2023-10-03

Pilihan Brand Spiral Wound Gasket di Indonesia

Daftar isi

Tutup

Kecil bentuknya, besar pengaruhnya. Mungkin itulah kalimat yang dapat menggambarkan betapa pentingnya penggunaan gasket dalam sistem perpipaan. Sebab, penggunaan gasket berkaitan dengan keamanan dan kinerja sistem. Penggunaan gasket dalam menjadi penting karena dapat mengatasi sejumlah masalah atau kendala yang dapat muncul pada saat sistem beroperasi. Mulai dari kebocoran, tekanan dan suhu yang tinggi, gesekan dan getaran, hingga ketidakrataan permukaan. Jenis gasket yang paling umum digunakan adalah spiral wound gasket (SWG).

Baca Juga : Spiral Wound Gasket : Komponen, Kelebihan dan Harga Terbaru

Pada awal abad ke-20, spiral wound gasket dikembangkan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan yang semakin meningkat, terutama dalam operasi kilang minyak. Saat ini, spiral wound gasket telah secara luas digunakan khususnya pada industri yang melibatkan berbagai tekanan dan suhu seperti minyak dan gas, kimia, petrokimia, listrik, dan pengolahan makanan.

Baca Juga : Gasket Graphite dalam Pipa: Definisi, Fungsi, dan Keuntungan Terbaru

Jika Anda dapat memilih dan memasang spiral wound gasket dengan benar, alat ini dapat menahan suhu dan tekanan tinggi, serta mencegah kebocoran sepanjang masa pakainya. Lebih tepatnya, spiral wound gasket cocok untuk aplikasi aliran dengan tekanan dan suhu tinggi, cairan korosif, cairan mudah terbakar, hidrogen, dan lainnya.

Bagian dan Marking pada Spiral Wound Gasket

Spiral wound gasket terdiri dari 3 bagian utama; outer ring yang berfungsi untuk memusatkan gasket sambil dimasukkan ke dalam sambungan flange, inner ring yang berfungsi mencegah winding (penggulung) tertekuk di dalam pipa, dan yang terakhir yaitu sealing element yang menciptakan penguncian yang rapat untuk mencegah kebocoran.

Baca Juga : Mengenal Insulation Gasket: Fungsi, Bagian, dan Cara Pemasangan yang Efektif

Pada spiral wound gasket, terdapat marking atau tanda berbeda yang dapat dengan mudah dilihat dari permukaannya. Setiap marking memberikan informasi singkat tentang spesifikasi spiral wound gasket, dan beberapa informasi di dalamnya mencakup standar dan kode desain, nama pabrikan, material winding dan filler, serta kelas diameter dan tekanan. Anda dapat memahami lebih lanjut tentang spiral wound gasket di sini.

Spesifikasi Spiral Wound Gasket

Memilih spiral wound gasket yang sesuai dengan kondisi operasional sistem perpipaan sangat penting untuk memastikan kinerja yang andal dan aman. Spesifikasi pada spiral wound gasket antara lain:

1. Material

Material yang umum digunakan dalam pembuatan spiral wound gasket di antaranya yaitu; stainless steel, alloy steel, monel, titanium, nickel, hastelloy, dan lain-lain.

2. Ukuran dan Dimensi

Ukuran spiral wound gasket juga mencakup ukuran dan dimensi gasket yaitu inside diameter (ID), outside diameter (OD), schedule, dan lebar gasket. Ukuran gasket harus sesuai dengan ukuran flange atau sambungan pipa yang akan digunakan.

3. Standar

Gasket juga harus mematuhi standar industri yang berlaku. Dalam hal ini, ASME B16.20 adalah standar yang mencakup spesifikasi untuk spiral wound gasket.

4. Ketebalan (Schedule)

Perlu diperhatikan juga kisaran ketebalan yang tersedia untuk spiral wound gasket di pasaran adalah 1,6 mm hingga 7,2 mm.

5. Pressure Rating

Spiral wound gasket tersedia dalam tujuh kelas peringkat tekanan yaitu mulai dari 150, 300, 400, 600, 900, 1500, dan 2500.

Daftar Merk Spiral Wound Gasket Terkenal untuk Sistem Perpipaan

Setelah mempelajari spesifikasi pada spiral wound gasket, Anda juga perlu memperhatikan merek yang akan Anda pilih untuk aplikasi perpipaan Anda. Beberapa rekomendasi merek spiral wound gasket yang sudah terpercaya kualitas dari produk-produknya antara lain:

GBA

GBA merupakan merek dari produk yang diluncurkan oleh Alvindo Catur Sentosa pada tahun 2008. Dengan adanya produk dari GBA, diharapkan mampu turut serta dalam memenuhi kebutuhan pasar akan produk-produk komponen pipa yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, khususnya spiral wound gasket

Saat ini produk spiral wound gasket dari GBA telah tersebar di seluruh Indonesia dan telah dipercaya oleh perusahaan dari berbagai skala dan industri. Mulai dari industri kelapa sawit, konstruksi, perkapalan, pengolahan air limbah, fabrikasi dan lainnya.

