2023-10-03

Pilihan Brand Valve Pipa di Indonesia

Daftar isi

Tutup

Tahukah Anda fungsi valve atau katup yang ada pada anatomi tubuh manusia? Ya, bagian vital ini ada di tubuh manusia khususnya di jantung yang berperan dalam mengalirkan aliran darah, oksigen, dan cairan ke seluruh tubuh agar fungsi metabolisme berjalan dengan baik.

Baca Juga : Tipe-Tipe Ball Valve dan Fungsinya

Sama dengan valve yang ada di dalam tubuh, sistem perpipaan juga memiliki valve yang fungsinya kurang lebih sama, yaitu mengontrol, mengatur, dan mengarahkan aliran fluida (cairan atau gas). Dapat dikatakan, valve merupakan salah satu komponen yang sangat penting di berbagai industri.

Prinsip Kerja Valve

Secara umum, valve bekerja dengan sederhana, yaitu dengan membuka atau menutup saluran pipa secara menyeluruh atau hanya sebagian dan dapat dioperasikan dengan manual maupun otomatis.

Baca Juga : Jenis Globe Valve dan Cara Kerjanya

Valve dapat diaplikasikan untuk berbagai keperluan hampir di semua sektor. Seperti industri, pertanian, transportasi, pertambangan, listrik, minyak dan gas, makanan, hingga aplikasi rumah tangga. Valve dapat diproduksi dari beberapa jenis material, mulai dari stainless steel, carbon steel, cast iron,  hingga alloy steel tergantung pada tujuan penggunaannya. Standar produksi valve harus mematuhi standar ASME, ASTM, ANSI, API, atau spesifikasi standar lainnya.

Baca Juga : Apa Itu Gate Valve dan Cara Kerjanya

Pada sistem perpipaan, terdapat banyak jenis valve, dan setiap valve memiliki kegunaannya masing-masing. Beberapa jenis valve yang biasa digunakan dalam aplikasi industri adalah gate valve, globe valve, ball valve, check valve, butterfly valve, dan plug valve. Masing-masing jenis valve tersebut ini disertai fitur dan kemampuan fungsional berbeda dan dapat disesuaikan oleh aplikasi industri yang dibutuhkan, pahami jenis dan fungsi masing-masing valve di sini.

Daftar Merk Valve Terkenal untuk Sistem Perpipaan

Untuk aplikasi industri yang memiliki rangkaian perpipaan rumit, memilih valve dengan kualitas terbaik adalah kunci agar sistem dapat berjalan dengan baik serta mencegah kendala-kendala muncul pada saat mengoperasikan valve.

Selain standar dan spesifikasi yang sesuai, merek yang digunakan juga menjadi pertimbangan agar mendapatkan valve berkualitas tinggi dengan performa terbaik. Valve dari GBA dan FBV Inc dapat menjadi pilihan yang tepat untuk aplikasi perpipaan industri Anda.

Sebab kedua produsen valve ini telah dipercaya selama bertahun-tahun oleh banyak industri di seluruh dunia. Untuk lebih mengenal tentang valve dari GBA dan FBV Inc., simak penjelasan berikut.

FBV Inc. Valve

Didirikan pada tahun 2007, FBV Inc. adalah perusahaan yang telah memegang sertifikat ISO 9001 sebagai produsen pembuatan valve. Dipercaya selama lebih dari 15 tahun, FBV Inc. saat ini telah memiliki fasilitas manufaktur yang sangat luas berlokasi di Amerika Serikat dan China, memproduksi valve dengan kualitas terdepan. FBV Inc. juga menyediakan layanan terbaik yang dapat membantu memenuhi kebutuhan pelanggan di seluruh dunia dengan perluasan jaringan bisnis, layanan, dan distribusi terutama di wilayah Amerika Utara, Amerika Selatan, Timur Tengah, Asia Tenggara, Afrika, dan sekitarnya.

Baca Juga : Definisi Check Valve, Jenis dan Cara Kerjanya

FBV Inc. memproduksi banyak jenis valve termasuk ball valve, gate valve, globe valve, check valve, plug valve, dan butterfly valve dari material terbaik seperti carbon steel, stainless steel, duplex stainless, dan material paduan lainnya. Produk-produk FBV Inc. dibuat sesuai dengan standar industri terbaru sesuai dengan ANSI, ASME dan API.

