2023-11-08

Mengenal Fungsi Insulation Gasket dan Cara Pemasangannya

Daftar isi

Tutup

Dalam rangkaian sistem perpipaan, masalah seringkali muncul di bagian flange. Hal ini disebabkan karena peran flange sendiri sebagai sambungan di antara 2 pipa atau valve serta banyak mencakup komponen lain di dalamnya, seperti gasket, mur dan baut. Oleh karena itu, instalasi flange yang dipasang harus dipastikan tersegel dengan benar untuk mencegah kebocoran flange. Pada kondisi ini, insulation gasket dapat membantu memastikan hal tersebut.

Baca Juga : Spiral Wound Gasket : Komponen, Kelebihan dan Harga Terbaru

Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan tentang definisi dan fungsi insulation gasket, bagian-bagian, jenis-jenis, hingga prosedur pemasangan insulation gasket yang akan dikupas di artikel ini.

Apa Itu Insulation Gasket?

Insulation gasket, atau bisa juga disebut flange insulation set, digunakan pada sambungan pipa-flange atau valve-flange tidak hanya untuk mencegah kebocoran, tapi juga mencegah korosi pada sistem perpipaan.

Terdapat dua jenis karat yang mungkin muncul, yaitu karat katodik dan karat galvanik. Bagi yang belum mengetahui, karat katodik dipicu oleh proses oksidasi logam yang dihasilkan dari gesekan terhadap cairan. Sementara karat galvanik dihasilkan oleh flange dengan bahan berbeda, misalnya carbon steel dan stainless steel, saling berbenturan dan menciptakan 2 kutub yaitu anoda (-) dan katoda (+).

Baca Juga : Apa Itu Blind Flange ? Fungsi Hingga Cara Pemasangan

Jika kondisi tersebut muncul, insulation gasket dapat mencegah kemungkinan sistem bertindak sebagai sel galvanik sehingga mengurangi risiko korosi galvanik pada pipa. Insulation gasket juga dapat mengisolasi sistem perpipaan dengan proteksi katodik yaitu mencegah aliran muatan elektrostatis. Jadi, kerusakan pada logam dapat dihindari.

Fungsi Insulation Gasket

Insulation gasket memiliki fungsi utama dalam mengisolasi bagian pipa secara elektrik. Tujuan utamanya adalah untuk meminimalisir erosi elektrokimia yang berpotensi muncul saat sistem beroperasi. Gasket ini dirancang khusus sebagai isolator antara flange logam yang berbeda, sehingga efektif mencegah arus listrik mengalir di antara keduanya.

Baca Juga : Flange ANSI - Tabel Flange Pipa Ansi 150 dan 300

Dengan adanya insulation gasket, sambungan flange dapat dijamin bebas dari gangguan arus listrik yang dapat menyebabkan korosi dan kerusakan pada material. Selain itu, insulation gasket juga diproduksi agar sesuai dengan berbagai desain standar seperti ASME, BS, DIN, atau kebutuhan khusus lainnya, memastikan kesesuaian dan keandalan dalam berbagai aplikasi industri.

Dengan peran pentingnya dalam melindungi sambungan pipa dari korosi dan kerusakan elektrokimia, insulation gasket menjadi komponen yang tak tergantikan dalam menjaga keamanan dan kinerja sistem pipa yang kompleks.

Bagian-bagian Insulation Gasket

Pada masing-masing insulation gasket atau flange insulation set, terdapat beberapa komponen yang nantinya dirakit menjadi satu. Setiap komponen diproduksi menggunakan bahan khusus yang mengandung stabilitas kimia, sifat dielektrik, dan daya serap air yang rendah.

Baca Juga : Mengenal lebih Jauh Pipa Seamless dan Keunggulannya

Dikemas secara terpisah dan diberi label tertulis ukuran flange, rating, jenis, dan kombinasi bahan. Insulation gasket umumnya tersedia hingga 24 inch, namun tidak menutup kemungkinan untuk ukuran lebih besar dibuat sesuai kebutuhan. Perhatikan gambar di bawah untuk mengetahui bagian-bagiannya.

Jenis-jenis Insulation Gasket

Terdapat 4 jenis insulation gasket yang mudah ditemukan di pasaran, dan masing-masing insulation gasket disesuaikan permukaan flange-nya. di pasaran yaitu tipe F, E, D, dan O.

