17
.
06
.
22

Apa itu Water Treatment? Ini Penjelasannya

Daftar isi

Tutup

apa itu water treatment

Apa itu Water Treatment?

Bagi Anda yang penasaran mengenai pengertian Water Treatment (pengolahan air) seperti apa, akan kami ulas pada artikel kami kali ini. Water treatment sendiri adalah tahap proses yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas air agar lebih diterima pada kondisi tertentu.

Peningkatan kualitas air dimaksudkan untuk penggunaan air minum, irigasi, pasokan air industri, rekreasi air, pemeliharaan aliran sungai atau penggunaan lainnya, termasuk juga sebagai limbah yang aman. Proses water treatment sendiri bertujuan untuk menghilangkan kontaminan dan komponen yang tak diperlukan atau mengurangi konsentrasinya sehingga air untuk penggunaan akhir sesuai yang diinginkan.

Sumber air minum yang terkontaminasi memang butuh perawatan khusus agar sumber penyebab virus bakteri dan penyakit dapat dihilangkan. Sistem pada pengolahan air minum memang harus menggunakan banyak metode agar air minum aman dikonsumsi bagi masyarakat.

Baca juga : Pengertian Smelter Pertambangan dan Penjelasannya

Untuk sekarang metode yang paling umum pada proses pengolahan air yang banyak digunakan oleh masyarakat (utamanya pengolahan air permukaan) antara lain :

Koagulasi dan Flokulasi

Koagulasi dan flokulasi adalah langkah pertama dalam proses pengolahan air. Dimulai dari penambahan bahan kimia dengan muatan positif ke air. Muatan positif berfungsi untuk menetralkan muatan negatif dari kotoran dan partikel yang tercampur di dalam air. Saat ini terjadi, partikel-partikel tersebut mengikat dengan bahan kimia dan membentuk partikel yang lebih besar atau biasa disebut flok.

Pengendapan

Selama proses diatas, karena berat flok biasanya akan mengendap di bagian bawah pasokan air. Proses pengendapan ini biasa disebut sedimentasi.

pengertian water treatment

Penyaringan

Setelah flok mengendap di dasar pasokan air, air jernih akan melewati filter berbagai komposisi (pasir, kerikil dan arang) dan tentunya ukuran pori. Proses penyaringan ini tentu bertujuan untuk menghilangkan partikel terlarut seperti virus, bakteri, parasit, debu dan bahan kimia berbahaya.

Disinfeksi

Setelah air sudah difilter, desinfektan (klorin, chloramine) bisa langsung ditambahkan untuk membunuh virus, bakteri, parasit, debu dan bahan kimia yang tersisa untuk memproteksi air dari kuman saat disalurkan ke rumah dan untuk produksi.

Baca juga : Harga Minyak Dunia Terus Meningkat Berkat Berhasilnya Vaksin Covid-19

Itulah sedikit ulasan kami mengenai penjelasan apa itu water treatment. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda mengenai sistem yang menggunakan produk atau item komponen pipa seperti Valve, Flange dan Fitting.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

03
.
06
.
22

Wilmar Targetkan Produksi Minyak Goreng Meningkat Tahun Ini

PT Wilmar Cahaya Indonesia Tbk menargetkan produksi minyak goreng meningkat tahun ini, fokus dengan menjaga kualitas produksi dan konservatif serta ekspansi

03
.
06
.
22

Pertamina Gandeng Perusahaan Minyak UEA untuk Garap Kilang Balongan

Telah dilakukan MOU untuk mengembangkan Kompleks Kilang Terintegrasi Petrokimia di Balongan, Jawa Barat