14
.
07
.
22

Apa itu Flange dan Jenis Jenis Flange Pipa Besi

Daftar isi

Tutup

Sebagai salah satu bagian penting yang nyaris selalu ada dalam proses industri, pipa menjadi elemen penting dalam sistem perpipaan dan peralatan. Selain pipa, komponen lain yang perlu jadi perhatian Anda adalah flange. Mengapa demikian? Artikel ini akan membahas tentang apa itu flange dan jenis flange pipa. Mari simak penjelasannya hingga akhir artikel,ya!

Apa itu Flange?

Dalam sistem perpipaan, Anda mungkin sering mendengar istilah flange. Lalu, apa itu flange? Flange merupakan suatu komponen yang umumnya digunakan untuk menggabungkan atau mengombinasikan elemen pipa dengan valve atau equipment lainnya. Kemudian gabungan dari beberapa komponen tadi akan digabungkan dengan memakai baut sebagai perekatnya.

Nantinya semua elemen itu akan saling menjadi kesatuan utuh dan permanen dengan baut sebagai perekatnya. Tujuan dari penggabungan ini adalah untuk menyatukan dua partisi menjadi satu guna mempermudah pengaplikasiannya.

Misalkan Anda menggunakan pipa gas atau sistem penyaluran air bertekanan tinggi. Tentunya ini membutuhkan pipa yang panjang.Di saat itulah flange bertanggung jawab untuk menyusun rangkaian partisi pipa menjadi suatu kesatuan yang kuat dan andal. Penggunaan flange juga dapat menambah fleksibilitas dengan sistem bongkar pasang perpipaan yang lebih mudah serta akses lebih baik pada komponen lainnya.

Jenis Flange Pipa

Dalam penggunaannya, flange pipa hadir dalam beragam ukuran dan jenis berbeda seesuai dengan kebutuhan pemakaiannya. Berikut adalah jenis flange pipa dan fungsinya.

1.Jenis Flange Pipa Berdasarkan Kemampuannya Terhadap Suhu dan Tekanan/Class

Berbeda dengan pipa yang ketebalannya bisa disesuaikan dengan tekanan fluida, flange justru punya keterbatasan pada sisi pembuatannya. Itulah mengapa komponen ini dikelompokkan menjadi beberapa kelas yang didasarkan pada kemampuannya terhadap suhu dantekanan.

Dalam jenis ini, flange akan terbagi menjadi kelas 150, 300, 600, 900, 1500, dan 2500. Penerapan sistem kelas ini bertujuan sebagai petunjuk terhadap tekanan yang dapat diaplikasikan. Biasanya penulisan angka ini juga memakai akhiran “#”, “class”, atau “Ib”. Penggunaan akhiran ini bisa berbeda berdasarkan vendor atau wilayahnya.Contohnya suhu kamar yang memiliki tekanan fluida sampai 20 bar, bisa memakai flange kelas 150#.

 Baca Juga : Proses dan Cara Pembuatan Minyak Kelapa Sawit

2.Jenis Flange ANSI (American National Standart Institute)

Untuk jenis flange ANSI, kita bisa membedakan masing-masing berdasarkan bentuk atau desain serta fungsinya. Jenis flange ANSI antara lain sebagai berikut:

a. Flange Tipe Threaded

npt flange threaded pipe

Sekilas, jenis flange pipa ini terlihat mirip dengan gasket. Padahal sebenarnya ini adalah flange dengan tipe ulir yang dipakai untuk menyatukan beberapa komponen menjadi suatu kesatuan. Umumnya flange tipe Threaded sering digunakan untuk meyambungkan pipa yang dibuat dari bahan dengan ketebalan besar, seperti pipa gas bertekanan tinggi.

b. Flange Tipe Weldneck (Weldingnek)

welding neck flange

Tipe flange ini dinamakan demikian karena bentuknya yang memiliki leher mengerucut dan mengecil pada bagian ujungnya. Bagian ujung berukuran kecil itulah yang mampu mengakomodasi selang atau pipa dalam ukuran serupa dengan mudah. Seperti tipe threaded, flange ini juga sering dipakai untuk pipa gas bertekanan tinggi.

