2023-12-01

Nama Arah Tegangan dalam Pipa

Daftar isi

Tutup

Arah tegangan termasuk hal yang erat kaitannya dengan engineering, termasuk piping engineering, untuk merancang sistem yang kuat dan berkualitas. Sebab, Pipa tidak hanya menanggung beban statis dari berat sendiri, tetapi juga menyesuaikan diri dengan berbagai gaya dan tekanan yang dapat muncul dari berbagai arah.

Oleh karena itu, kami telah merangkum istilah-istilah dalam arah tegangan pipa. Beberapa orang mungkin sudah terbiasa dengan istilah tersebut, tapi banyak juga yang mungkin sedikit lupa, atau bahkan masih awam. Selengkapnya ada di artikel ini.

Apa itu Arah Tegangan Pipa?

Arah tegangan adalah konsep dasar yang harus dipelajari oleh seorang piping stress engineer. Dalam konteks tersebut, Anda akan sering mendengar istilah seperti axial load, longitudinal load, lateral load, dan istilah lainnya. Jika tak paham istilah tegangan tersebut, akan susah untuk tahu pengerjaan yang benar dan sesuai standar. Maka dari itu, akan kami menjelaskannya lagi untuk menambah informasi untuk Anda.

Istilah tegangan dengan beban sering dihubung-hubungkan, padahal keduanya punya arti yang berbeda. Sebenarnya, beban adalah bagian dari tegangan, sedangkan kalau stress (tegangan) adalah gaya (load) per satuan luas.

Stress (σ) = Force/Cross Sectional Area

penjelasan apa itu pipa

Istilah tegangan dengan beban sering dihubung-hubungkan, padahal keduanya punya arti yang berbeda. Sebenarnya beban adalah bagian dari tegangan, sedangkan kalau stress (tegangan) adalah gaya (load) per satuan luas.

Stress (σ) = Force / Cross Sectional Area

Tegangan Longitudinal (Longitudinal Stress)

rumus menghitung pipa

Tegangan longitudinal adalah tegangan yang arahnya sejajar dengan pipa, atau pararel dengan arah pipa. Bisa diarahkan dengan arah aksialnya, ingat, bedakan antara beban dengan tegangan ya.

Baca Juga : Jenis-Jenis Pipa dan Fungsinya

Circumferintal Stress atau Hoop Stress

rumus pipa

Tegangan circumferintal atau bisa disebut dengan hoop adalah tegangan yang arahnya tangensial terhadap area potong pipa. Artinya, kalau ada keadaan yang lebih buruk maka circumferintal ini akan membelah pipa menjadi dua bagian. Circumferintal stress sering dikenal juga dengan tangensial stress. Jadi, arah tegangan ini punya 3 nama berbeda, yaitu circumferintal stress, hoop stress dan tangensial stress.

Radial Stress

rumus hitung stress pipa

Radial stress merupakan tegangan yang arahnya menyebar ke semua penjuru pipa (melingkari dinding pipa). Saat fluida mengaliri pipa didalamnya, pipa akan menjadi bertekanan. Tekanan itu akan menyebar ke segala arah.

Kemudian, menuju arah lurusnya pipa, nantinya akan menghasilkan tegangan longitudinal. Menyebar ke arah dinding pipa  akan menghasilkan radial stress. Besarnya tegangan radial sama dengan pressure yang bekerja didalam fluida cuma arahnya saja negatif karena sifat yang menahan.

Baca juga : Pahami Perbedaan pada Nozzle dan Flange

Beban Aksial (Axial Load)

Beban aksial merupakan gaya yang searah dengan pipa, yang arahnya juga longitudinal. Sering disebut dengan axial stress, tidak masalah asal tahu arahnya.

Beban Lateral (Lateral Load)

beban lateral

Beban lateral sama dengan beban horizontal, artinya beban ini searah dengan permukaan bumi. Segala beban yang arahnya mendatar dinamakan beban lateral. Arah beban lateral tegak lurus dengan arah aksial, jika aksial sifatnya lurus dengan pipa, kalau lateral tegak lurusnya.

Dalam piping stress, beban lateral umumnya akan ditopang oleh guide support yang sifatnya menahan kearah samping (agar pipa tak bergeser). Kalau beban aksial ditopang oleh anchor, sedangkan beban lateral ditopang oleh guide.

Tegangan Geser (Shear Stress)

tegangan geser/shear stress

Tegangan geser arahnya memotong dari pipa, jadi tegak lurus dengan axial stress membelah pipa. Tegangan geser punya sifat menggeser jadi seolah pipa dibelah dari atas langsung.

Baca Juga : Pengertian dan Pekerjaan Fitter Fabrikasi

Torsi (Moment Stress)

torsi / moment stress

Saat merancang sistem pipa, perlu mempertimbangkan arah tegangan untuk memastikan pipa mampu menahan beban dan tekanan yang bekerja padanya. Analisis arah tegangan merupakan bagian penting dari rekayasa pipa untuk memastikan integritas dan keamanan sistem.

Itulah beberapa informasi tentang arah tegangan yang perlu untuk dikenali dan juga perlu dipahami dari mana arahnya. Mengenai rumus atau cara perhitungan tegangan, akan kami bahas lain waktu, fokusnya mengenai ulasan arah tegangan pipa.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Mengenal Lebih Jauh Union Fitting pada Pipa

Union fitting berfungsi untuk menggabungkan pipa yang dapat dilepas pasang tanpa perlu pembongkaran. Mari mengenal lebih jauh mengenai union fitting ini mulai dari jenis, standar hingga harga.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Equal Tee: Definisi, Fungsi, dan Material Terbaik untuk Sistem Pipa

Pelajari definisi, fungsi, dan material terbaik yang digunakan dalam equal tee untuk sistem pipa. Temukan cara mengoptimalkan penggunaan equal tee dalam instalasi pipa Anda. Pelajari lebih lanjut di sini!

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Mengenal Weldolet Lebih Dalam Serta Cara Memilih dan Pemasangan

Temukan segala hal tentang weldolet dalam artikel ini. Pelajari pengertian, keunggulan, dan langkah-langkah pemasangan yang efektif. Jelajahi aplikasi weldolet dalam industri dan manfaatnya sebagai sambungan pipa yang kuat dan efisien.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Memahami End Cap Fitting: Jenis, Material, dan Harga Saat Ini

Pada sistem perpipaan pasti Anda akan membutuhkan end cap fitting untuk menutup aliran yang tidak digunakan. Apa itu end cap fitting? Mari mengenal lebih jauh serta kisaran harga saat ini.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Ring Joint Gasket: Pengertian, Material, dan Pengaplikasiannya dalam Industri

Temukan pengertian lengkap tentang ring joint gasket dan beragam material pilihan yang dapat digunakan. Pelajari bagaimana aplikasi gasket ini memberikan performa penyegelan yang handal dalam berbagai industri.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
21
.
03
.
24

Aktuator Valve: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

Pelajari definisi serta peran penting aktuator dalam operasi valve, jenis-jenisnya, dan evaluasi kelebihan serta kekurangannya.