2023-10-03

Mengenal Proses dan Cara Pembuatan Minyak Kelapa Sawit

Daftar isi

Tutup

Sebagai salah satu bahan baku yang memiliki segudang manfaat, minyak kelapa sawit masih menjadi komoditi andalan Indonesia yang tidak pernah sepi peminat. Produksi minyak kelapa sawit dari Indonesia kerap digunakan sebagai bahan baku turunan untuk berbagai produk, seperti minyak goreng, sabun, hingga margarin.

Baca Juga : Apa Itu Enhanced Oil Recovery?

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap tentang minyak kelapa sawit, artikel ini akan membahas bagaimana proses dan cara pembuatan minyak kelapa sawit untuk kemudian dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat aneka produk. Penasaran seperti apa? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Perbedaan Minyak Kelapa dan Minyak Kelapa Sawit

Baik minyak kelapa maupun kelapa sawit, keduanya sama-sama dapat digunakan untuk kegiatan goreng-menggoreng. Meski demikian, minyak kelapa dan minyak kelapa sawit memiliki beberapa perbedaan, salah satunya yaitu dari bahan bakunya. Minyak kelapa sawit berasal dari buah pohon kelapa sawit yang telah diekstrak, sementara minyak kelapa diperoleh dari buah kelapa segar yang telah matang.

Baca Juga : Pahami Perbedaan Buttweld Fitting dan Forged Fitting

Perbedaan lain terdapat pada kandungannya, di mana minyak kelapa memiliki proporsi lemak jenuh lebih banyak ketimbang lemak tidak jenuhnya (91,6% banding 9,4%). Kandungan tersebut yang menyebabkannya berbeda dengan minyak kelapa sawit yang didominasi oleh kandungan asam lemak tak jenuh mencapai 60,3%.  Tidak hanya itu, minyak kelapa sawit juga mempunyai kandungan vitamin A dan vitamin E yang lebih tinggi dibanding minyak kelapa.

Baca Juga : 7 Kampus Jurusan Perminyakan Terbaik di Dunia

Kandungan Minyak Kelapa Sawit

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, minyak kelapa sawit cenderung didominasi oleh kandungan lemak tak jenuh, dengan perbandingan 60,3% lemak tak jenuh dan 39,7% lemak jenuh. Sementara satu sendok makan minyak kelapa sawit, memiliki kandungan 14 gram total lemak (7 gram lemak jenuh, 5 gram lemak tak jenuh tunggal, 1,5 gram lemak tak jenuh ganda) serta 120 kalori.

Baca Juga : Apa itu Elbow pada Sistem Pipa?

Secara keseluruhan, berikut adalah kandungan yang terdapat pada minyak kelapa sawit mentah.

coconut palm oil in the bowl

Kandungan Senyawa Umum

·      Trigliserida                : 95,62%

·      Air                               : 0,20%

·      Aldehid                       : 0,07%

·      Karoten                      : 0,03%

·      Phosphatida               : 0,07%

·      Asam lemak bebas    : 4,00%

Komposisi Asam Lemak

·      Oleat (C18:2)             : 27 – 52%

·      Miristat (C14:0)         : 0,5 – 5,9%

·      Linoleat (C18:2)        : 5,0 – 14%

·      Palmitat (C16:0)        : 32 – 59%

·      Laurat (C12:0)           : <1,2%

·      Palmitoleat (C16:1)   : <0,6%

·      Stearat (C18:0)          : 1,5-8%

·      Linolenat (C18:3)      : <1,5%

Manfaat Minyak Kelapa Sawit

Sampai sekarang, minyak kelapa sawit dianggap sebagai komoditi Indonesia yang banyak diminati karena mempunyai segudang manfaat. Salah satunya adalah berperan sebagai bahan baku untuk berbagai jenis industri. Mulai dari industri kosmetik, sabun, hingga makanan. Bahkan kini sudah bisa dijadikan sebagai bahan bakar alternatif biodiesel.

Baca Juga : Peran Welder Serta Kualifikasi, Tips hingga Kisaran Gaji

Selain itu, minyak kelapa sawit juga banyak dicari karena manfaatnya bagi kesehatan. Di antaranya adalah menjaga kesehatan jantung dan kulit, meningkatkan kadar vitamin A pada tubuh, mengurangi stresoksidatif, serta meningkatkan pertumbuhan rambut.

