2024-02-20

Apa itu Elbow pada Sistem Pipa?

Daftar isi

Tutup

Pipa adalah benda yang memiliki bentuk tabung dengan lubang yang terbuat dari berbagai bahan yang biasanya digunakan untuk mengalirkan fluida baik itu berbentuk cair, gas, atau udara. Fluida sendiri memiliki temperatur dan tekanan yang tidak sama saat mengalir. 

Jenis pipa sangat banyak dan berdasarkan zat yang dialirkan. Pipa bisa dibedakan menjadi pipa air, pipa minyak, pipa udara, pipa lumpur, pipa uap, pipa drainase, dan masih banyak yang lainnya. Tak hanya itu, ada juga pipa yang dibagi berdasarkan cara pembuatan, seperti pipa baja seamless, pipa baja welded, dan pipa baja ductile. Ada juga jenis pipa yang dibedakan dari struktur bahan baku yang digunakan, seperti pipa carbon steel, pipa galvanis, pipa PVC, pipa ferro nickel, pipa HDPE, dan masih banyak yang lainnya. 

Selain pipa, kita juga mengenal fitting pipa. Fitting pipa adalah salah satu komponen pada pipa yang umum digunakan dalam proses pemasangan sistem perpipaan dan salah satu jenis fitting pipa yang paling sering dibutuhkan adalah elbow fitting.

Dinamakan elbow karena memang bentuknya 90° seperti siku, dan biasanya dipasang di sudut untuk menghubungkan pipa agar alirannya bisa dibelokkan. Karena hal tersebut, peran elbow pada sistem perpipaan sendiri cukup penting. Lalu, apa saja fungsi dan jenis-jenis elbow yang ada di sistem perpipaan? Simak penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Apa itu Elbow?

Elbow merupakan jenis komponen pada sistem pipa dengan bentuk yang membelok, biasa juga dikenal dengan pipa sudut. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, elbow memiliki fungsi untuk membelokkan aliran di dalam pipa. Karena berbelok, maka bentuk dari elbow juga menyerupai tikungan. Lebih jelasnya, kegunaan atau fungsi dari fitting pipa elbow adalah untuk mengubah arah aliran atau diameter pipa, dan membuat percabangan agar fluida yang berisi gas atau cairan tetap dapat mengalir dengan baik.

Baca Juga : Apa itu Flange dan Jenis Jenis Flange Pipa Besi

2 elbow stainless steel pipe

Peran elbow sangat bisa dibilang cukup krusial. Karena umumnya, pemasangan pipa tidak hanya berada di tempat yang lurus. Bisa terletak di dekat penghalang, melalui dinding, atau bahkan ada hal lain yang tidak memungkinkan pipa untuk tetap lurus. Dalam penggunaannya, Elbow biasanya digunakan atau digabung dengan pipa lain atau lapisan khusus sehingga pipa menjadi lebih aman. Langkah tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya kebocoran pada pipa. 

Elbow yang sering ditemui biasanya terbuat dari kuningan, besi cor, plastik, atau yang lainnya. Anda bisa menggunakan Elbow dari bahan stainless steel atau carbon steel untuk mendapatkan hasil terbaik. Tak hanya bahan, ukuran dan bentuk siku Elbow juga berbeda-beda yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Biasanya pemakaian jenis pipa ini dipilih dari bahan yang sesuai dengan fungsi unit pipa.

Baca Juga : Definisi Valve, Jenis, Fungsi dan Cara Pengoperasian

Sudut atau belokan yang dilalui oleh pipa juga tidak selalu sama atau memiliki ukuran sudut yang beragam. Untuk itu, elbow digunakan dan tersedia dalam berbagai ukuran sudut yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Metode Pembuatan Elbow Fitting

Pipa elbow juga dibedakan atas dua metode pembuatannya; yaitu elbow buttweld fitting dan elbow forged fitting. Perbedaan utama antara keduanya adalah terletak di beberapa faktor, di antaranya; proses manufaktur, tingkat kekuatan atau ketahanan, biaya, dan aplikasi yang dibutuhkan. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut.

Elbow Buttweld

Elbow buttweld biasanya terbuat dari bahan logam, seperti carbon steel atau stainless steel. Terdiri dari dua ujung yang memiliki diameter dan ketebalan dinding yang sesuai dengan pipa yang akan dihubungkan. Ciri khasnya yaitu terdapat bevel di masing-masing ujungnya.