Tipe F

Gasket tipe F dapat disesuaikan dengan flange tipe raised face. Pada tipe ini, untuk menghindari kontaminasi bahan asing, pelindung khusus dapat digunakan guna memperkuat isolasi katodik lebih lanjut.

Tipe E

Diameter luar pada gasket Tipe E sesuai dengan diameter luar flange. Jadi gasket ini melindungi permukaan flange secara keseluruhan. Terdapat lubang baut yang diletakan secara presisi sehingga mudah diposisikan di tengah.

Tipe D

Insulation gasket tipe D diproduksi agar sesuai dengan ring groove pada flange RTJ. Jenis insulation gasket ini juga dikenal sebagai "API ring joint".

Tipe O

Tipe O ini bisa dibilang istimewa karena memiliki elemen penyegelan tambahan di kedua sisi. Umumnya terbuat dari bahan PTFE, Nitril, atau Karet Viton.

Prosedur Pemasangan Flange Insulation Gasket Kit

  • Pada saat pemasangan, pastikan gasket berada tepat di tengah lubang. Hal ini bertujuan untuk mencegah penumpukan material asing yang mungkin muncul di antara permukaan flange selama proses pigging.
  • Untuk flange bawah tanah, direkomendasikan untuk menggunakan single washer dan perlu dipasang di sisi flange yang tidak terlindungi untuk memberikan proteksi katodik untuk stud dan nut. Sementara untuk flange di atas tanah, disarankan untuk menggunakan double washer agar memudahkan proses pengujian.
  • Gunakan alignment pin untuk memastikan keselarasan antara flange dan gasket. Usahakan ukuran setiap pin harus minimal 3/32″ (2,38 mm) lebih besar dari bautnya.

Baca Juga : Mengenal Perbedaan Pipa Welded dan Pipa Seamless

Dengan penjabaran di atas, menunjukkan bahwa insulation gasket memainkan peran penting dalam memastikan isolasi yang efektif dalam mencegah terjadinya kebocoran atau korosi pada flange. Melalui pemasangan yang sesuai dengan prosedur dan standar yang berlaku, insulation gasket dapat untuk memberikan isolasi yang andal dan sesuai dengan kebutuhan sistem perpipaan serta proteksi akan keamanan yang optimal.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
20
.
05
.
24

Pinch Valve : Definisi, Cara Kerja, dan Pengaplikasiannya

Pinch valve beroperasi dengan prinsip sederhana, dengan memanfaatkan tabung atau sleeve (selongsong) fleksibel yang dapat atau dijepit untuk mengatur aliran media. Mari pelajari lebih dalam cara kerja pinch valve dan jelajahi penerapannya yang luas.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
20
.
05
.
24

Memahami Pentingnya Machining dalam Industri: Definisi, Teknik, dan Keamanan Kerja

Mari mengulas pentingnya proses machining dalam dunia industri, membahas definisi dan prinsip dasar machining serta teknik-teknik yang umum digunakan seperti turning, milling, drilling, grinding, EDM, broaching, dan honing.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
17
.
05
.
24

Aktuator Valve: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

Pelajari definisi serta peran penting aktuator dalam operasi valve, jenis-jenisnya, dan evaluasi kelebihan serta kekurangannya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Mengenal Lebih Jauh Union Fitting pada Pipa

Union fitting berfungsi untuk menggabungkan pipa yang dapat dilepas pasang tanpa perlu pembongkaran. Mari mengenal lebih jauh mengenai union fitting ini mulai dari jenis, standar hingga harga.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Equal Tee: Definisi, Fungsi, dan Material Terbaik untuk Sistem Pipa

Pelajari definisi, fungsi, dan material terbaik yang digunakan dalam equal tee untuk sistem pipa. Temukan cara mengoptimalkan penggunaan equal tee dalam instalasi pipa Anda. Pelajari lebih lanjut di sini!

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Mengenal Weldolet Lebih Dalam Serta Cara Memilih dan Pemasangan

Temukan segala hal tentang weldolet dalam artikel ini. Pelajari pengertian, keunggulan, dan langkah-langkah pemasangan yang efektif. Jelajahi aplikasi weldolet dalam industri dan manfaatnya sebagai sambungan pipa yang kuat dan efisien.