2023-07-20

Ring Joint Gasket: Pengertian, Material, dan Pengaplikasiannya dalam Industri

Daftar isi

Tutup

Seperti yang sudah diketahui, peran gasket dalam rangkaian sistem perpipaan adalah untuk mencegah kebocoran, terutama pada sambungan flange. Gasket yang ada di pasaran memiliki beberapa jenis yang bisa dicocokkan dengan jenis flange yang dipasang. Salah satu jenis gasket yang paling umum adalah ring joint gasket.

Baca Juga : Spiral Wound Gasket : Komponen, Kelebihan dan Harga Terbaru

Artikel ini akan memberikan penjabaran tentang ring joint gasket mulai dari jenis-jenisnya, material, dan pengaplikasiannya. Dapatkan informasi selengkapnya dengan menyimak artikel ini hingga bagian terakhir.

Apa Itu Ring Joint Gasket?

Ring joint gasket adalah komponen penting yang digunakan dalam berbagai aplikasi industri untuk menciptakan penyegelan yang kuat dalam kondisi tekanan dan temperatur tinggi. Gasket ini berperan vital dalam menjaga kebocoran dan memastikan keamanan operasi sistem. Aplikasi ring joint gasket sangat luas, digunakan di sektor industri seperti oil dan gas, petrokimia, serta pembangkit listrik. Dengan daya tahan yang unggul, gasket ini menjadi pilihan utama untuk sambungan pipa dan flange yang menghadapi tekanan dan temperatur ekstrim.

Baca Juga : Apa Itu Blind Flange ? Fungsi Hingga Cara Pemasangan

Ring joint gasket memiliki dua jenis penampang yang umum, yaitu oktagonal dan oval. Setiap jenis penampang menawarkan karakteristik dan performa yang berbeda, dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan spesifik dari aplikasi industri. Penampang oktagonal umumnya digunakan untuk flange pipa yang memiliki desain pengerjaan flange "tongue and groove," sementara penampang oval lebih sering digunakan pada flange dengan desain "raised face" atau "flat face."

Baca Juga : Mengenal Weldolet Lebih Dalam Serta Cara Memilih dan Pemasangan

Dengan desainnya yang kokoh dan kemampuannya menahan tekanan tinggi, ring joint gasket menjadi pilihan yang handal untuk menghadapi tantangan lingkungan industri yang berat. Penting untuk memilih dan memasang gasket ini dengan cermat, sesuai dengan standar dan panduan pemasangan yang tepat, guna memastikan performa penyegelan yang optimal dan mencegah potensi kebocoran yang dapat berdampak serius pada operasi industri.

Tipe-tipe Ring Joint Gasket

Terdapat 3 jenis ring joint gasket yang bisa kita temui, yaitu Style R, Style RX, dan Style BX. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan dari masing-masing tipe.

Gasket Style R

Tipe ini dibagi menjadi gasket R oktagonal dan gasket R ring oval. Gasket Style R digunakan untuk tekanan mencapai 5.000 PSI dan diproduksi dengan standar API 6A dan ASME B16.20 menyesuaikan flange API 6B dan ASME/ANSI B16.5.  Gasket R oktagonal dan R oval ring memiliki fungsi yang sama, namun oval ring memiliki efisiensi penyegelan yang lebih rendah daripada oktagonal.

Gasket Style RX

Gasket Style RX mencakup standar API 6A dan ASME B16.20 dan digunakan untuk tekanan hingga 5.000 PSI. Gasket RX memiliki penyegelan yang baik karena kontak antara gasket dan permukaan ring joint, terutama pada permukaan luar, ditekan dengan kuat untuk menjaga kinerja penyegelan yang baik.

Gasket Style BX

Gasket style BX adalah salah satu jenis gasket oktagonal khusus yang diproduksi sesuai dengan API 6A dan cocok untuk digunakan pada flange API 6BX bertekanan tinggi. Tipe ini dirancang untuk digunakan pada tekanan hingga 20.000 PSI.

Material pada Ring Joint Gasket

Ring joint gasket dapat dibuat dari berbagai material, baik logam maupun non-logam, sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik aplikasi tertentu. Beberapa material logam yang sering digunakan dalam pembuatan ring joint gasket meliputi soft iron, low carbon steel, dan alloy steel seperti F5 dan 410. Selain itu, stainless steel juga menjadi pilihan umum dengan berbagai variasi yang meliputi 304, 304L, 316, 316L, 321, 347, dan 410. Material logam ini memberikan ketahanan terhadap tekanan dan temperatur tinggi, menjadikannya cocok untuk aplikasi industri yang memerlukan performa penyegelan yang tahan lama.

