2024-02-20

Apa itu Flange Pipa dan Jenis Jenis Flange Pipa Besi

Daftar isi

Tutup

Sebagai salah satu bagian penting yang nyaris selalu ada dalam proses industri, pipa menjadi elemen penting dalam sistem perpipaan dan peralatan. Selain pipa, komponen lain yang perlu jadi perhatian Anda adalah flange. Mengapa demikian? 

Artikel ini akan membahas tentang apa itu flange dan jenis flange pipa. Mari kita memperdalam pemahaman tentang flange pipa dan mengungkap bagaimana komponen ini menjadi fondasi yang kokoh bagi keberhasilan sistem perpipaan di berbagai industri. Simak penjelasannya hingga akhir artikel, ya!

Apa itu Flange?

Dalam sistem perpipaan, Anda mungkin sering mendengar istilah flange. Lalu, apa itu flange? Flange merupakan suatu komponen yang umumnya digunakan untuk menggabungkan atau mengombinasikan elemen pipa dengan valve atau equipment lainnya. Kemudian gabungan dari beberapa komponen tadi akan digabungkan dengan memakai baut sebagai perekatnya.

Nantinya semua elemen itu akan saling menjadi kesatuan utuh dan permanen dengan baut sebagai perekatnya. Tujuan dari penggabungan ini adalah untuk menyatukan dua partisi menjadi satu guna mempermudah pengaplikasiannya.

Misalkan Anda menggunakan pipa gas atau sistem penyaluran air bertekanan tinggi. Tentunya membutuhkan pipa yang panjang. Di saat itulah, flange bertanggung jawab untuk menyusun rangkaian partisi pipa menjadi suatu kesatuan yang kuat dan andal. Penggunaan flange juga dapat menambah fleksibilitas dengan sistem bongkar pasang perpipaan yang lebih mudah serta akses lebih baik pada komponen lainnya.

Jenis Flange Pipa

Dalam penggunaannya, flange pipa hadir dalam berbagai ukuran dan jenis berbeda sesuai dengan kebutuhan pemakaiannya. Flange sendiri dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok; berdasarkan suhu dan tekanan, dan berdasarkan standar ANSI. Berikut adalah jenis flange pipa dan fungsinya.

Berdasarkan Suhu dan Tekanan/Class

Berbeda dengan pipa yang ketebalannya bisa disesuaikan dengan tekanan fluida, flange justru punya keterbatasan pada sisi pembuatannya. Itulah mengapa komponen ini dikelompokkan menjadi beberapa kelas yang didasarkan pada kemampuannya terhadap suhu dan tekanan.

Dalam jenis ini, flange akan terbagi menjadi kelas 150, 300, 600, 900, 1500, dan 2500. Penerapan sistem kelas ini bertujuan sebagai petunjuk terhadap tekanan yang dapat diaplikasikan. Biasanya penulisan angka ini juga memakai akhiran “#”, “class”, atau “Ib”. Penggunaan akhiran ini bisa berbeda berdasarkan vendor atau wilayahnya.Contohnya suhu kamar yang memiliki tekanan fluida sampai 20 bar, bisa memakai flange class 150#.

 Baca Juga : Proses dan Cara Pembuatan Minyak Kelapa Sawit

Flange ANSI (American National Standard Institute)

Untuk jenis flange ANSI, kita bisa membedakan masing-masing berdasarkan bentuk atau desain serta fungsinya. Jenis flange ANSI antara lain sebagai berikut:

Threaded Flange

npt flange threaded pipe

Sekilas, jenis flange pipa ini terlihat mirip dengan gasket. Padahal sebenarnya ini adalah flange dengan tipe ulir yang dipakai untuk menyatukan beberapa komponen menjadi suatu kesatuan. Umumnya flange tipe Threaded sering digunakan untuk menyambungkan pipa yang dibuat dari bahan dengan ketebalan besar, seperti pipa gas bertekanan tinggi.

Weld Neck (Welding Neck) Flange

welding neck flange

Tipe flange ini dinamakan demikian karena bentuknya yang memiliki leher mengerucut dan mengecil pada bagian ujungnya. Bagian ujung berukuran kecil itulah yang mampu mengakomodasi selang atau pipa dalam ukuran serupa dengan mudah. Seperti tipe threaded, flange ini juga sering dipakai untuk pipa gas bertekanan tinggi.

Slip On dan Lap Joint Flange

slip on and lap joint flange

Kalau hanya dilihat sekilas, kedua jenis flange ini tampak memiliki bentuk yang mirip. Tidak hanya itu, jenis flange tipe slip-on dan lap joint ternyata juga punya fungsi serupa, yakni menyambungkan pipa utama dengan komponen lain agar tidak menimbulkan celah antara sambungan pipa yang satu dengan lainnya. Selalu ingat bahwa kebocoran seperti apapun dapat memberi dampak yang sangat merugikan. Jadi, pastikan untuk selalu berhati-hati.