Baca Juga : Mengenal Butterfly Valve, Jenis, Kelebihan Serta Harga

Sejak tahun 2011, Alvindo Catur Sentosa telah menjadi mitra pemasok produk-produk valve yang diproduksi oleh FBV Inc., karena kesamaan tujuan yang dimiliki oleh kedua perusahaan, yaitu sebagai solusi dalam memenuhi kebutuhan valve industri-industri di Indonesia dengan produk terbaik berkualitas tinggi. Produk valve dari FBV Inc. yang tersedia di ACS antara lain;

  • Ball Valve (Floating dan Trunnion Ball Valve)
  • Gate Valve
  • Globe Valve
  • Check Valve (Swing dan Dual Plate)
  • Butterfly Valve

GBA Valve

Diluncurkan pada tahun 2008 oleh Alvindo Catur Sentosa, GBA Valve diharapkan mampu menjadi solusi atas meningkatnya kebutuhan pasar akan produk valve berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga : Perbedaan Ball Valve, Globe Valve dan Gate Valve

Saat ini produk-produk GBA Valve telah tersebar di seluruh Indonesia dan telah dipercaya oleh perusahaan dari berbagai skala dan industri. Mulai dari industri kelapa sawit, konstruksi, perkapalan, pengolahan air limbah, fabrikasi dan lainnya. Produk GBA Valve yang tersedia di ACS antara lain;

  • Ball Valve
  • Gate Valve
  • Globe Valve
  • Check Valve
  • Butterfly Valve

Dengan produk-produk valve dari FBV Inc. dan GBA yang tersedia di ACS, para pelaku industri dengan sistem perpipaan yang kompleks dapat dengan mudah mendapatkan varian valve yang dibutuhkan dengan dukungan Authorization Letter yang diterbitkan oleh FBV Inc. sebagai jaminan kualitas terbaik dan produk yang orisinil.

KITZ Group

Sejak didirikan pada tahun 1951 di Jepang, KITZ telah menjadi produsen valve dan komponen pengontrol fluida lainnya yang komprehensif. Produk-produk yang diproduksi oleh KITZ dapat memastikan aliran air yang aman dan andal serta pasokan minyak dan gas yang stabil.

Baca Juga : Apa itu Pertambangan? Mengenal Industri Ini Lebih Luas

KITZ juga telah berkomitmen untuk memperluas jangkauan dan peluang di seluruh dunia dengan produk dan layanan yang sesuai standar dan kebutuhan pelanggan dengan mengembangkan sistem layanan dan dukungan purna jual yang solutif. Produk GBA Valve yang tersedia di ACS antara lain;

  • Ball Valve
  • Gate Valve

GALA Regulating Systems

GALA adalah salah satu produsen yang menawarkan berbagai macam produk untuk keperluan valve, perpipaan, dan isolasi seismik untuk beragam aplikasi mulai dari gedung perkantoran, pemadam kebakaran, proyek air, saluran pembuangan, kelautan, dan industri-industri besar. GALA memiliki tujuan untuk senantiasa berkontribusi kepada pelanggan hingga masyarakat luas dengan memberikan kenyamanan dan keamanan melalui produk, keterampilan teknis, dan layanan yang disediakan.

Baca Juga : Apa itu Water Treatment? Ini Penjelasannya

Produk-produk juga yang ada dirancang dan diproduksi sendiri oleh GALA dan telah berkembang dan digunakan di sektor industri yang luas, meliputi sistem penyedia dan pengolahan air, makanan, kimia, semen, sistem pendingin udara, teknik industri, tenaga nuklir, pembuatan kertas, petrokimia, farmasi, baja, penyulingan gula, tekstil dan sebagainya.

Produk valve dari GALA yang tersedia di ACS adalah ball valve. Namun, GALA juga memiliki berbagai macam valve lain untuk industri, produk utamanya yaitu:

  • Fire protection valve
  • Balancing Valve
  • Butterfly Valve
  • Gate Valve, Globe Valve, Check Valve, Ball Valve
  • Strainer
  • Flexible Rubber Joint, dan lainnya.