c. Flange Tipe Slip-on dan Lap Joint

slip on and lap joint flange

Kalau hanya dilihat sekilas, kedua jenis flange ini tampak memiliki bentuk yang mirip. Tidak hanya itu, jenis flange tipe slip-on dan lap joint ternyata juga punya fungsi serupa, yakni menyambungkan pipa utama dengan komponen lain agar tidak menimbulkan celah antara sambungan pipa yang satu dengan lainnya. Selalu ingat bahwa kebocoran seperti apapun dapat memberi dampak yang sangat merugikan. Jadi, pastikan untuk selalu berhati-hati.

d. Flange Tipe Blind

blind flange

Tipe flange ini dinamakan demikian karena posisinya yang menjadi penghalang terakhir dari pipa. Artinya, bagian ini dapat memblokir aliran fluida sehingga menjadikannya saluran terakhir. Namun, bagian ini cukup rentan ketimbang flange lainnya.

e. Flange Tipe Soket

socket weld flange

Kemudian ada flange tipe soket. Jenis flange pipa ini padadasarnya agak mirip dengan slip on. Hanya saja pada bagian terluarnya terdapatsuatu penahan sehingga pipa yang dimasukkan ke dalamnya tidak bisa tembus.

f. Reducing Flange

Terakhir adalah reducing flange. Jenis flange ANSI ini berfungsi untuk menyambungkan beberapa pipa yang mempunyai diameter berbeda.

reducing flange

Standar Penggunaan Flange

Setiap penggunaan komponen mesin harus menyesuaikan dengan standar yang berlaku. Sayangnya Indonesia belum masih belum mempunyai standarnya tersendiri. Meski begitu, Anda masih bisa memakai satandar flange yang selama ini menjadi patokan industri tanah air, yakni flange JIS dan ANSI.

Baca Juga : Perbedaan Jenis Flange JIS dan ANSI

Sesuai namanya, flange JIS (Japanese Industrial Standards) merupakan standar yang berlaku di Jepang. Jenis flange yang menerapkan standar ini antara lain Weldneck, Slip On, dan Blind Sementara flange ANSI (America National Standards Institute) ialah standar yang berlaku di negara Amerika. Untuk jenisnya, flange ANSI terdiri dari Slip On, Blind, WeldNeck, Threaded, Lap Joint, dan Socket Weld.

Sebenarnya standar JIS dan ANSI tidak berbeda jauh. Hanya saja cakupan ANSI jauh lebih luas dan lengkap dibanding JIS. Selainitu, kalau berbicara soal kekuatannya, ANSI bisa dikatakan sebagai yang paling unggul. Sebab standar ini telah banyak dipercaya pada skala internasional dan diikuti banyak negara.

Perbedaan lain terdapat pada kelas tekanannya. Flange JIS menghadirkan kelas tekanan yang dimulai dari JIS 5K, JIS 10K, JIS15K, dan JIS 20K. Sedangkan kelas tekanan ANSI dimulai dari ANSI 150, ANSI 300,ANSI 400, ANSI 600, ANSI 900, ANSI 1500 dan ANSI 2500.

Itulah penjelasan mengenai apa itu flange danjenis flange pipa. Adakah jenis flange pipa yang berhasil memikat Anda?

Kabar baiknya, Alvindo menyediakan beragam produk flange yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Silakan kunjungi website kami di alvindocs.com untuk menemukan flange yang paling sesuai keperluan Anda.

 

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

06
.
09
.
22

Tabel Nominal Ukuran Pipa dan Schedule Pipa

Nominal pipe size atau Diameter Nominal merupakan metode untuk memberi nama pipa berdasarkan ukuran diameter pipa

05
.
09
.
22

Nama Arah Tegangan dalam Pipa

Beberapa arah tegangan yang perlu diketahui yaitu longitudinal, hoop, radial axial, lateral, shear dan torsi Stress