Baca Juga : Mengenal Butterfly Valve, Jenis, Kelebihan Serta Harga

elbow buttweld fittings stainless steel

Pemasangan elbow buttweld biasanya dilakukan dengan cara mengelas (welding) ujung elbow ke ujung komponen yang akan disambungkan. Karena melalui proses pengelasan, elbow buttweld yang menawarkan kekuatan dan keamanan yang tinggi. Proses pemasangan ini menghasilkan sambungan yang kokoh dan tahan tekanan tinggi, membuatnya cocok untuk berbagai aplikasi industri, termasuk dalam sistem pemipaan pada industri minyak dan gas, industri kimia, pembangkit listrik, dan lainnya.

Baca Juga : Pahami Perbedaan Buttweld Fitting dan Forged Fitting

Elbow Forged Fitting

Elbow forged fitting dibuat dengan cara membentuk logam di bawah tekanan yang melibatkan penggunaan palu atau alat pres untuk membentuknya menjadi bentuk elbow yang diinginkan. Karena metode penempaan tersebut, membuat elbow forged fitting biasa digunakan pada aplikasi tekanan tinggi dan suhu tinggi, di mana kekuatan dan daya tahan sambungan sangat penting.

elbow forged fittings stainless steel

Selain itu, proses pembuatannya yang memerlukan lebih banyak waktu dan tenaga membuat elbow forged fitting juga menjadi lebih mahal dibanding jenis buttweld. Tetapi hal tersebut sebanding karena metode penempaan menghasilkan komponen yang kokoh, tahan lama, dan tahan korosi atau karat bahkan saat digunakan pada tekanan atau temperatur yang ekstrim.

Jenis-jenis Pipa Elbow

Klasifikasi jenis-jenis pipa elbow dapat dikelompokkan menjadi dua faktor; sudut lengkung dan bentuknya. Berikut penjelasan dari jenis-jenis elbow:

Berdasarkan Sudut Lengkung

Terdapat tiga jenis pipa elbow berdasarkan sudut kelengkungannya yang umum digunakan dalam rangkaian perpipaan, di antaranya:

Elbow 45°

Pemasangan elbow jenis ini biasanya digunakan untuk mengubah arah aliran sebesar 45° di area dengan ruang terbatas dan diperlukan perubahan arah secara bertahap.

Elbow 90°

Jenis ini merupakan jenis yang paling umum digunakan untuk mengubah dalam sistem perpipaan, karena memberikan perubahan arah yang tajam dan berguna untuk mengarahkan aliran di sekitar sudut.

Elbow 180°

Elbow 180° digunakan untuk mengubah arah aliran sebesar 180° atau dengan kata lain membalikkan arah aliran. Jenis elbow ini digunakan dalam aplikasi yang memerlukan pembalikan arah aliran secara menyeluruh, seperti pada sistem drainase.

Baca Juga : Definisi Check Valve, Jenis dan Cara Kerjanya

Berdasarkan Bentuk/Radius

Selain ketiga jenis di atas, ada juga variasi elbow lainnya yaitu long radius elbow, short radius elbow, dan reducing elbow. Lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut:

Elbow Long Radius (LR)

Pada elbow radius panjang, radius garis tengah adalah 1,5 kali ukuran nominal pipa atau bisa dikatakan 1,5 kali diameter pipa. Biasanya elbow radius panjang digunakan dalam perpipaan saat kehilangan tekanan lebih sedikit dibandingkan dengan siku radius pendek. Elbow radius panjang membutuhkan lebih banyak ruang daripada yang pendek.

Elbow Short Radius (SR)

Dalam tipe ini, jari-jari garis tengah sama dengan ukuran nominal pipa, atau bisa dikatakan satu kali diameter pipa dan digunakan dalam keadaan ruang terbatas. Namun, tipe ini memiliki penurunan tekanan yang cenderung tinggi karena adanya perubahan arah aliran yang tiba-tiba.

Reducing Elbow

Jenis fitting ini digunakan untuk menyambungkan dua potong pipa dengan ukuran berbeda. Dinamakan demikian karena elbow atau siku yang digabungkan menjadi satu. Reducing elbow memiliki bukaan berukuran berbeda di setiap ujungnya yang membuat tipe ini dapat menghubungkan dua pipa berukuran berbeda.