Baca Juga : Definisi Valve, Jenis, Fungsi dan Cara Pengoperasian

Sementara itu, untuk keperluan khusus atau aplikasi yang lebih kompleks, ring joint gasket juga dapat diproduksi dari material non-logam. Beberapa contoh material non-logam yang sering digunakan termasuk titanium, super alloy steel, dan high nickel alloys. Material-material ini menawarkan ketahanan yang unik terhadap kondisi ekstrim seperti suhu tinggi, korosi, dan tekanan yang sangat tinggi, sehingga sering digunakan dalam industri seperti perkapalan, penerbangan, dan industri kimia.

Baca Juga : Reducer : Definisi, Fungsi dan Perbedaan Eccentric dan Concentric

Pemilihan material untuk ring joint gasket harus dipertimbangkan dengan cermat berdasarkan kondisi operasi yang dihadapi dan sifat-sifat mekanis yang dibutuhkan. Faktor-faktor seperti suhu, tekanan, jenis media yang diangkut, dan lingkungan kerja harus diperhitungkan agar ring joint gasket dapat berkinerja optimal dan memberikan penyegelan yang andal dalam jangka waktu yang lama. Sebagai komponen kritis dalam sistem pipa dan flange, pemilihan material yang tepat akan menjadi faktor penentu dalam keberhasilan dan keamanan operasi industri.

Pengaplikasian Ring Joint Gasket

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, karena karakteristiknya yang sangat tahan terhadap suhu dan tekanan tinggi, membuat ring joint gasket sangat cocok untuk diaplikasikan di banyak industri.

Baca Juga : Mengenal Butterfly Valve, Jenis, Kelebihan Serta Harga

Satu hal yang perlu Anda perhatikan dalam pengaplikasian ring joint gasket, untuk menyeimbangkan beban gasket sebagai penyegel, perhatikan sistem perbautan dengan teliti saat memasang gasket jenis ini. Pastikan permukaan alur gasket dan ring joint gasket terbebas dari adanya kotoran maupun kecacatan untuk menjaga kinerja dan kualitas segel secara optimal dan menjaga umur pakainya lebih lama.

Karena dirancang untuk memberikan kemampuan penyegelan yang kuat, ring joint gasket bisa menjadi solusi yang andal untuk memastikan keamanan dan kinerja sistem dalam berbagai industri. Dengan penjabaran di atas, diharapkan pembaca dapat menambah informasi dan pemahaman yang lebih baik tentang ring joint gasket.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
20
.
02
.
24

Half Coupling: Fungsi, Spesifikasi, dan Aplikasi di Industri

Temukan bagaimana half coupling bekerja, spesifikasi yang perlu diketahui, serta beragam penerapannya di industri. Pelajari lebih lanjut dalam artikel ini.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
20
.
02
.
24

Mengenal Reducer Coupling, Satu Komponen untuk Dua Diameter Berbeda

Temukan definisi, cara kerja, dan beragam keunggulan reducer coupling. Pelajari bagaimana komponen ini berperan dalam mereduksi diameter pipa.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
20
.
02
.
24

Memahami Penggunaan Threaded Flange dalam Sistem Perpipaan

Temukan definisi, cara kerja, dan beragam keunggulan threaded flange. Pelajari bagaimana komponen ini menjadi solusi praktis dalam penyambungan pipa.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
20
.
02
.
24

Apa itu Flange Pipa dan Jenis Jenis Flange Pipa Besi

Macam-macam flange pipa besi. Metode pemasangan flange. Menjual Flange harga dan berbagai ukuran (1 inch, 2 inch, 4 inch, 6 inch) cara pengelasan dan fungsi

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
20
.
02
.
24

Apa itu Fitting Pipe Nipple dan Jenis-Jenisnya

Pelajari definisi, fungsi, dan jenis-jenis fitting pipa nipple dalam sistem pipa. Temukan bagaimana fitting pipa nipple menjadi solusi yang efisien dalam penghubung pipa. Baca sekarang!

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
20
.
02
.
24

Coupling Pipa Besi pada Industri: Fungsi, Jenis, dan Aplikasinya

Pelajari definisi, fungsi, berbagai jenis, dan harga coupling pipa besi dalam panduan lengkap kami. Temukan bagaimana coupling pipa besi digunakan secara luas di berbagai industri. Baca sekarang!