield pipe dalam pipa transmisi untuk kebutuhan industri oil dan gas. Dapat memberikan aliran yang cukup baik dan optimal, utamanya dalam distribusi tegangan yang ada dalam pipa.

Nah, itulah beberapa jenis dan karakteristik olet tipe Weldolet. Lalu, apa saja sebenarnya keuntungan menggunakan weldolet ini? Yuk, simak beberapa kelebihannya berikut ini :

  1. Harga weldolet fitting jauh lebih mudah dibandingkan welding tee. Harganya bahkan lebih murah sekitar 50-90%. Hal ini tentunya sangat penting untuk efisiensi biaya, apalagi jika unit yang akan dipasangi sambungan ini banyak.
  2. Penggunaan dan pemasangan weldolet ini jauh lebih fleksibel. Teknisi hanya harus menginstal run pipenya terlebih dahulu, kemudian tinggal memasang olet di welding.
  3. Penggunaan Weldolet ini akan memberikan pipa kekuatan penuh alias full pipe strength (sesuai ASME B16.9) dan spesifikasi ASME lain untuk pressure piping.
  4. Mampu menghasilkan full fluid flow.
  5. Dapat digunakan ketika standard tee tidak mampu mengcover ukuran reducing branch yang diinginkan.

Selain Weldolet, ternyata masih ada jenis olet lainnya lho. Olet jenis ini biasanya terdiri dari gabungan beberapa klasifikasi diatas. Diantaranya adalah : Threaded elbolet, Threaded latrolet, hingga Weldoflange.

Baca Juga : Pengertian Upstream dan Downstream Secara Umum

FAQ

Berapa Harga Sambungan Pipa Olet?

Untuk informasi harga, kamu bisa langsung menghubungi PT Alvindo Catur Sentosa ya. Kami menyediakan berbagai jenis komponen Pipa Fitting terbaik untukmu. Hubungi marketing kami sekarang juga untuk informasi lebih lanjut.

Apa Saja Jenis Olet Yang Dapat Mewakili Tee?

Ada 3 yakni Weldolet, Sockolet, dan Threadolet (ada juga Sweepolet yang sifatnya mirip dengan tee). Ketiganya memiliki perbedaan dasar yakni jenis sambungan yang ada dalam branchnya. Weldolet menggunakan but-weld, Sockolet menggunakan jenis sambungan socket weld, dan Threadolet menggunakan jenis sambungan threaded atau ulir.

Apa Fungsi Sambungan Pipa Olet?

Menyediakan output atau saluran keluar dari pipa yang lebih besar ke pipa yang lebih kecil (atau salah satu dari ukuran pipa yang sama), sebagai sambungan, sekaligus memperkuat sambungan pipa.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

05
.
09
.
22

Pahami Perbedaan Buttweld Fitting dan Forged Fitting

Buttweld vs Forged fitting. Pengertian dan perbedaan jenis pemasangannya dalam sistem perpipaan

05
.
09
.
22

Jenis Jenis Sambungan Pipa

Jenis jenis sambungan pipa atau pipe fitting diantaranya yaitu elbow, socket, reducer & increaser dan cap. Serta metode menyambungkan pipa