Blind Flange

blind flange

Tipe blind flange ini dinamakan demikian karena posisinya yang menjadi penghalang terakhir dari pipa. Artinya, bagian ini dapat memblokir aliran fluida sehingga menjadikannya saluran terakhir. Namun, bagian ini cukup rentan ketimbang flange lainnya.

Socket Weld Flange

socket weld flange

Kemudian, ada flange tipe soket. Jenis flange pipa ini pada dasarnya agak mirip dengan slip on. Hanya saja pada bagian terluarnya terdapat suatu penahan sehingga pipa yang dimasukkan ke dalamnya tidak bisa tembus.

Reducing Flange

reducing flange

Terakhir, ada reducing flange. Jenis flange ANSI ini berfungsi untuk menyambungkan beberapa pipa yang mempunyai diameter berbeda.

Standar Penggunaan Flange

Setiap penggunaan komponen mesin harus menyesuaikan dengan standar yang berlaku. Sayangnya Indonesia belum masih belum mempunyai standarnya tersendiri. Meski begitu, Anda masih bisa memakai standar flange yang selama ini menjadi patokan industri tanah air, yakni flange JIS dan ANSI.

Baca Juga : Perbedaan Jenis Flange JIS dan ANSI

Sesuai namanya, flange JIS (Japanese Industrial Standards) merupakan standar yang berlaku di Jepang. Jenis flange yang menerapkan standar ini antara lain Weld Neck, Slip On, dan Blind Sementara flange ANSI (America National Standards Institute) ialah standar yang berlaku di negara Amerika. Untuk jenisnya, flange ANSI terdiri dari Slip On, Blind, Weld Neck, Threaded, Lap Joint, dan Socket Weld.

Baca Juga : Harga Pipa Besi dan Pipa Galvanis 2023

Sebenarnya standar JIS dan ANSI tidak berbeda jauh. Hanya saja cakupan ANSI jauh lebih luas dan lengkap dibanding JIS. Selain Itu, kalau berbicara soal kekuatannya, ANSI bisa dikatakan sebagai yang paling unggul. Sebab standar ini telah banyak dipercaya pada skala internasional dan diikuti banyak negara.

Perbedaan lain terdapat pada kelas tekanannya. Flange JIS menghadirkan kelas tekanan yang dimulai dari JIS 5K, JIS 10K, JIS15K, dan JIS 20K. Sedangkan kelas tekanan ANSI dimulai dari ANSI 150, ANSI 300,ANSI 400, ANSI 600, ANSI 900, ANSI 1500 dan ANSI 2500.

Baca Juga : Harga Pipa Stainless Steel 2023 Tiap Ukuran dan Merk

Itulah penjelasan mengenai apa itu flange dan jenis flange pipa. Adakah jenis flange pipa yang berhasil memikat Anda?

Kabar baiknya, Alvindo menyediakan beragam produk flange yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Silakan kunjungi website kami di alvindocs.com untuk menemukan flange yang paling sesuai keperluan Anda.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Mengenal Lebih Jauh Union Fitting pada Pipa

Union fitting berfungsi untuk menggabungkan pipa yang dapat dilepas pasang tanpa perlu pembongkaran. Mari mengenal lebih jauh mengenai union fitting ini mulai dari jenis, standar hingga harga.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Equal Tee: Definisi, Fungsi, dan Material Terbaik untuk Sistem Pipa

Pelajari definisi, fungsi, dan material terbaik yang digunakan dalam equal tee untuk sistem pipa. Temukan cara mengoptimalkan penggunaan equal tee dalam instalasi pipa Anda. Pelajari lebih lanjut di sini!

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Mengenal Weldolet Lebih Dalam Serta Cara Memilih dan Pemasangan

Temukan segala hal tentang weldolet dalam artikel ini. Pelajari pengertian, keunggulan, dan langkah-langkah pemasangan yang efektif. Jelajahi aplikasi weldolet dalam industri dan manfaatnya sebagai sambungan pipa yang kuat dan efisien.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Memahami End Cap Fitting: Jenis, Material, dan Harga Saat Ini

Pada sistem perpipaan pasti Anda akan membutuhkan end cap fitting untuk menutup aliran yang tidak digunakan. Apa itu end cap fitting? Mari mengenal lebih jauh serta kisaran harga saat ini.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Ring Joint Gasket: Pengertian, Material, dan Pengaplikasiannya dalam Industri

Temukan pengertian lengkap tentang ring joint gasket dan beragam material pilihan yang dapat digunakan. Pelajari bagaimana aplikasi gasket ini memberikan performa penyegelan yang handal dalam berbagai industri.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
21
.
03
.
24

Aktuator Valve: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

Pelajari definisi serta peran penting aktuator dalam operasi valve, jenis-jenisnya, dan evaluasi kelebihan serta kekurangannya.