2023-09-26

Ketahui Perbedaan Elbow Long Radius dan Elbow Short Radius

Daftar isi

Tutup

Dalam sistem perpipaan, elbow pipa merupakan jenis fitting pipa yang berfungsi untuk mengubah arah aliran pipa. Berdasarkan sudutnya, ada tiga jenis elbow pipa yang paling umum digunakan yaitu elbow 45°, elbow 90°, dan elbow 180°.

Sementara itu, berdasarkan radius lengkungannya, dibedakan menjadi elbow long radius dan elbow short radius. Simak penjelasan lebih lanjut tentang elbow long radius dan elbow short radius dalam artikel ini.

Baca Juga: Socket Weld Flange: Fungsi, Kelebihan, Dan Harga Di Pasaran

Apa itu Elbow Long Radius dan Elbow Short Radius?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, elbow long radius dan short radius merupakan klasifikasi elbow berdasarkan radius lengkungannya.

Secara visual, kedua jenis elbow ini sangat mudah dikenali. Elbow SR terlihat lebih pendek dari elbow LR, begitu pula dengan radius lengkungannya.

Kedua jenis elbow tersebut termasuk ke dalam kelompok buttweld fitting, yaitu jenis fitting pipa yang disambungkan dengan cara dilas. Untuk memahami tentang elbow long radius dan short radius, Anda perlu mengingat dua istilah yang digunakan yaitu R atau jari-jari, dan D yaitu diameter.

Baca Juga: Mengenal Weld Neck Flange: Definisi, Fungsi, Kelebihan, Dan Kekurangan

Elbow Long Radius (LR)

Seperti namanya, elbow LR memiliki garis tengah yang lebih panjang dan mengacu pada diameter luar yang jari-jari kelengkungannya sama dengan 1,5 kali, yaitu R = 1,5D.

Elbow ini lebih dapat memberikan perubahan arah yang lebih lembut pada aliran fluida. Penggunaan elbow LR biasanya pada tekanan dan laju fluida yang tinggi, serta untuk mengurangi hilangnya resistensi atau keausan pada elbow saat beroperasi.

Elbow jenis ini juga biasa digunakan pada aplikasi yang tidak memiliki ruang terbatas.

Pada dasarnya, elbow LR dipilih untuk sistem perpipaan yang tidak memiliki persyaratan khusus. Bisa dibilang, elbow LR memiliki kegunaan yang luas dan tingkat kepraktisan yang tinggi.

Baca Juga: Memahami Penggunaan Threaded Flange Dalam Sistem Perpipaan

Elbow Short Radius (SR)

Sementara itu, elbow SR memiliki jari-jari kelengkungan yang sama dengan diameter luar tabung, yaitu R = D.

Bila terdapat keterbatasan pada tempat atau posisi pemasangan elbow, atau fluida yang mengalir bertekanan rendah, maka peran dari short radius elbow bisa digunakan.

Selain itu, elbow SR juga umum digunakan untuk mengangkut fluida dengan partikel kecil pada kondisi di mana terdapat sudut yang relatif tajam.

Baca Juga: Mengenal Reducer Coupling, Satu Komponen Untuk Dua Diameter Berbeda

Tips sebelum Memilih antara Elbow LR atau Elbow SR

Memilih antara long radius elbow (LR) dan short radius elbow (SR) dalam sistem perpipaan sangat penting untuk dipertimbangkan dengan cermat.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam memilih elbow yang tepat:

  1. RuangJika Anda memiliki ruang yang cukup, elbow LR merupakan pilihan yang tepat. Sebab, elbow LR menghasilkan perubahan arah yang lebih lembut, tetapi memerlukan lebih banyak ruang. Sebaliknya, jika ruangan terbatas, elbow SR adalah pilihan yang lebih baik. Sebab, radius yang lebih pendek dapat memungkinkan instalasi dalam ruang yang lebih sempit.
  2. Sifat MaterialPastikan bahwa sifat dari material yang digunakan untuk elbow sesuai dengan jenis fluida atau gas yang mengalir dalam sistem. Beberapa aplikasi mungkin memerlukan material yang tahan terhadap korosi atau suhu tinggi.
  3. Perubahan ArahPertimbangkan seberapa tajam perubahan arah yang diperlukan pada saat beroperasi. Elbow SR dapat menghasilkan perubahan arah yang lebih tajam dan cepat, tetapi juga dapat menyebabkan peningkatan tekanan dan memicu abrasi. Jika memerlukan perubahan arah yang lebih lembut, elbow LR mungkin lebih bisa diandalkan.
  4. Peningkatan KecepatanJika terdapat perubahan kecepatan yang signifikan saat melewati elbow, Anda perlu mempertimbangkan dampaknya. Elbow SR dapat menyebabkan peningkatan kecepatan yang lebih besar dibandingkan dengan elbow LR, yang dapat mempengaruhi kondisi aliran. Pastikan bahwa perubahan kecepatan yang dihasilkan oleh elbow sesuai dengan persyaratan desain sistem.

Baca Juga: Half Coupling: Fungsi, Spesifikasi, Dan Aplikasi Di Industri

Selain poin-poin di atas, penting juga untuk memperhatikan standar dan kode yang berlaku dalam pemilihan elbow.

Anda juga perlu melakukan perhitungan yang tepat untuk memastikan bahwa elbow yang dipilih akan berfungsi dengan baik dalam kondisi operasional.

Terakhir, pertimbangkan juga faktor biaya dan ketersediaan elbow LR dan SR sesuai dengan anggaran dan jangka waktu aplikasi perpipaan Anda.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
20
.
05
.
24

Pinch Valve : Definisi, Cara Kerja, dan Pengaplikasiannya

Pinch valve beroperasi dengan prinsip sederhana, dengan memanfaatkan tabung atau sleeve (selongsong) fleksibel yang dapat atau dijepit untuk mengatur aliran media. Mari pelajari lebih dalam cara kerja pinch valve dan jelajahi penerapannya yang luas.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
20
.
05
.
24

Memahami Pentingnya Machining dalam Industri: Definisi, Teknik, dan Keamanan Kerja

Mari mengulas pentingnya proses machining dalam dunia industri, membahas definisi dan prinsip dasar machining serta teknik-teknik yang umum digunakan seperti turning, milling, drilling, grinding, EDM, broaching, dan honing.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
17
.
05
.
24

Aktuator Valve: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

Pelajari definisi serta peran penting aktuator dalam operasi valve, jenis-jenisnya, dan evaluasi kelebihan serta kekurangannya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Mengenal Lebih Jauh Union Fitting pada Pipa

Union fitting berfungsi untuk menggabungkan pipa yang dapat dilepas pasang tanpa perlu pembongkaran. Mari mengenal lebih jauh mengenai union fitting ini mulai dari jenis, standar hingga harga.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Equal Tee: Definisi, Fungsi, dan Material Terbaik untuk Sistem Pipa

Pelajari definisi, fungsi, dan material terbaik yang digunakan dalam equal tee untuk sistem pipa. Temukan cara mengoptimalkan penggunaan equal tee dalam instalasi pipa Anda. Pelajari lebih lanjut di sini!

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Mengenal Weldolet Lebih Dalam Serta Cara Memilih dan Pemasangan

Temukan segala hal tentang weldolet dalam artikel ini. Pelajari pengertian, keunggulan, dan langkah-langkah pemasangan yang efektif. Jelajahi aplikasi weldolet dalam industri dan manfaatnya sebagai sambungan pipa yang kuat dan efisien.