2023-11-13

Fungsi Socket Weld Flange, Kelebihannya dan Harga Terbaru

Daftar isi

Tutup

Flange menjadi komponen penting dalam sistem perpipaan karena berfungsi sebagai penghubung antara dua komponen dan menciptakan koneksi yang kuat dan aman. Sehingga memungkinkan aliran fluida atau gas mengalir dengan lancar. Flange dirancang agar komponen terhubung dengan rapat dan memudahkan jika sistem memerlukan perawatan atau perubahan. Di tengah beragam jenis flange yang ada di pasaran, socket weld flange menjadi salah satu yang banyak digunakan.

Baca Juga : Apa itu Flange dan Jenis Jenis Flange Pipa Besi

Lalu, apa karakteristik dari socket weld flange yang membedakannya dengan flange jenis lain? Dalam artikel ini, kita akan menjelajah karakteristik dan penggunaan socket weld flange dalam sistem perpipaan.

Apa Itu Socket Weld Flange?

Socket weld flange memiliki bentuk yang hampir mirip dengan slip-on flange, namun terdapat cincin yang sedikit menonjol di bagian tengahnya, biasa disebut dengan counterbore. Flange ini  dikenal dalam industri karena kekuatan, daya tahan, dan karakteristik khusus yang membuatnya sangat berguna dalam kondisi tertentu. Karena bentuknya, flange jenis ini memberikan sambungan yang aman dan tidak memerlukan pengencangan yang berlebihan serta cocok digunakan untuk pengoperasian sistem pada lingkungan yang ekstrim.

Baca Juga : Slip On Flange: Definisi, Jenis dan Kelebihannya

Secara umum, socket weld flange tidak memerlukan banyak tempat. Oleh karena itu, flange ini digunakan pada aplikasi di mana terdapat kendala ruang dan sambungan harus cukup kuat untuk menahan suhu yang tinggi. Sederhananya, socket weld flange dirancang untuk sistem perpipaan berdiameter kecil dan bertekanan tinggi.

Cara Memasang Socket Weld Flange

Jika dibandingkan dengan threaded flange, cara pemasangan socket weld flange sedikit lebih sulit karena memerlukan metode pengelasan. Pemasangan pipa disejajarkan dengan counterbore, lalu masukkan ujung pipa ke flange hingga menyentuh area counterbore, sisakan ruang antara pipa dan flange. Ruang inilah yang menjadi celah muai yang nantinya akan dilas dengan las fillet agar flange dan pipa dapat terhubung dengan baik.

Baca Juga : Memahami Tipe Weld Neck Flange

Kelebihan dan Kekurangan Socket Weld Flange

Kenali kelebihan dan kekurangan dari penggunaan socket weld flange sebelum Anda menggunakannya. Kelebihannya dari flange ini yaitu dapat menjadi pengganti threaded flange dalam meminimalisir resiko kebocoran. Selain itu, metode pengelasan yang dilakukan, tidak akan menembus lubang pipa.

Baca Juga : Apa Itu Blind Flange ? Fungsi Hingga Cara Pemasangan

Sementara itu, kekurangan dari socket weld adalah memerlukan teknisi las dengan keterampilan yang cukup agar dapat memastikan bahwa celah yang melebar antara pipa dan bahu adalah 1/16 inci. Lalu, celah muai yang ada pada socket weld flange dapat berpotensi terjadinya cacat retak, terutama pada pipa anti korosif seperti pipa stainless steel, sehingga retakan antara pipa dan flange akan menimbulkan masalah korosif. Jadi socket weld flange tidak direkomendasikan untuk lingkungan korosif atau radioaktif, karena penumpukan padat pada sambungan dapat menyebabkan masalah operasional dan pemeliharaan.

Baca Juga : Definisi Galvanis, Keuntungan Dan Proses Galvanisasi

Namun, dengan pemasangan dan perawatan yang tepat, masalah-masalah yang mungkin muncul dapat diminimalisir sehingga masa pakai socket weld flange menjadi lebih lama dan penggunaannya lebih efektif dalam membantu mengalirkan fluida. Maka dari itu, sebelum membeli, Anda harus memilih socket weld flange dengan kualitas terbaik dan spesifikasi yang sesuai dengan kondisi sistem perpipaan Anda.

Harga Socket Weld Flange (SW) Terbaru

Anda bisa mendapatkan socket weld flange dengan spesifikasi lengkap dan produk terbaik di distributor terpercaya seperti ACS. Di ACS, Anda dapat menemukan produk socket weld flange yang terbuat dari bahan stainless steel dan carbon steel dalam ukuran ½” sampai 8” dengan harga mulai dari Rp68.500,- hingga Rp4.000.000,- yang bisa dibeli melalui Tokopedia atau admin sales ACS.

Baca Juga : Harga Pipa Stainless Steel 2023 Tiap Ukuran dan Merk

Produk socket weld flange di ACS tersedia dengan merek GBA, BEBITZ, Ulma, Galperti, Metalfar, dan MIE yang telah digunakan di banyak industri di seluruh dunia. Menggunakan standar ASME B16.5, ASME B16.47 (Series A & B), DIN 2632, DIN 2633, DIN 2635, API 6A dan API 6B, membuat socket weld flange yang ada di ACS dapat teruji kualitasnya.

Baca Juga : Harga Pipa Besi dan Pipa Galvanis 2023

Demikian penjabaran tentang socket weld flange yang digunakan dalam industri perpipaan. Sebelum memasang flange, pastikan untuk mengikuti panduan pemasangan dari produsen socket weld flange dan memperhatikan standar keselamatan dalam proses instalasi dan perawatannya.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Mengenal Lebih Jauh Union Fitting pada Pipa

Union fitting berfungsi untuk menggabungkan pipa yang dapat dilepas pasang tanpa perlu pembongkaran. Mari mengenal lebih jauh mengenai union fitting ini mulai dari jenis, standar hingga harga.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Equal Tee: Definisi, Fungsi, dan Material Terbaik untuk Sistem Pipa

Pelajari definisi, fungsi, dan material terbaik yang digunakan dalam equal tee untuk sistem pipa. Temukan cara mengoptimalkan penggunaan equal tee dalam instalasi pipa Anda. Pelajari lebih lanjut di sini!

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Mengenal Weldolet Lebih Dalam Serta Cara Memilih dan Pemasangan

Temukan segala hal tentang weldolet dalam artikel ini. Pelajari pengertian, keunggulan, dan langkah-langkah pemasangan yang efektif. Jelajahi aplikasi weldolet dalam industri dan manfaatnya sebagai sambungan pipa yang kuat dan efisien.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Memahami End Cap Fitting: Jenis, Material, dan Harga Saat Ini

Pada sistem perpipaan pasti Anda akan membutuhkan end cap fitting untuk menutup aliran yang tidak digunakan. Apa itu end cap fitting? Mari mengenal lebih jauh serta kisaran harga saat ini.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Ring Joint Gasket: Pengertian, Material, dan Pengaplikasiannya dalam Industri

Temukan pengertian lengkap tentang ring joint gasket dan beragam material pilihan yang dapat digunakan. Pelajari bagaimana aplikasi gasket ini memberikan performa penyegelan yang handal dalam berbagai industri.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
21
.
03
.
24

Aktuator Valve: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

Pelajari definisi serta peran penting aktuator dalam operasi valve, jenis-jenisnya, dan evaluasi kelebihan serta kekurangannya.