2023-12-01

Nama Arah Tegangan dalam Pipa

Daftar isi

Tutup

Arah tegangan termasuk hal yang erat kaitannya dengan engineering, termasuk piping engineering, untuk merancang sistem yang kuat dan berkualitas. Sebab, Pipa tidak hanya menanggung beban statis dari berat sendiri, tetapi juga menyesuaikan diri dengan berbagai gaya dan tekanan yang dapat muncul dari berbagai arah.

Oleh karena itu, kami telah merangkum istilah-istilah dalam arah tegangan pipa. Beberapa orang mungkin sudah terbiasa dengan istilah tersebut, tapi banyak juga yang mungkin sedikit lupa, atau bahkan masih awam. Selengkapnya ada di artikel ini.

Apa itu Arah Tegangan Pipa?

Arah tegangan adalah konsep dasar yang harus dipelajari oleh seorang piping stress engineer. Dalam konteks tersebut, Anda akan sering mendengar istilah seperti axial load, longitudinal load, lateral load, dan istilah lainnya. Jika tak paham istilah tegangan tersebut, akan susah untuk tahu pengerjaan yang benar dan sesuai standar. Maka dari itu, akan kami menjelaskannya lagi untuk menambah informasi untuk Anda.

Istilah tegangan dengan beban sering dihubung-hubungkan, padahal keduanya punya arti yang berbeda. Sebenarnya, beban adalah bagian dari tegangan, sedangkan kalau stress (tegangan) adalah gaya (load) per satuan luas.

Stress (σ) = Force/Cross Sectional Area

penjelasan apa itu pipa

Istilah tegangan dengan beban sering dihubung-hubungkan, padahal keduanya punya arti yang berbeda. Sebenarnya beban adalah bagian dari tegangan, sedangkan kalau stress (tegangan) adalah gaya (load) per satuan luas.

Stress (σ) = Force / Cross Sectional Area

Tegangan Longitudinal (Longitudinal Stress)

rumus menghitung pipa

Tegangan longitudinal adalah tegangan yang arahnya sejajar dengan pipa, atau pararel dengan arah pipa. Bisa diarahkan dengan arah aksialnya, ingat, bedakan antara beban dengan tegangan ya.

Baca Juga : Jenis-Jenis Pipa dan Fungsinya

Circumferintal Stress atau Hoop Stress

rumus pipa

Tegangan circumferintal atau bisa disebut dengan hoop adalah tegangan yang arahnya tangensial terhadap area potong pipa. Artinya, kalau ada keadaan yang lebih buruk maka circumferintal ini akan membelah pipa menjadi dua bagian. Circumferintal stress sering dikenal juga dengan tangensial stress. Jadi, arah tegangan ini punya 3 nama berbeda, yaitu circumferintal stress, hoop stress dan tangensial stress.

Radial Stress

rumus hitung stress pipa

Radial stress merupakan tegangan yang arahnya menyebar ke semua penjuru pipa (melingkari dinding pipa). Saat fluida mengaliri pipa didalamnya, pipa akan menjadi bertekanan. Tekanan itu akan menyebar ke segala arah.

Kemudian, menuju arah lurusnya pipa, nantinya akan menghasilkan tegangan longitudinal. Menyebar ke arah dinding pipa  akan menghasilkan radial stress. Besarnya tegangan radial sama dengan pressure yang bekerja didalam fluida cuma arahnya saja negatif karena sifat yang menahan.

Baca juga : Pahami Perbedaan pada Nozzle dan Flange

Beban Aksial (Axial Load)

Beban aksial merupakan gaya yang searah dengan pipa, yang arahnya juga longitudinal. Sering disebut dengan axial stress, tidak masalah asal tahu arahnya.

Beban Lateral (Lateral Load)

beban lateral

Beban lateral sama dengan beban horizontal, artinya beban ini searah dengan permukaan bumi. Segala beban yang arahnya mendatar dinamakan beban lateral. Arah beban lateral tegak lurus dengan arah aksial, jika aksial sifatnya lurus dengan pipa, kalau lateral tegak lurusnya.

Dalam piping stress, beban lateral umumnya akan ditopang oleh guide support yang sifatnya menahan kearah samping (agar pipa tak bergeser). Kalau beban aksial ditopang oleh anchor, sedangkan beban lateral ditopang oleh guide.

Tegangan Geser (Shear Stress)

tegangan geser/shear stress

Tegangan geser arahnya memotong dari pipa, jadi tegak lurus dengan axial stress membelah pipa. Tegangan geser punya sifat menggeser jadi seolah pipa dibelah dari atas langsung.

Baca Juga : Pengertian dan Pekerjaan Fitter Fabrikasi

Torsi (Moment Stress)

torsi / moment stress

Saat merancang sistem pipa, perlu mempertimbangkan arah tegangan untuk memastikan pipa mampu menahan beban dan tekanan yang bekerja padanya. Analisis arah tegangan merupakan bagian penting dari rekayasa pipa untuk memastikan integritas dan keamanan sistem.

Itulah beberapa informasi tentang arah tegangan yang perlu untuk dikenali dan juga perlu dipahami dari mana arahnya. Mengenai rumus atau cara perhitungan tegangan, akan kami bahas lain waktu, fokusnya mengenai ulasan arah tegangan pipa.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
13
.
07
.
24

Penggunaan Reducer Pipa untuk Efisiensi Aliran dalam Sistem Perpipaan

Reducer sangat berguna ketika dipasang dengan benar sebagai penghubung antar pipa dengan ukuran berbeda. Namun, Anda perlu selalu memperhatikan persyaratan pemasangan reducer yang baik akan memastikan produktivitas berjalan lancar serta memberikan manfaat setiap saat.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
04
.
07
.
24

Keunggulan Pneumatic Actuator untuk Berbagai Aplikasi Industri

Aktuator adalah perangkat mekanik yang bertindak sebagai perantara antara sinyal kontrol untuk menghasilkan gerakan dalam suatu sistem, dan electric actuator memanfaatkan energi listrik menjadi gaya mekanik atau energi kinetik untuk menghasilkan gerakan. Lalu, bagaimana dengan pneumatic actuator?

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
07
.
24

Menelusuri Keunggulan dan Tabel Pipa SCH80

Salah satu varian pipa yang seringkali menjadi pilihan untuk aplikasi dengan suhu dan tekanan tinggi adalah pipa SCH80.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
30
.
06
.
24

Keunggulan Pipa SCH40 dalam Berbagai Aplikasi Industri beserta Tabelnya

Memahami keunggulan hingga tabel pipa SCH40 untuk berbagai diameter dan betapa pentingnya pemilihan pipa yang tepat dalam setiap proyek konstruksi atau industri.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
26
.
06
.
24

Aktuator Valve: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

Pelajari definisi serta peran penting aktuator dalam operasi valve, jenis-jenisnya, dan evaluasi kelebihan serta kekurangannya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
26
.
06
.
24

PTFE Gasket: Pengertian, Keuntungan, Karakteristik, dan Tips Memilihnya

Ingin tahu segalanya tentang PTFE gasket? Temukan di artikel ini! Pelajari pengertian, keuntungan, serta karakteristik unggulnya. Selain itu, dapatkan tips berharga untuk memilih PTFE gasket yang tepat sesuai kebutuhan aplikasi Anda.