Baca Juga : PTFE Gasket: Pengertian, Keuntungan, Karakteristik, dan Tips Memilihnya

Garlock

Didirikan di Amerika Serikat dengan pengalaman lebih dari 130 tahun, Garlock saat ini tetap mempertahankan dan mengembangkan fasilitas manufaktur dan distribusi global untuk memungkinkan Garlock dalam memenuhi kebutuhan pelanggan. Selain itu, Garlock telah mengoperasikan fasilitas penelitian, pengembangan, dan pengujian canggih yang terus memajukan industri gasket untuk memenuhi permintaan pasar, serta turut menghasilkan banyak teknologi terobosan dalam industri gasket.

Garlock memproduksi spiral wound gasket bernama FLEXSEAL® yang telah didistribusikan kepada pelanggan di seluruh dunia. Produk ini adalah salah satu gasket metalik yang paling banyak digunakan di industri dan dikenal karena ketahanan dan kekuatannya dalam berbagai kondisi dan aplikasi. FLEXSEAL® Spiral Wound Gasket banyak digunakan di seluruh kilang dan pabrik pemrosesan kimia, dan juga sangat cocok untuk pembangkit listrik, pulp dan kertas, aerospace, dan berbagai aplikasi khusus lainnya.

Baca Juga : Ring Joint Gasket: Pengertian, Material, dan Pengaplikasiannya dalam Industri

Klinger

Klinger telah berpengalaman selama lebih dari 130 tahun di industri gasket dan terus berkomitmen untuk memasok tidak hanya produk, namun juga solusi penyegelan untuk pelanggan setianya. Klinger menyediakan sertifikasi dan kualitas tertinggi yang juga sesuai dengan standar internasional untuk produk-produknya terutama spiral wound gasket. Klinger memiliki merek spiral wound gasketnya sendiri dengan nama KLINGER Maxiflex Spiral Wound Gasket yang diproduksi dengan spesifikasi ASME B16.20 dan tersedia dalam berbagai spesifikasi. Cocok digunakan untuk standar flange berikut: ASME B16.5, DIN, BS 10, JIS, AS2129 atau desain khusus dari pelanggan.

ACS menyediakan produk spiral wound gasket dari GBA, Garlock, dan Klinger untuk memenuhi kebutuhan akan spiral wound gasket kualitas terbaik untuk pasar di Indonesia. Jadi, Anda tidak perlu jauh-jauh atau menunggu lama untuk mendapatkan produk spiral wound gasket dari merek-merek tersebut karena bisa dengan mudah Anda dapatkan di ACS.

Pilih produk spiral wound gasket mana yang paling tepat untuk kebutuhan Anda, ada tipe SWG Outer Ring (OR) dan SWG Outer Inner Ring (OIR) dari GBA, Garlock, maupun Klinger. Semuanya tersedia lengkap di ACS dan bisa Anda dapatkan dengan cara membeli langsung melalui official store ACS di Tokopedia, maupun melalui admin sales untuk mendapatkan penawaran terbaik. Temukan solusi penyegelan sambungan yang rapat dan efisien sistem perpipaan Anda selengkapnya hanya di ACS.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Memahami Cara Kerja Flow Meter dan Pentingnya Mengukur Aliran pada Sistem

Pentingnya memastikan kuantitas setiap fluida akurat di seluruh proses kerja, dari awal hingga akhir secara berkala untuk memastikan seluruh proses kerja seperti perpindahan cairan dan pengendalian fluida berfungsi secara akurat, lancar, dan aman. Bisa dilakukan menggunakan Flow Meter.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Mengoptimalkan Efisiensi Jaringan Perpipaan dengan Smart Pipeline

Smart Pipeline bisa dibilang merupakan sebuah lompatan kemajuan yang signifikan dalam inovasi terkait pengangkutan dan pendistribusian sumber daya yang penting. Kombinasi sensor dan analisis data tidak dapat dipungkiri bisa meningkatkan keamanan dan efisiensi.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Meningkatkan Efisiensi dan Keberlanjutan Industri melalui Rehabilitasi Pipa

Seperti halnya infrastruktur lainnya, pipa-pipa industri juga rentan terhadap berbagai masalah dan kerusakan seiring berjalannya waktu. Rehabilitasi pipa bisa menjadi solusinya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Piping abbreviations: Istilah dan Singkatan Penting dalam Sistem Perpipaan

Menggali lebih dalam dunia perpipaan seringkali dihadapkan pada berbagai istilah dan singkatan yang mungkin membingungkan bagi yang belum berpengalaman. ACS telah merangkum beberapa untuk Anda ketahui.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Apa Itu Sistem HVAC dan Apa Saja Manfaat serta Dampaknya?

Meskipun sistem ini telah diaplikasikan secara luas, masih banyak yang belum familiar akan istilah sistem HVAC, terlebih pemahaman yang mendalam tentang komponen-komponen dan fungsinya. Mari kita ulas informasi selengkapnya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Apa Saja 6 Tahapan Proses Pembuatan BBM?

Perlu diketahui bahwa setiap tetes bahan bakar yang kita gunakan melalui kendaraan atau peralatan listrik telah menjalani serangkaian proses yang kompleks. Apa saja prosesnya?