2024-02-20

Gasket Graphite dalam Pipa: Definisi, Fungsi, dan Keuntungan Terbaru

Daftar isi

Tutup

Gasket, sebagai salah satu elemen penting dalam dunia industri, memiliki peran vital dalam menjaga keamanan dan performa sistem perpipaan. Banyaknya jenis gasket yang ada saat ini menyediakan karakteristik khusus yang dapat dipilih untuk aplikasi dan penggunaan tertentu. Selain itu, jenis-jenis gasket yang tersedia juga bisa dibuat dari berbagai material, dan gasket graphite menjadi salah satu pilihan populer yang digunakan saat ini.

Baca Juga : Spiral Wound Gasket : Komponen, Kelebihan dan Harga Terbaru

Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang gasket graphite yang mungkin belum sepopuler gasket lainnya. Mulai dari karakteristik, pengaplikasian, dan keuntungan dalam menggunakan gasket graphite. Simak informasi selengkapnya.

Apa itu Gasket Graphite?

Seperti yang kita tahu, gasket berperan sebagai segel mekanis yang dapat mengisi ruang antara dua permukaan atau bagian yang terhubung agar tetap selaras dan berfungsi dengan baik. Sehingga terhindar dari gesekan dengan permukaan yang keras yang dapat menimbulkan getaran.

Baca Juga : PTFE Gasket: Pengertian, Keuntungan, Karakteristik, dan Tips Memilihnya

Gasket graphite adalah sebuah komponen yang digunakan dalam industri untuk membantu menyegel dan mengisolasi aliran fluida atau gas di antara dua permukaan yang bertemu. Gasket ini terbuat dari bahan graphite (karbon murni) yang dikompresi menjadi struktur padat dan elastis. Dirancang untuk menahan tekanan, suhu tinggi, dan kondisi lingkungan yang ekstrim.

Karakteristik Gasket Graphite

Gasket graphite memiliki elastisitas yang baik, yang dapat menyesuaikan dengan perubahan tekanan dan suhu yang terjadi selama proses operasional. Ketika dua permukaan ditekan bersama, gasket akan mengalami kompresi dan mengisi celah, sehingga menciptakan segel yang lebih rapat.

Seperti namanya, gasket graphite dibuat dari bahan graphite yang mengandung tingkat karbon antara 90-99%. Persentase kandungan karbon tersebut berkorelasi positif dengan jumlah fleksibilitas yang diberikan oleh gasket graphite.

Baca Juga : Ring Joint Gasket: Pengertian, Material, dan Pengaplikasiannya dalam Industri

Untuk meningkatkan kekuatan dan kinerja operasional, gasket graphite dapat ditambah dengan berbagai material lainnya, di antaranya; aluminium foil, nickel alloy, wire mesh, dan film poliester.

Pengaplikasian Gasket Graphite

Gasket graphite biasanya digunakan dalam aplikasi di mana ketahanan terhadap suhu tinggi, sifat non-stick, kemampuan isolasi termal yang baik, dan kimia agresif diperlukan. Seperti dalam sistem perpipaan di industri kimia, petrokimia, dan proses pemurnian minyak. 

Berdasarkan karakteristiknya, penggunaan  antara lain untuk heat exchangers, chemical shields, pelumas untuk dry sheet, cooling towers, dan lain-lain.

Baca Juga : Mengenal Insulation Gasket: Fungsi, Bagian, dan Cara Pemasangan yang Efektif

Keuntungan Menggunakan Gasket Graphite

Ada banyak keuntungan berbeda dari penggunaan gasket graphite terutama pada sistem perpipaan, di antaranya:

Tahan Terhadap Suhu Tinggi

Ketahanannya terhadap suhu tinggi membuat gasket graphite cocok bagi banyak industri yang memiliki suhu tinggi hingga ekstrim. Ketahanan terhadap panas tersebut juga dapat ditingkatkan melalui penggunaan beberapa bahan yang disebutkan sebelumnya. Selain itu, gasket graphite juga tahan terhadap berbagai bahan kimia, menjadikannya alasan mengapa gasket graphite dianggap sebagai solusi serbaguna.

Kekuatan dan Daya tahan

Gasket graphite memiliki level rendah terhadap creep relaxation. Artinya, gasket graphite tidak mengalami perubahan yang signifikan dari waktu ke waktu. Material graphite juga tahan terhadap korosi terlepas dari temperatur atau tekanan yang ada.

Anti Lengket

Material graphite memiliki kandungan karbon yang bersifat licin dan sangat cocok untuk menutup sambungan gasket, karena dapat bergerak fleksibel untuk mengisi celah yang tidak rata.

Karakteristik dan kandungan material yang ada dalam gasket graphite telah dipercaya sebagai salah satu solusi untuk menjaga keamanan dan performa sistem perpipaan dalam kondisi tekanan dan suhu tinggi. Dengan informasi mengenai gasket graphite di atas, diharapkan dapat bermanfaat bagi pembaca sebagai referensi sebelum membeli gasket untuk aplikasi yang dibutuhkan.

Baca Juga : Mengenal Perbedaan Pipa Welded dan Pipa Seamless

Bagi Anda yang sedang mencari produk perpipaan seperti valve, fitting, flange, pipa hingga spiral wound gasket, Anda bisa mendapatkannya di Alvindo Catur Sentosa. Kami merupakan distributor resmi dan terpercaya memberikan produk berkualitas dan sudah memiliki standar resmi sertifikat. Anda tak perlu ragu dengan layanan Kami, silahkan menghubungi sales Kami untuk mendapatkan kebutuhan Anda.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Mengenal Lebih Jauh Union Fitting pada Pipa

Union fitting berfungsi untuk menggabungkan pipa yang dapat dilepas pasang tanpa perlu pembongkaran. Mari mengenal lebih jauh mengenai union fitting ini mulai dari jenis, standar hingga harga.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Equal Tee: Definisi, Fungsi, dan Material Terbaik untuk Sistem Pipa

Pelajari definisi, fungsi, dan material terbaik yang digunakan dalam equal tee untuk sistem pipa. Temukan cara mengoptimalkan penggunaan equal tee dalam instalasi pipa Anda. Pelajari lebih lanjut di sini!

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Mengenal Weldolet Lebih Dalam Serta Cara Memilih dan Pemasangan

Temukan segala hal tentang weldolet dalam artikel ini. Pelajari pengertian, keunggulan, dan langkah-langkah pemasangan yang efektif. Jelajahi aplikasi weldolet dalam industri dan manfaatnya sebagai sambungan pipa yang kuat dan efisien.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Memahami End Cap Fitting: Jenis, Material, dan Harga Saat Ini

Pada sistem perpipaan pasti Anda akan membutuhkan end cap fitting untuk menutup aliran yang tidak digunakan. Apa itu end cap fitting? Mari mengenal lebih jauh serta kisaran harga saat ini.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Ring Joint Gasket: Pengertian, Material, dan Pengaplikasiannya dalam Industri

Temukan pengertian lengkap tentang ring joint gasket dan beragam material pilihan yang dapat digunakan. Pelajari bagaimana aplikasi gasket ini memberikan performa penyegelan yang handal dalam berbagai industri.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
21
.
03
.
24

Aktuator Valve: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

Pelajari definisi serta peran penting aktuator dalam operasi valve, jenis-jenisnya, dan evaluasi kelebihan serta kekurangannya.