2023-11-13

Definisi Weld Neck Flange Serta Kelebihan, dan Kekurangan

Daftar isi

Tutup

Seperti yang kita ketahui, sistem perpipaan memiliki rangkaian yang rumit dan membutuhkan banyak komponen agar menjadi kesatuan yang kompleks. Begitu pula dengan penggunaan flange. Berbeda industri, berbeda juga jenis flange yang digunakan. Weld neck flange adalah salah satu yang umum digunakan.

Baca Juga : Apa itu Flange dan Jenis Jenis Flange Pipa Besi

Bentuknya yang khas membuat jenis flange ini sangat mudah dikenali di pasaran. Lalu, bagaimana penggunaan weld neck flange dalam sistem perpipaan? Simak penjelasan selengkapnya di artikel ini.

Definisi Weld Neck Flange

Weld neck flange adalah jenis yang paling luas digunakan. Seperti namanya, bentuk dari flange ini unik dengan adanya ekstensi leher dilengkapi dengan bevel las di ujungnya. Berbeda dengan socket weld, weld neck flange ini dirancang untuk disambungkan dengan metode buttweld langsung ke pipa, menghasilkan koneksi yang aman dan andal. Weld neck flange dapat menjadi pilihan utama jika digunakan untuk pipa berukuran besar dengan pressure rating tinggi.

Baca Juga : Perbedaan Flange JIS dan ANSI Pada Standar Internasional

Bagian tengah pada ekstensi leher weld neck flange berbentuk runcing yang sangat berguna untuk mendistribusikan gaya tekanan secara bertahap di sepanjang transisi dari pipa ke flange, dan juga dapat membantu menahan sebagian guncangan dalam lingkungan pengoperasian bertekanan dan bersuhu lebih tinggi.

Baca Juga : Slip On Flange: Definisi, Jenis dan Kelebihannya

Weld neck flange tersedia dalam banyak ukuran, semua kelas, dan untuk semua jenis permukaan, baik itu Flat Face (FF), Raised Face (RF), atau Ring Type Joint (RTJ). Namun, kombinasi antara weld neck flange dengan permukaan RTJ membuat kinerjanya semakin maksimal karena keduanya menghasilkan penyegelan yang sangat kokoh bahkan untuk aplikasi yang ekstrim sekalipun.

Keuntungan dan Kelemahan Weld Neck Flange

Bisa dikatakan bahwa weld neck flange merupakan flange yang unggul dan sangat andal.  Keunggulan tersebut karena weld neck flange dihubungkan ke pipa dengan metode buttweld, menghasilkan sambungan dengan single full penetration dan menjadikan weld neck flange cocok untuk kondisi tekanan dan suhu tinggi atau bahkan suhu di bawah nol. Karakteristik weld neck flange juga dapat mencegah terjadinya turbulensi yang parah.

Baca Juga : Apa Itu Blind Flange ? Fungsi Hingga Cara Pemasangan

Selain itu, keunggulan lain dari weld neck flange adalah pada flange berdiameter besar, terdapat lebih banyak ruang yang tersedia untuk melakukan pengujian non-destruktif pada bagian yang dilas. Hal ini sulit dilakukan pada beberapa jenis flange karena posisi bagian las yang tidak seperti weld neck flange.

Baca Juga : Memahami Tipe Socket Weld Flange

Dari sekian banyak keunggulan dari weld neck flange, terdapat satu kelemahan dari jenis flange ini yaitu harganya yang relatif lebih mahal untuk yang berukuran besar daripada jenis flange lainnya. Hal ini tentu dapat menjadi pertimbangan penting bagi sebagian industri.

Weld Neck Flange Terlengkap dengan Harga Ter-update

Anda bisa mendapatkan weld neck flange dengan spesifikasi lengkap dan produk terbaik di distributor terpercaya seperti ACS. Di ACS, Anda dapat menemukan produk weld neck flange yang terbuat dari bahan stainless steel dan carbon steel dalam ukuran 1” sampai 48” dengan harga mulai dari Rp44.000,- hingga Rp13.000.000,- yang bisa dibeli melalui Tokopedia atau admin sales ACS.

Baca Juga : Harga Pipa Besi dan Pipa Galvanis 2023

Produk weld neck flange di ACS tersedia dengan merek GBA, BEBITZ, Ulma, Galperti, Metalfar, dan MIE yang telah digunakan di banyak industri di seluruh dunia. Menggunakan standar ASME B16.5, ASME B16.47 (Series A & B), DIN 2632, DIN 2633, DIN 2635, API 6A dan API 6B, membuat weld neck flange yang ada di ACS dapat teruji kualitasnya.

Baca Juga : Daftar Harga Valve Pipa Terbaru 2023

Demikian penjabaran tentang jenis flange paling populer yaitu weld neck flange yang digunakan secara luas dalam sistem perpipaan. Jika Anda sudah mengetahui spesifikasi weld neck flange yang akan dipilih, pastikan untuk membelinya di distributor terpercaya dan jangan lupa untuk mengikuti panduan pemasangan dari produsen flange dan memperhatikan standar keselamatan dalam proses instalasi dan perawatannya.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
20
.
05
.
24

Pinch Valve : Definisi, Cara Kerja, dan Pengaplikasiannya

Pinch valve beroperasi dengan prinsip sederhana, dengan memanfaatkan tabung atau sleeve (selongsong) fleksibel yang dapat atau dijepit untuk mengatur aliran media. Mari pelajari lebih dalam cara kerja pinch valve dan jelajahi penerapannya yang luas.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
20
.
05
.
24

Memahami Pentingnya Machining dalam Industri: Definisi, Teknik, dan Keamanan Kerja

Mari mengulas pentingnya proses machining dalam dunia industri, membahas definisi dan prinsip dasar machining serta teknik-teknik yang umum digunakan seperti turning, milling, drilling, grinding, EDM, broaching, dan honing.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
17
.
05
.
24

Aktuator Valve: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

Pelajari definisi serta peran penting aktuator dalam operasi valve, jenis-jenisnya, dan evaluasi kelebihan serta kekurangannya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Mengenal Lebih Jauh Union Fitting pada Pipa

Union fitting berfungsi untuk menggabungkan pipa yang dapat dilepas pasang tanpa perlu pembongkaran. Mari mengenal lebih jauh mengenai union fitting ini mulai dari jenis, standar hingga harga.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Equal Tee: Definisi, Fungsi, dan Material Terbaik untuk Sistem Pipa

Pelajari definisi, fungsi, dan material terbaik yang digunakan dalam equal tee untuk sistem pipa. Temukan cara mengoptimalkan penggunaan equal tee dalam instalasi pipa Anda. Pelajari lebih lanjut di sini!

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Mengenal Weldolet Lebih Dalam Serta Cara Memilih dan Pemasangan

Temukan segala hal tentang weldolet dalam artikel ini. Pelajari pengertian, keunggulan, dan langkah-langkah pemasangan yang efektif. Jelajahi aplikasi weldolet dalam industri dan manfaatnya sebagai sambungan pipa yang kuat dan efisien.