Harga Minyak Kelapa Sawit

Melansir dari Info SAWIT, penerapan harga TBSdi Provinsi Riau pada periode 22 – 28 Juni 2022 antara lain:

·      Rp.1.790,01/Kg untuk sawit umur 3tahun

·      Rp.1.938,91/Kg untuk sawit umur 4tahun

·      Rp 2.119,04/Kg untuk sawit umur 5tahun

·      Rp 2.169,97/Kg untuk sawit umur 6tahun

·      Rp.2.254,69/Kg untuk sawit umur 7tahun

·      Rp.2.316,99/Kg untuk sawit umur 8tahun

·      Rp.2.371,44/Kg untuk sawit umur 9tahun

·      Rp.2.426,99/Kg untuk sawit umur 10– 20 tahun

·      Rp.2.323,92/Kg untuk sawit umur 21tahun

·      Rp.2.312,25/Kg untuk sawit umur 22tahun

·      Rp.2.302,53/Kg untuk sawit umur 23tahun

·      Rp.2.205,29/Kg untuk sawit umur 24tahun

·      Rp.2.151,81/Kg untuk sawit umur 25tahun

Sementara harga TBS Petani sawit di Kabupaten Pelelawan yang mulai diberlakukan sejak hari Selasa, 21 Juni 2022 hingga beberapa hari ke depan, yakni:

·      Rp.1.760/kg untuk TBS kualitas super di PT Musim Mas

·      Rp.1.770/kg untuk TBS sawit kualitas super di PT Anugerah Tani Makmur (ATM) Maredan

·      Rp.1.530/kg untuk TBS sawit besar di PT Sri Indrapura Sawit Lestari (SISL)

·      Rp.1.670/kg untuk TBS sawit besar di PT Vintorindo Alam Lestari (VAL)

·      Rp.1.510/kg untuk TBS sawit besar di PT Inti Indosawit Subut (IIS)

·      Rp.1.540/kg untuk TBS di PT Sinar Siak Dian Permai (SSDP)

·      Rp.1.490/kg untuk TBS di PT Guna Usagari Pratama (GUP)

·      Rp.1.440/kg untuk TBS di PT SPS

·      Rp.1.490/kg untuk TBS  di PT Multi Palma Sejahtera (MPS)

·      Rp.1.460/kg untuk TBS di PT Berlian Inti Mekar (BIM)

·      Rp.1.440/kg untuk TBS di PT Persada Agro Sawita (PAS)

Baca Juga : Pengertian Smelter Pertambangan dan Penjelasannya

Proses dan Cara Pembuatan Minyak Kelapa Sawit

Produksi minyak kelapa sawit terbilang sangat mudah. Bahkan masa produktifnya bisa mencapai 30 tahun. Oleh karena itulah minyak kelapa sawit sangat diminati dan berkembang pesat di Indonesia. Berikut adalah proses pembuatan minyak kelapa sawit.

1. Pengumpulan Buah Kelapa Sawit/TBS

Bahan baku utama dalam pengolahan minyak kelapa sawit adalah buah kelapa sawit atau disebut juga sebagai Tandan Buah Segar (TBS). Untuk menghasilkan minyak kelapa sawit berkualitas, pilihlah TBS yang telah matang.

Baca Juga : 5 Perusahaan Perminyakan Terbesar di Dunia

Mengidentifikasi TBS yang sudah matang sangat mudah. Biasanya buah kelapa sawit yang matang akan terlihat berwarna merah cerah. Selain itu, apabila ada 10-15 buah TBS yang jatuh ketanah, artinya buah yang jatuh itu sudah siap panen.

farmer farming palm fruit

2. Proses Sterilisasi

Selanjutnya TBS yang telah dikumpulkan akan segera diangkut ke pabrik menggunakan truk. Nantinya, buah-buah tersebut akan dimasukkan ke dalam ruangan khusus untuk disterilkan  Proses steril dilakukan dengan sistem penguapan bersuhu tinggi bertekanan 2,2 – 3 kg/cm.

Tujuannya untuk mematikan parasit atau enzim tertentu yang membuat TBS mudah membusuk. Selain itu, penguapan ini juga bertujuan untuk melepaskan bagian tandan serta mempermudah peremasan buah agar bisa diambil minyaknya.

