05
.
09
.
22

Ketahui 7 Kampus Jurusan Teknik Perminyakan Terbaik Dunia

Daftar isi

Tutup

7 students walking in the morning to attend the class

Jurusan idaman para orang tua dan mertua yang sering digaungkan adalah jurusan perminyakan dan pertambangan. Kata mereka sih dua jurusan ini punya masa depan yang cerah. Tapi, tak bisa disimpulkan begitu juga sebenarnya. Karena harga minyak dunia sekarang juga tidak stabil atau naik turun.

Anda juga jangan mudah percaya kalau Indonesia adalah negara yang kaya minyak, karena hal tersebut tidaklah benar. Untuk potensi minyak dunia saja, Indonesia masih kalah jauh dengan banyak negara di wilayah Timur Tengah, benua Amerika atau Rusia sekalipun.

Walau begitu, kalau memang kamu menyukai dan tertarik dengan jurusan teknik perminyakan dan pertambangan. Silahkan baca ulasan ini mengenai beberapa Universitas terbaik dunia untuk kedua jurusan tersebut. Siapa tahu bisa jadi motivasi kamu ya.

1. Gubkin Russian State University of Oil and Gas

billboard of universitu in the snowy day

Universitas ini berada di Moskow, Rusia. Gubkin University merupakan universitas terkemuka dengan julukan kampus terbaik untuk mempelajari bidang teknik perminyakan dan pertambangan. Perlu kamu ketahui, bahwa negara Rusia adalah salah satu negara dengan potensi sumber daya minyak dan gas terbesar di dunia, tidak heran jika Rusia pasti akan membutuhkan tenaga ahli di bidang tersebut.

2. University of Alberta, Kanada

Poster of university of Alberta and the main building in the campus area

Universitas Alberta ini berada di Edmonton provinsi Alberta, Kanada. Universitas ini memang sudah terkenal akan risetnya mengenai energi. Hal ini didukung dengan posisi kampus yang terletak pada pusat potensi minyak (oil sands) yang merupakan sumber terbesar ketiga di dunia setelah Arab dan Venezuela. Jurusan atau fakultas teknik University Alberta masuk dalam jajaran 5 teratas di negara Kanada sendiri.

3. Colorado School of Mines, Amerika Serikat

Colorado school of Mines and the view of the campus area

Salah satu universitas terbaik di bidang minyak bumi dan pertambangan mineral adalah Colorado School of Mines, AS. Universitas ini fokus pada jurusan metalurgi, kimia, geologi, dan mineralogi. Kampus ini sangat berkontribusi besar dalam perkembangan pertambangan emas dan perak di Amerika Serikat.

Baca juga : Inilah 5 Perusahaan Perminyakan Terbesar di Dunia

4. Universidad de Chile

Universidad of Chile and the view of the main building

Universidad de Chile berada di ibukota Chile, Santiago. Banyak lulusan universitas ini yang menduduki posisi penting di Chile, terutama pada bidang energi dan sumber daya. Berbeda dengan kebanyakan kampus-kampus diatas yang memang ada jurusan pertambangan dalam Fakultas Teknik. 

Pada universitas ini, jurusan pertambangan masuk bagian ke Fakultas Matematika dan Fisika, selaras dengan jurusan matematika, fisika, kimia, geologi, astronomi, dan teknik industri. 

5. University of Aberdeen, Skotlandia

University of Aberdeen in Scotlandia with the view of the builing and the logo itself

Universitas ini satu-satunya di Britania Raya yang memiliki fakultas atau jurusan teknik perminyakan untuk tingkat sarjana maupun master. Walaupun negara Inggris tak banyak sumber daya minyaknya, tapi sumber minyak di North Sea jangan dianggap remeh. Sumber tersebut menjadikan Inggris harus membekali diri dengan tenaga ahli di bidang perminyakan, gas dan pertambangan. Maka dari itu Universitas ini memasukan jurusan teknik perminyakan.

6. Norwegian University of Science and Technology (NTNU)

the view of Norwegian Univerity of science and technology  area in the middle of the day

Kalau kamu tertarik mencoba kuliah jurusan teknik perminyakan di negara Skandinavia, bisa coba masuk ke NTNU. Kampus ini adalah salah satu yang terbaik di Norwegia karena risetnya yang sudah bertaraf internasional. Jurusan perminyakan dan gas merupakan jurusan unggulan dan favorit di NTNU.

NTNU sudah banyak memunculkan para lulusan terbaik untuk perusahaan minyak dan gas di Skandinavia. Tapi untuk kuliah disini, kamu harus sudah menguasai bahasa Norwegia.

Baca juga : Chevron, Pionir Teknologi Perminyakan Indonesia

7. China University of Petroleum-Beijing (CUPB)

the main building of China university of petroleum Beijing

Jika kamu bertanya, kok di benua Asia tidak ada kampus teknik perminyakan terbaik? Nah, kampus terakhir ini jawabannya. Terletak di Beijing, China. Kampus ini adalah salah satu kampus terbaik di Asia untuk mempelajari seluk beluk perminyakan dan gas. Lulusannya sudah banyak tersebar di berbagai sektor energi di China, mulai dari upstream sampai downstream.

Jurusan pada kampus ini tak sebatas perminyakan dan gas alam, tapi juga jurusan kimia, bahasa asing, manajemen, ilmu sosial dan politik, hingga energi terbarukan. Sangat disayangkan kampus di Indonesia belum masuk jajaran kampus dengan jurusan teknik perminyakan dan pertambangan terbaik ya.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

22
.
08
.
22

Kota-Kota dengan Stok Minyak Gas Terbanyak di Dunia

7 kota dengan stok minyak gas terbanyak di dunia. Eksplorasi dan cadangan minyak terbanyak dikuasai oleh kota-kota ini.

23
.
08
.
22

Apa itu Pertambangan? Mengenal Industri Pertambangan Secara Luas

Pertambangan merupakan rangkaian kegiatan dalam upaya pencarian, pemanfaatan, penambangan, pengolahan, pemurnian dan penjualan bahan galian.