Pister Kugelhähne

Didirikan di Belanda, selama lebih dari 50 tahun, Pister merupakan produsen terkemuka untuk produk ball valve dengan beberapa produk unggulan, antara lain:

  • Shut-off Ball Valve
  • High Pressure Ball Valve
  • Stainless Steel Ball Valve
  • Flanged Ball Valve
  • Manifold
  • Solenoid Valve
  • Block Valve, dan lainnya.

Pister terus berusaha untuk senantiasa menyediakan solusi produk yang tepat dan dalam membantu proyek-proyek industri. Misalnya, industri mesin konstruksi, industri mesin pertanian, energi terbarukan, lepas pantai, industri gas, dan masih banyak lagi pasar lainnya.

Baca Juga : Tujuan Pengujian Hydrotest Valve

Pengalaman yang tidak diragukan, rangkaian produk yang beragam, dipadukan dengan tim dan layanan yang inovatif, dapat menjadi pertimbangan Pister sebagai mitra pilihan Anda dalam memenuhi kebutuhan sistem perpipaan. Selain itu, sistem manajemen mutu Pister juga sudah sesuai dengan standar DIN EN ISO 9001 dan ketentuan standar lingkungan DIN EN ISO 14001.

Baca Juga : Daftar Harga Valve Pipa Terbaru 2023

Anda dapat membeli produk-produk valve merek FBV Inc., GBA Valve, KITZ, GALA, dan Pister di ACS dengan cara membeli langsung melalui official store ACS di Tokopedia, maupun melalui admin sales untuk mendapatkan penawaran terbaik. Penuhi kebutuhan valve sebagai regulator sistem perpipaan Anda selengkapnya hanya di ACS.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
12
.
07
.
24

Teknik Bubut: Macam-Macam Teknik Bubut dan Aplikasi dalam Berbagai Industri

Dengan kemampuannya untuk menciptakan bentuk yang tepat dan hasil bubutan yang berkualitas, teknik bubut tetap menjadi salah satu proses fundamental dalam manufaktur yang mendukung berbagai aplikasi di sektor industri.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
12
.
07
.
24

Plat Besi: Ukuran, Jenis, dan Tabel Beratnya

Berat plat besi memiliki pengaruh signifikan terhadap struktur dan konstruksi dalam berbagai aspek. Beban berlebih akibat penggunaan plat besi yang terlalu tebal atau berat dapat menyebabkan kerusakan struktural atau bahkan kegagalan total bangunan.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
10
.
07
.
24

Dampak Ekskavasi dan Strategi Mitigasinya

Dengan memahami dan mengantisipasi dampak negatif ekskavasi serta menerapkan langkah-langkah mitigasi yang tepat, proyek ekskavasi dapat dilaksanakan dengan lebih aman dan bertanggung jawab, meminimalkan efek buruk pada lingkungan, masyarakat, dan pekerja.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
09
.
07
.
24

Apa itu Rebar Scanner dan Manfaatnya untuk Proyek Konstruksi Modern

Rebar scanner digunakan untuk mengevaluasi integritas struktural, serta menentukan apakah ada kerusakan atau keretakan pada tulangan baja yang dapat mempengaruhi kekuatan dan kestabilan bangunan.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
03
.
07
.
24

Pengertian Ekskavasi dan Prosesnya Sebagai Fondasi dalam Pembangunan Infrastruktur

Ekskavasi memberikan landasan yang diperlukan untuk menentukan kedalaman fondasi, kestabilan struktur, serta penyelarasan yang tepat bagi bangunan atau infrastruktur lainnya. 

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
02
.
07
.
24

Pengertian PKO (Palm Kernel Oil) dan Produk Turunannya

Melalui serangkaian tahapan yang teliti, mulai dari pemanenan hingga pemurnian, proses pengolahan minyak inti sawit (PKO) memastikan bahwa minyak yang dihasilkan memiliki kualitas tinggi dan siap untuk digunakan dalam berbagai aplikasi industri.