2023-10-30

Mengenal Rubber Gasket Serta Keuntungannya

Daftar isi

Tutup

Setelah membahas jenis gasket lain seperti Gasket PTFE dan Graphite Gasket, ternyata masih ada jenis gasket lainnya yang bisa kita bahas. Seperti yang telah kita ketahui, gasket adalah sebuah komponen mekanis yang digunakan untuk membuat segel antara dua permukaan datar atau melengkung.

Gasket bisa terbuat dari bahan komposit, logam, atau bahan non-logam lainnya. Fungsi utama gasket adalah untuk mencegah kebocoran atau perpindahan zat cair atau gas antara dua permukaan yang bersinggungan. Ternyata, jenis gasket yang menggunakan material rubber atau karet tidak kalah efektif dalam membuat segel untuk mencegah kebocoran. Jadi, apa itu rubber gasket dan bagaimana cara kerjanya?

Apa itu Rubber Gasket?

Rubber Gasket adalah jenis gasket yang terbuat dari bahan elastis, seperti karet alami atau karet sintetis. Pilihan bahan karet ini didasarkan pada sifat elastisitas yang unggul yang dimilikinya. Sifat ini memungkinkan rubber gasket untuk dengan mudah menyesuaikan dengan permukaan yang akan disegel, yang pada gilirannya membantu mencegah kebocoran cairan dan gas.

Baca Juga : Spiral Wound Gasket : Komponen, Kelebihan dan Harga Terbaru

Kemampuan bahan karet untuk beradaptasi dengan permukaan tersebut, seperti mengisi ketidaksempurnaan, diilustrasikan dengan cara bahan ini "mengembang" ketika dua permukaan dihubungkan bersama, menciptakan segel yang efektif.

Jenis-jenis Material Rubber Gasket

Rubber gasket hadir dalam berbagai jenis, yang masing-masing jenisnya menawarkan karakteristik, serta sifat elastisitas, ketahanan terhadap suhu, dan ketahanan kimia yang berbeda, sehingga cocok untuk aplikasi yang bervariatif. Melansir customgasketmfg.com, beberapa jenis material rubber gasket antara lain:

  1. Natural Rubber: Natural rubber atau karet alami berasal dari getah pohon karet dan memiliki sifat elastisitas yang sangat baik. Digunakan dalam aplikasi di mana ketahanan terhadap abrasi dan ketahanan terhadap suhu rendah diperlukan. Sangat cocok untuk digunakan pada suhu mulai dari -60°F hingga +175°F.
  2. Neoprene: Dikenal juga dengan nama polikloroprena dan termasuk ke dalam karet sintetis. Material ini serbaguna karena dapat diaplikasikan di sistem perpipaan dan konstruksi karena ketahanannya terhadap asam, alkali, lemak dan minyak, ozon, matahari, hingga pelapukan. Neoprene juga memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap suhu -40°F hingga +230°F, intermiten hingga +250°F.
  3. Nitrile Rubber: Bahan sintetis yang paling umum digunakan untuk gasket dan seal ini juga memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap minyak dan bahan kimia. Biasanya digunakan dalam aplikasi mesin dan perpipaan yang berhubungan dengan minyak dan bahan bakar. Dapat mentolerir suhu berkisar antara -40°F hingga +212°F.
  4. EPDM ((Etilen Propilenena Dielectrica Monomer): EPDM adalah karet sintetis yang tahan terhadap cuaca dan sinar UV. Oleh karena itu, sering digunakan dalam aplikasi luar ruangan, seperti segel jendela atau atap. Cocok untuk menahan suhu dari -40°F hingga 250°F, bahkan +275°F.
  5. Silicone Rubber: Silicone adalah material karet yang memiliki ketahanan suhu tinggi dan dapat digunakan dalam aplikasi dengan suhu ekstrem mulai dari -75°F hingga +500°F serta dapat menahan kerusakan akibat penuaan, oksigen, ozon, sinar UV, air, dan pelapukan.
  6. SBR: Dikenal sebagai karet merah, adalah jenis rubber gasket yang keunggulannya meliputi kekuatan benturan, ketahanan abrasi, tahan panas, dan fleksibilitas suhu rendah. Sangat cocok untuk digunakan pada suhu mulai dari -67°F hingga +180°F.

Rubber Gasket untuk Industri Makanan dan Minuman

Gasket untuk industri makanan dan minuman tentunya harus terbuat dari bahan yang disetujui lembaga yang mempunyai wewenang atas standar keamanan konsumsi. Pada industri makanan dan minuman, material rubber gasket yang digunakan terbuat dari bahan-bahan yang dianggap aman untuk digunakan dengan produk konsumsi karena menunjukkan ketahanan terhadap bahan kimia maupun penumpukan bakteri, dan rentang suhu tertentu. Selain itu, tidak boleh berbau atau memiliki rasa. Rubber gasket yang memiliki sifat food grade yaitu EPDM, neoprene, nitrile, dan silikon.