Baca Juga : Perbedaan Mur dan Baut yang Harus Diketahui

Perlu diingat, jangan buang tandan yang telah terlepas. Anda bisa menggunakan serat pada tandan kembali untuk membuat produk lain, seperti bantalan kursi mobil atau kasur. Sedangkan tandan buah yang kosong dapat dijadikan kebun untuk kebun kelapa sawit Anda.

sterilize proccess in industry

3. Proses Pemerasan Daging Buah

Sebelum diperas, daging buah harus dipisahkan dari biji buah menggunakan tekanan uap bersuhu 80-90 derajat. Kalau buah kelapa sudah terpisah dari bijinya, selanjutnya masukkan ke dalam mesin pengompres untuk mengeluarkan minyaknya.

Baca Juga : Pengertian Korosi, Proses, dan Cara Mencegahnya

Hasil pemerasan tersebut akan menghasilkan minyak kasar yang masih tercampur dengan ampas dan daging buah kelapa sawit. Minyak kasar itu kemudian disimpan dalam container untuk melalui proses penyaringan guna menghilangkan sisa kotoran yang mengendap di dalam minyak sawit.

palm oil industry system

4. Proses Penyaringan Minyak Kasar

Minyak yang dihasilkan dari proses pemerasan akan melalui proses penyaringan dengan memasukkannya ke dalam mesin crude oil tank. Langkah ini bertujuan untuk memisahkan minyak dan ampas dengan menggunakan saringan pasir di dalam wadah tersebut.

Baca Juga : Definisi Galvanis, Keuntungan Dan Proses Galvanisasi

Ampas yang sudah terpisahakan dikumpulkan lagi di dalam mesin depericarper untuk memperoleh kandungan minyak yang masih tersisa. Sementara minyak yang dihasilkan biasanya akan bercampur dengan air. Karena pada proses ini memerlukan bantuan air panas guna mempermudah pengolahan ampas menjadi minyak sawit.

palm fruit proccess into palm oil

5. Proses Pemisahan Minyak Dengan Air

Tentunya, minyak yang masih tercampur dengan air harus dipisahkan supaya bisa digunakan. Proses pemisahan ini harus dilakukan sesuai dengan urutan fase serta kadar minyaknya.

Pada fase ringan, kandungan minyak, air, serta massa jenis minyak akan dikumpulkan dalam continuous setting tank.  Setelah itu, minyak ini akan dibawa ke oil tank. Sementara pada fase berat, minyak, air, dan massa berat akan ditampung dalam sludge tank separator. Tujuannya, untuk memisahkan kandungan minyak dengan airnya.

Baca Juga : Gasket Untuk Mengatasi Kebocoran dalam Sistem Perpipaan

Kedua proses tersebut akan memberikan hasil akhir berupa minyak dan nantinya minyak itu akan diproses kembali untuk dimurnikan.

water and oil separation proccess

6. Proses Pemurnian Minyak

Proses pembuatan minyak kelapa sawit yang terakhir adalah pemurnian. Perlu Anda ketahui bahwa proses penyaringan belum tentu benar-benar memisahkan minyak dengan air 100 persen. Oleh sebab itu, minyak ini masih harus melalui proses pemurnian kembali.

Baca Juga : Mengenal Carbon Steel (Baja Karbon) dan Penggunaannya

Dalam proses pemurnian, minyak akan dimasukkan ke dalam vacuum dryer. Fungsinya untuk membuang kandungan air di dalam minyak hingga mencapai batas minimal. Minyak yang sudah melalui proses ini sudah bisa disebut sebagai minyak murni.

Untuk menghasilkan minyak yang jernih, proses penyulingan bisa dilakukan hingga dua kali. Setelah itu, minyak murni akan dimasukkan ke dalam oil storage tank untuk selanjutnya dibawa ke bagian pengemasan.

palm oil refining proccess

Hasil Olahan Minyak Kelapa Sawit

Buah kelapa sawit yang telah selesai melalui proses pemurnian dapat dioleh menjadi dua produk, yakni minyak sawit mentah/Crude Palm Oil (CPO) dan minyak inti sawit/Palm Kerner Oil(PKO). Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasannya:

Crude Palm Oil (CPO)

Di antara keduanya, CPO lah yang akan diproses menjadi banyak olahan, salah satunya minyak goreng. CPO dihasilkan dari daging buah kelapa sawit yang ditekan atau diperas menggunakan alat pengompres khusus, dan dapat diolah kembali menjadi berbagai bahan baku industri, antara lain:

Minyak Goreng

Minyak goreng merupakan salah satu komoditi hasil olahan CPO. Seperti yang kita tahu, minyak goreng digunakan secara luas di Indonesia untuk menjadi bahan baku makanan. Produsen minyak goreng di Indonesia di antaranya; Wilmar International Ltd, Indofood Agri Resources Ltd, Grup Musim Mas, Sinarmas Group, dan Royal Golden Eagle International (RGEI).