Tabel Ukuran Elbow

Jika akan membeli elbow, Anda perlu memahami tentang spesifikasinya untuk memilih ukuran yang diperlukan. Berikut tabel ukuran elbow berdasarkan standar ASME B16.9 untuk elbow 45°, 90°, dan 180° long radius dan short radius.

Elbow 45° Long Radius

Elbow 90° Long Radius

Elbow 90° Short Radius

Elbow 180° Long Radius dan Short Radius

Baca Juga : Peran Welder Serta Kualifikasi, Tips hingga Kisaran Gaji

Pilihan jenis elbow yang digunakan dalam sistem perpipaan akan bergantung pada spesifikasi khusus sistem, seperti tekanan, suhu, dan ruang yang tersedia untuk pemasangan. Oleh karena itu, sebelum membeli Anda harus paham betul dengan aplikasi yang membutuhkan sambungan elbow tersebut.

Baca Juga : Daftar Harga Valve Pipa Terbaru 2023

Dalam industri perpipaan, pemilihan elbow yang tepat sangatlah penting untuk menjamin kelancaran proses produksi. Dengan memahami pengertian elbow dan jenis-jenisnya, Anda dapat memilih elbow yang sesuai dengan kebutuhan. 

PT. Alvindo Catur Sentosa adalah solusi untuk kebutuhan produk perpipaan berkualitas, seperti valve, flange, spiral wound gasket, fitting, dan pipa. Dapatkan produk elbow buttweld maupun forged dengan kualitas terbaik dan terlengkap hanya di ACS, untuk mendukung kelancaran produksi industri Anda.

ACS menyediakan produk buttweld dan forged elbow dijual dengan harga berkisar dari Rp 5000,- hingga Rp 5.000.000,- dalam berbagai ukuran mulai dari ½ inch dari material stainless steel dan carbon steel dengan jenis sambungan dan pressure rating yang bisa Anda pilih sesuai dengan yang keinginan. Sangat lengkap, bukan? Jadi, jika Anda memerlukan elbow untuk kelancaran sistem perpipaan Anda, jangan ragu untuk menghubungi admin sales ACS atau melalui Tokopedia.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
13
.
07
.
24

Penggunaan Reducer Pipa untuk Efisiensi Aliran dalam Sistem Perpipaan

Reducer sangat berguna ketika dipasang dengan benar sebagai penghubung antar pipa dengan ukuran berbeda. Namun, Anda perlu selalu memperhatikan persyaratan pemasangan reducer yang baik akan memastikan produktivitas berjalan lancar serta memberikan manfaat setiap saat.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
04
.
07
.
24

Keunggulan Pneumatic Actuator untuk Berbagai Aplikasi Industri

Aktuator adalah perangkat mekanik yang bertindak sebagai perantara antara sinyal kontrol untuk menghasilkan gerakan dalam suatu sistem, dan electric actuator memanfaatkan energi listrik menjadi gaya mekanik atau energi kinetik untuk menghasilkan gerakan. Lalu, bagaimana dengan pneumatic actuator?

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
07
.
24

Menelusuri Keunggulan dan Tabel Pipa SCH80

Salah satu varian pipa yang seringkali menjadi pilihan untuk aplikasi dengan suhu dan tekanan tinggi adalah pipa SCH80.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
30
.
06
.
24

Keunggulan Pipa SCH40 dalam Berbagai Aplikasi Industri beserta Tabelnya

Memahami keunggulan hingga tabel pipa SCH40 untuk berbagai diameter dan betapa pentingnya pemilihan pipa yang tepat dalam setiap proyek konstruksi atau industri.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
26
.
06
.
24

Aktuator Valve: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

Pelajari definisi serta peran penting aktuator dalam operasi valve, jenis-jenisnya, dan evaluasi kelebihan serta kekurangannya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
26
.
06
.
24

PTFE Gasket: Pengertian, Keuntungan, Karakteristik, dan Tips Memilihnya

Ingin tahu segalanya tentang PTFE gasket? Temukan di artikel ini! Pelajari pengertian, keuntungan, serta karakteristik unggulnya. Selain itu, dapatkan tips berharga untuk memilih PTFE gasket yang tepat sesuai kebutuhan aplikasi Anda.