Keuntungan dan Kelemahan Rubber Gasket

Rubber gasket memiliki sejumlah keuntungan dan kelemahan yang perlu dipertimbangkan saat memilihnya untuk aplikasi tertentu. Hal ini tentu saja sangat penting untuk diperhatikan agar kinerja rubber gasket dapat maksimal sesuai fungsinya.

Keuntungan menggunakan rubber gasket yaitu sifat elastisnya memungkinkan rubber gasket untuk menyesuaikan diri dengan permukaan dan memastikan bahwa tidak ada celah atau munculnya deformasi.

Baca Juga : Mengenal Insulation Gasket: Fungsi, Bagian, dan Cara Pemasangan yang Efektif

Dari segi harga, rubber gasket umumnya lebih terjangkau dibandingkan dengan gasket yang terbuat dari bahan logam. Rubber gasket juga relatif mudah dipasang, dan dalam beberapa kasus, dapat digunakan ulang jika diperlukan.

Di sisi lain, rubber gasket memiliki kelemahan tersendiri dalam penggunaannya yaitu rubber gasket dapat mengembang jika terpapar oleh pelumas atau bahan kimia tertentu, yang dapat mengurangi efektivitas dalam penyegelan sehingga dapat berpotensi kebocoran.

Baca Juga : Ring Joint Gasket: Pengertian, Material, dan Pengaplikasiannya dalam Industri

Dari penjabaran di atas, terdapat fakta menarik tentang rubber gasket yaitu komponen ini dapat digunakan hampir di segala sektor. Gasket ini juga sering dijumpai di kehidupan sehari-hari karena fungsi dari rubber gasket tidak hanya berfokus pada konstruksi atau industri besar, namun juga ada di aplikasi rumah tangga seperti penyegel lemari es, industri otomotif yang ada pada sistem bahan bakar dan knalpot, hingga konstruksi jembatan.

Panduan Perawatan Rubber Gasket

Perawatan yang baik akan membantu memperpanjang umur pakai rubber gasket dan mempertahankan kinerjanya. Perawatan yang dapat dilakukan terhadap instalasi rubber gasket dapat dimulai dari pembersihan rutin dari kotoran, minyak, dan zat lain yang dapat mengganggu segel. Selain itu, penting untuk memantau kondisi rubber gasket untuk mengecek tanda-tanda kerusakan dini, dan periksalah apakah gasket tetap elastis dan mampu menjaga segel dengan baik.

Jika gasket menunjukkan tanda-tanda keausan atau kerusakan, gantilah dengan yang baru sesuai dengan jadwal pemeliharaan yang telah ditentukan. Dengan pemeliharaan yang baik dan pemasangan yang benar, rubber gasket akan menjaga integritas sistem perpipaan dan peralatan, serta meminimalkan risiko kebocoran yang dapat merugikan.

Baca Juga : Pilihan Brand Spiral Wound Gasket di Indonesia

Itulah beberapa informasi yang telah kami kumpulkan tentang rubber gasket dalam aplikasi sehari-hari, mulai dari penggunaan yang sederhana hingga yang kompleks. Jangan lupa untuk teliti sebelum membeli produk rubber gasket yang Anda pilih jangan sampai memilih produk palsu. Anda bisa mendapatkan produk komponen perpipaan terbaik di ACS dengan mengunjungi official store ACS di Tokopedia atau menghubungi admin sales yang akan memberikan pelayanan dan penawaran terbaik hanya untuk Anda.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Mengenal Lebih Jauh Union Fitting pada Pipa

Union fitting berfungsi untuk menggabungkan pipa yang dapat dilepas pasang tanpa perlu pembongkaran. Mari mengenal lebih jauh mengenai union fitting ini mulai dari jenis, standar hingga harga.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Equal Tee: Definisi, Fungsi, dan Material Terbaik untuk Sistem Pipa

Pelajari definisi, fungsi, dan material terbaik yang digunakan dalam equal tee untuk sistem pipa. Temukan cara mengoptimalkan penggunaan equal tee dalam instalasi pipa Anda. Pelajari lebih lanjut di sini!

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Mengenal Weldolet Lebih Dalam Serta Cara Memilih dan Pemasangan

Temukan segala hal tentang weldolet dalam artikel ini. Pelajari pengertian, keunggulan, dan langkah-langkah pemasangan yang efektif. Jelajahi aplikasi weldolet dalam industri dan manfaatnya sebagai sambungan pipa yang kuat dan efisien.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Memahami End Cap Fitting: Jenis, Material, dan Harga Saat Ini

Pada sistem perpipaan pasti Anda akan membutuhkan end cap fitting untuk menutup aliran yang tidak digunakan. Apa itu end cap fitting? Mari mengenal lebih jauh serta kisaran harga saat ini.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Ring Joint Gasket: Pengertian, Material, dan Pengaplikasiannya dalam Industri

Temukan pengertian lengkap tentang ring joint gasket dan beragam material pilihan yang dapat digunakan. Pelajari bagaimana aplikasi gasket ini memberikan performa penyegelan yang handal dalam berbagai industri.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
21
.
03
.
24

Aktuator Valve: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

Pelajari definisi serta peran penting aktuator dalam operasi valve, jenis-jenisnya, dan evaluasi kelebihan serta kekurangannya.