2023-11-22

Ketahui Pressure Regulating Valve Serta Prinsip Kerjanya

Daftar isi

Tutup

Pressure regulating valve adalah salah satu perangkat yang umum digunakan baik di rumah maupun industri. Selain itu, pressure regulating valve juga banyak digunakan pada peralatan medis yang memerlukan pengaturan oksigen atau gas lainnya, serta dalam sistem pneumatik yang memerlukan pengatur udara bertekanan.

Lalu, bagaimana cara kerja pressure regulating valve? Dalam artikel ini, Kami akan memberikan Anda gambaran umum tentang apa itu pressure regulating valve, cara kerjanya, dan pengaplikasiannya secara umum.

Apa itu Pressure Regulating Valve?

Pressure regulating valve berfungsi sebagai pengatur tekanan termasuk menahan, mengurangi, dan melepas tekanan untuk menjaga sistem perpipaan maupun peralatan lainnya menjadi lebih aman. Bagaimana bisa pressure regulating valve memberikan keamanan?

Baca Juga : Memahami Pressure Relief Valve, Prinsip Kerja Hingga Kelebihan dan Kekurangan

Pressure regulating valve dapat menjaga tekanan menjadi lebih stabil dan rata, sehingga dapat mencegah kerusakan atau potensi bahaya akibat terjadinya tekanan yang berlebih di sebuah sistem atau peralatan. Tidak hanya itu, pressure regulating valve dapat secara otomatis merespons perubahan untuk mempertahankan tekanan yang sudah diatur.

Biasanya, pressure regulating valve menurunkan tekanan yang berasal dari sumber bertekanan, tinggi, seperti kompresor, pompa, reservoir, atau peralatan lainnya. Menurunkan tekanan dan mengaturnya sesuai dengan kebutuhan,

Baca Juga : Memahami Pressure Reducing Valve: Definisi dan Fungsinya

Valve ini juga bereaksi terhadap perubahan tekanan dan melalui valve integral, memberikan sinyal pneumatik atau kontrol langsung atas suatu proses. Terdapat filter yang dipasang untuk melindungi pressure regulating valve dari kotoran dan kontaminasi yang terbawa cairan yang dapat mempengaruhi pengoperasiannya.

Bagaimana Prinsip Kerja Pressure Regulating Valve?

Cara kerja pressure regulating valve yaitu dengan mengurangi tekanan dari inlet ke tekanan outlet yang lebih rendah dan mengaturnya agar tekanan tidak kembali tinggi. Ketika tekanan dalam sistem melebihi set-point yang diatur, pegas atau diafragma di dalamnya akan terkompresi, menyebabkan kepingan di dalam terbuka sedikit. Ini memungkinkan adanya aliran fluida tambahan melewati valve dan mengurangi tekanan sistem ke set-point yang diinginkan.

Baca Juga : Fungsi dan Pengaplikasian Non-Return Valve

Sebaliknya, jika tekanan dalam sistem berkurang di bawah set-point yang diatur, pegas atau diafragma akan mengendur, sehingga kepingan akan terbuka sedikit, membatasi aliran fluida dan meningkatkan tekanan pada sistem.

Penggunaan Pressure Regulating Valve

Pressure regulating valve umum digunakan di banyak industri dan aplikasi. Namun, salah satu kegunaannya yang paling populer adalah pada kompresor udara, yang digunakan untuk mengatur tekanan yang keluar dari air receiver, agar sesuai dengan yang dibutuhkan.

Baca Juga : Pahami Needle Valve beserta Jenis dan Pengaplikasian

Selain itu, pressure regulating valve juga biasa digunakan pada sistem yang mengatur sirkulasi air di dalam gedung-gedung bertingkat yang sangat dipengaruhi oleh gaya gravitasi, menyebabkan tekanan air seringkali mengalami peningkatan.

Dalam industri dirgantara, pressure regulating valve memainkan peran besar dalam propulsion pressurant control di banyak sistem, seperti sistem kontrol reaksi dan sistem kontrol ketinggian, Karena di dalamnya terdapat cairan korosif, suhu yang ekstrem, dan tingkat getaran yang tinggi.

Baca Juga : Mengenal Swing Check Valve: Cara Kerja dan Keunggulan

Secara keseluruhan, penggunaan pressure regulating valve cukup penting untuk aplikasi yang membutuhkan komponen ini. Adanya pressure regulating valve dapat memastikan tekanan fluida tetap sesuai dengan parameter yang diinginkan.

Hal tersebut tentu dapat memberikan rasa aman karena tekanan akan menjadi stabil, dan terhindar dari kerusakan atau bahkan bahaya yang mengancam. Oleh karena itu, pemeliharaan yang baik dan pemilihan yang tepat dari PRV menjadi faktor penting dalam menjaga kelancaran operasi atau sistem yang dibutuhkan.

Baca Juga : Pilihan Brand Valve Pipa di Indonesia

Sebagai PT Alvindo Catur Sentosa, Kami adalah mitra terpercaya dalam industri perpipaan. Kami menyediakan berbagai produk berkualitas, seperti pipa, valve, flange, fitting, dan gasket. Selain itu, kami juga menawarkan layanan hydrotest valve, machining, modifikasi flange, dan pmi test.

Anda dapat menjumpai produk kami melalui website resmi PT Alvindo Catur Sentosa atau official store ACS di Tokopedia. Kami siap membantu Anda dengan solusi perpipaan yang andal dan terjangkau.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Mengenal Lebih Jauh Union Fitting pada Pipa

Union fitting berfungsi untuk menggabungkan pipa yang dapat dilepas pasang tanpa perlu pembongkaran. Mari mengenal lebih jauh mengenai union fitting ini mulai dari jenis, standar hingga harga.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Equal Tee: Definisi, Fungsi, dan Material Terbaik untuk Sistem Pipa

Pelajari definisi, fungsi, dan material terbaik yang digunakan dalam equal tee untuk sistem pipa. Temukan cara mengoptimalkan penggunaan equal tee dalam instalasi pipa Anda. Pelajari lebih lanjut di sini!

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Mengenal Weldolet Lebih Dalam Serta Cara Memilih dan Pemasangan

Temukan segala hal tentang weldolet dalam artikel ini. Pelajari pengertian, keunggulan, dan langkah-langkah pemasangan yang efektif. Jelajahi aplikasi weldolet dalam industri dan manfaatnya sebagai sambungan pipa yang kuat dan efisien.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Memahami End Cap Fitting: Jenis, Material, dan Harga Saat Ini

Pada sistem perpipaan pasti Anda akan membutuhkan end cap fitting untuk menutup aliran yang tidak digunakan. Apa itu end cap fitting? Mari mengenal lebih jauh serta kisaran harga saat ini.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Ring Joint Gasket: Pengertian, Material, dan Pengaplikasiannya dalam Industri

Temukan pengertian lengkap tentang ring joint gasket dan beragam material pilihan yang dapat digunakan. Pelajari bagaimana aplikasi gasket ini memberikan performa penyegelan yang handal dalam berbagai industri.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
21
.
03
.
24

Aktuator Valve: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

Pelajari definisi serta peran penting aktuator dalam operasi valve, jenis-jenisnya, dan evaluasi kelebihan serta kekurangannya.