2023-11-22

Ketahui Pressure Regulating Valve Serta Prinsip Kerjanya

Daftar isi

Tutup

Pressure regulating valve adalah salah satu perangkat yang umum digunakan baik di rumah maupun industri. Selain itu, pressure regulating valve juga banyak digunakan pada peralatan medis yang memerlukan pengaturan oksigen atau gas lainnya, serta dalam sistem pneumatik yang memerlukan pengatur udara bertekanan.

Lalu, bagaimana cara kerja pressure regulating valve? Dalam artikel ini, Kami akan memberikan Anda gambaran umum tentang apa itu pressure regulating valve, cara kerjanya, dan pengaplikasiannya secara umum.

Apa itu Pressure Regulating Valve?

Pressure regulating valve berfungsi sebagai pengatur tekanan termasuk menahan, mengurangi, dan melepas tekanan untuk menjaga sistem perpipaan maupun peralatan lainnya menjadi lebih aman. Bagaimana bisa pressure regulating valve memberikan keamanan?

Baca Juga : Memahami Pressure Relief Valve, Prinsip Kerja Hingga Kelebihan dan Kekurangan

Pressure regulating valve dapat menjaga tekanan menjadi lebih stabil dan rata, sehingga dapat mencegah kerusakan atau potensi bahaya akibat terjadinya tekanan yang berlebih di sebuah sistem atau peralatan. Tidak hanya itu, pressure regulating valve dapat secara otomatis merespons perubahan untuk mempertahankan tekanan yang sudah diatur.

Biasanya, pressure regulating valve menurunkan tekanan yang berasal dari sumber bertekanan, tinggi, seperti kompresor, pompa, reservoir, atau peralatan lainnya. Menurunkan tekanan dan mengaturnya sesuai dengan kebutuhan,

Baca Juga : Memahami Pressure Reducing Valve: Definisi dan Fungsinya

Valve ini juga bereaksi terhadap perubahan tekanan dan melalui valve integral, memberikan sinyal pneumatik atau kontrol langsung atas suatu proses. Terdapat filter yang dipasang untuk melindungi pressure regulating valve dari kotoran dan kontaminasi yang terbawa cairan yang dapat mempengaruhi pengoperasiannya.

Bagaimana Prinsip Kerja Pressure Regulating Valve?

Cara kerja pressure regulating valve yaitu dengan mengurangi tekanan dari inlet ke tekanan outlet yang lebih rendah dan mengaturnya agar tekanan tidak kembali tinggi. Ketika tekanan dalam sistem melebihi set-point yang diatur, pegas atau diafragma di dalamnya akan terkompresi, menyebabkan kepingan di dalam terbuka sedikit. Ini memungkinkan adanya aliran fluida tambahan melewati valve dan mengurangi tekanan sistem ke set-point yang diinginkan.

Baca Juga : Fungsi dan Pengaplikasian Non-Return Valve

Sebaliknya, jika tekanan dalam sistem berkurang di bawah set-point yang diatur, pegas atau diafragma akan mengendur, sehingga kepingan akan terbuka sedikit, membatasi aliran fluida dan meningkatkan tekanan pada sistem.

Penggunaan Pressure Regulating Valve

Pressure regulating valve umum digunakan di banyak industri dan aplikasi. Namun, salah satu kegunaannya yang paling populer adalah pada kompresor udara, yang digunakan untuk mengatur tekanan yang keluar dari air receiver, agar sesuai dengan yang dibutuhkan.

Baca Juga : Pahami Needle Valve beserta Jenis dan Pengaplikasian

Selain itu, pressure regulating valve juga biasa digunakan pada sistem yang mengatur sirkulasi air di dalam gedung-gedung bertingkat yang sangat dipengaruhi oleh gaya gravitasi, menyebabkan tekanan air seringkali mengalami peningkatan.

Dalam industri dirgantara, pressure regulating valve memainkan peran besar dalam propulsion pressurant control di banyak sistem, seperti sistem kontrol reaksi dan sistem kontrol ketinggian, Karena di dalamnya terdapat cairan korosif, suhu yang ekstrem, dan tingkat getaran yang tinggi.

Baca Juga : Mengenal Swing Check Valve: Cara Kerja dan Keunggulan

Secara keseluruhan, penggunaan pressure regulating valve cukup penting untuk aplikasi yang membutuhkan komponen ini. Adanya pressure regulating valve dapat memastikan tekanan fluida tetap sesuai dengan parameter yang diinginkan.

Hal tersebut tentu dapat memberikan rasa aman karena tekanan akan menjadi stabil, dan terhindar dari kerusakan atau bahkan bahaya yang mengancam. Oleh karena itu, pemeliharaan yang baik dan pemilihan yang tepat dari PRV menjadi faktor penting dalam menjaga kelancaran operasi atau sistem yang dibutuhkan.

Baca Juga : Pilihan Brand Valve Pipa di Indonesia

Sebagai PT Alvindo Catur Sentosa, Kami adalah mitra terpercaya dalam industri perpipaan. Kami menyediakan berbagai produk berkualitas, seperti pipa, valve, flange, fitting, dan gasket. Selain itu, kami juga menawarkan layanan hydrotest valve, machining, modifikasi flange, dan pmi test.

Anda dapat menjumpai produk kami melalui website resmi PT Alvindo Catur Sentosa atau official store ACS di Tokopedia. Kami siap membantu Anda dengan solusi perpipaan yang andal dan terjangkau.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
13
.
07
.
24

Penggunaan Reducer Pipa untuk Efisiensi Aliran dalam Sistem Perpipaan

Reducer sangat berguna ketika dipasang dengan benar sebagai penghubung antar pipa dengan ukuran berbeda. Namun, Anda perlu selalu memperhatikan persyaratan pemasangan reducer yang baik akan memastikan produktivitas berjalan lancar serta memberikan manfaat setiap saat.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
04
.
07
.
24

Keunggulan Pneumatic Actuator untuk Berbagai Aplikasi Industri

Aktuator adalah perangkat mekanik yang bertindak sebagai perantara antara sinyal kontrol untuk menghasilkan gerakan dalam suatu sistem, dan electric actuator memanfaatkan energi listrik menjadi gaya mekanik atau energi kinetik untuk menghasilkan gerakan. Lalu, bagaimana dengan pneumatic actuator?

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
07
.
24

Menelusuri Keunggulan dan Tabel Pipa SCH80

Salah satu varian pipa yang seringkali menjadi pilihan untuk aplikasi dengan suhu dan tekanan tinggi adalah pipa SCH80.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
30
.
06
.
24

Keunggulan Pipa SCH40 dalam Berbagai Aplikasi Industri beserta Tabelnya

Memahami keunggulan hingga tabel pipa SCH40 untuk berbagai diameter dan betapa pentingnya pemilihan pipa yang tepat dalam setiap proyek konstruksi atau industri.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
26
.
06
.
24

Aktuator Valve: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

Pelajari definisi serta peran penting aktuator dalam operasi valve, jenis-jenisnya, dan evaluasi kelebihan serta kekurangannya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
26
.
06
.
24

PTFE Gasket: Pengertian, Keuntungan, Karakteristik, dan Tips Memilihnya

Ingin tahu segalanya tentang PTFE gasket? Temukan di artikel ini! Pelajari pengertian, keuntungan, serta karakteristik unggulnya. Selain itu, dapatkan tips berharga untuk memilih PTFE gasket yang tepat sesuai kebutuhan aplikasi Anda.