Margarin

CPO juga dapat diolah menjadi margarin yang serbaguna karena biasa dipakai untuk berbagai masakan hingga olesan roti, bahan kue, dan saus. ****

Sabun

Selain olahan untuk dikonsumsi, minyak CPO juga diolah menjadi bahan dasar produk kebersihan. Mulai dari sabun mandi, sabun cuci, dan deterjen.

Biodiesel

Tidak hanya itu, saat ini CPO juga banyak diolah menjadi bahan bakar alternatif ramah lingkungan yang dapat menggantikan bahan bakar fosil, yaitu biodiesel.

Palm Kernel Oil (PKO)

Sementara itu, setelah melalui proses pemurnian, minyak kelapa sawit juga diolah menjadi PKO. Olahan PKO ini berasal dari inti atau biji buah kelapa sawit yang juga telah melalui proses pemurnian.

Melansir arvis.id, inti atau biji buah kelapa sawit memiliki kandungan asam kaprat, asam miristat, dan juga asam laurat dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, serta menurunkan risiko penyakit jantung. Oleh karena itu, PKO umumnya diolah menjadi produk kosmetik dan obat-obatan.

Baca Juga : Daftar Harga Valve Pipa Terbaru 2023

Itulah penjelasan lengkap mengenai proses pembuatan minyak kelapa sawit. Pada dasarnya, kualitas minyak kelapa sawit ditentukan dari kualitas mesin pengolahnya. Oleh sebab itu, Anda wajib merawat dan memastikan kehigienisan dari mesin-mesin pengolah minyak kelapa sawit tersebut.

Jangan ragu mengganti bagian-bagian tertentu pada mesin seperti pipa, apabila dirasa sudah tidak layak pakai. Karena hal ini akan memengaruhi kualitas minyak kelapa sawit yang dihasilkan.

Baca Juga : Jenis-Jenis Pipa dan Sambungannya

Kalau Anda mencari komponen seperti pipa, fitting, hingga valve untuk keperluan mesin pengolahan minyak sawit, langsung saja kunjungi website kami di alvindocs.com dan temukan produk yang Anda butuhkan.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Memahami Cara Kerja Flow Meter dan Pentingnya Mengukur Aliran pada Sistem

Pentingnya memastikan kuantitas setiap fluida akurat di seluruh proses kerja, dari awal hingga akhir secara berkala untuk memastikan seluruh proses kerja seperti perpindahan cairan dan pengendalian fluida berfungsi secara akurat, lancar, dan aman. Bisa dilakukan menggunakan Flow Meter.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Mengoptimalkan Efisiensi Jaringan Perpipaan dengan Smart Pipeline

Smart Pipeline bisa dibilang merupakan sebuah lompatan kemajuan yang signifikan dalam inovasi terkait pengangkutan dan pendistribusian sumber daya yang penting. Kombinasi sensor dan analisis data tidak dapat dipungkiri bisa meningkatkan keamanan dan efisiensi.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Meningkatkan Efisiensi dan Keberlanjutan Industri melalui Rehabilitasi Pipa

Seperti halnya infrastruktur lainnya, pipa-pipa industri juga rentan terhadap berbagai masalah dan kerusakan seiring berjalannya waktu. Rehabilitasi pipa bisa menjadi solusinya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Piping abbreviations: Istilah dan Singkatan Penting dalam Sistem Perpipaan

Menggali lebih dalam dunia perpipaan seringkali dihadapkan pada berbagai istilah dan singkatan yang mungkin membingungkan bagi yang belum berpengalaman. ACS telah merangkum beberapa untuk Anda ketahui.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Apa Itu Sistem HVAC dan Apa Saja Manfaat serta Dampaknya?

Meskipun sistem ini telah diaplikasikan secara luas, masih banyak yang belum familiar akan istilah sistem HVAC, terlebih pemahaman yang mendalam tentang komponen-komponen dan fungsinya. Mari kita ulas informasi selengkapnya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Apa Saja 6 Tahapan Proses Pembuatan BBM?

Perlu diketahui bahwa setiap tetes bahan bakar yang kita gunakan melalui kendaraan atau peralatan listrik telah menjalani serangkaian proses yang kompleks. Apa saja prosesnya?