2023-11-22

Profesi Plumber, Kualifikasi dan Prospek Karir di Masa Depan

Daftar isi

Tutup

Saat Anda membuka keran air untuk minum, menyalakan shower untuk mandi di pagi hari, atau membuang limbah ke toilet, Anda mungkin jarang berpikir tentang mereka yang membuat hak-hal tersebut dapat bekerja dalam mengalirkan air dan mengontrol limbah sehari-hari. Namun, dibalik kenyamanan itu semua, ada seorang profesional yang bekerja untuk memastikan sistem pipa dan sanitasi berjalan dengan lancar.

Baca Juga : Pengertian dan Rangkaian Pekerjaan Fitter

Mereka adalah plumber, ahli dalam instalasi, perbaikan, dan pemeliharaan sistem pipa air dan sanitasi. Untuk lebih mengenal tenang profesi plumber, artikel ini akan membahas peran penting plumber, kualifikasi yang dibutuhkan, jenis-jenis plumber, peralatan yang digunakan, dan kisaran gaji dalam profesinya.

Deskripsi dan Peran Plumber

Plumber adalah para ahli dalam merancang, memasang, memelihara, dan memperbaiki sistem pipa air dan sanitasi. Mereka bertanggung jawab untuk memastikan aliran air bersih yang aman dan efisien masuk ke rumah, gedung komersial, industri, dan tempat-tempat lain. Tugas utama seorang plumber meliputi:

  • Memasang dan merawat sistem pipa air bersih dan kotor.
  • Merawat sistem saluran air limbah dan sanitasi.
  • Memasang peralatan sanitasi, seperti toilet, wastafel, dan bak mandi.
  • Menganalisis, mengidentifikasi, dan memperbaiki kebocoran atau kerusakan pada pipa.
  • Merancang sistem pipa untuk bangunan baru atau renovasi.

Baca Juga : Welding Inspector : Peran Tanggung Jawab, Gaji, dan Syarat

Kualifikasi dan Pelatihan Profesi Plumber

Untuk menjadi seorang plumber yang sukses, seseorang harus mengikuti pelatihan dan memenuhi persyaratan tertentu. Biasanya, langkah-langkah menuju menjadi seorang plumber melibatkan beberapa tahap berikut:

Pendidikan Formal

Sebagian besar plumber memulai pendidikan formal dalam bidang plumbing di sekolah khusus atau lembaga pelatihan. Program-program ini dapat memberikan pemahaman yang kokoh dan mendalam tentang konsep plumbing dan bagaimana plumbing diaplikasikan.

Pelatihan Praktis

Setelah pendidikan formal, seorang calon plumber dapat mengikuti pelatihan praktis di bawah bimbingan seorang profesional berpengalaman. Tahap ini memungkinkan mereka untuk memahami pekerjaan karena bisa terjun langsung dan mempraktekkannya di lapangan.

Sertifikasi

Banyak negara atau wilayah mengharuskan plumber untuk mendapatkan sertifikasi resmi. Sertifikasi ini dapat diperoleh melalui ujian sertifikasi yang menguji pengetahuan dan keterampilan mereka. Jika lolos, maka plumber berhak mendapatkan sertifikat sebagai plumber profesional.

Lisensi

Beberapa wilayah juga mengharuskan plumber untuk memiliki lisensi yang memungkinkan mereka untuk bekerja secara legal. Untuk mendapatkan lisensi, seorang plumber harus memenuhi syarat dan menjalani pemeriksaan.

Baca Juga : Peran Welder Serta Kualifikasi, Tips hingga Kisaran Gaji

Jenis-jenis Plumber

Ada beberapa jenis plumber, dan peran serta tanggung jawab mereka dapat bervariasi tergantung pada spesialisasi. Beberapa jenis plumber yang umum meliputi:

  1. Plumber Perumahan: Fokus pada instalasi dan perbaikan sistem plumbing dalam rumah-rumah maupun apartemen.
  2. Plumber Komersial: Bertanggung jawab untuk mengelola sistem plumbing di gedung-gedung komersial, seperti perkantoran, restoran, dan pusat perbelanjaan.
  3. Plumber Industri: Bekerja di sektor industri dan mengurus sistem plumbing di pabrik-pabrik dan fasilitas industri lainnya.
  4. Plumber Layanan Darurat: Tersedia 24/7 untuk menangani perbaikan mendesak seperti kebocoran besar atau masalah saluran tersumbat.

Peralatan dan Alat yang Dibutuhkan Plumber

Plumber mengandalkan beragam peralatan dan alat untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Mulai dari termasuk pipa (seperti pipa PVC, tembaga, dan cast iron), fitting, valve, alat pemotong pipa, alat las, alat pengukur tekanan, dan banyak lagi. Oleh karena itu, setiap plumber harus memahami juga kinerja dan cara memasang masing-masing alat yang digunakan.

Baca Juga : Jenis APD Untuk Pekerja Konstruksi

Mereka juga menggunakan peralatan perlindungan diri seperti helm, kacamata pelindung, dan sarung tangan untuk menjaga mereka dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kisaran Gaji Plumber

Gaji seorang plumber dapat bervariasi berdasarkan pengalaman, lokasi geografis, dan jenis pekerjaan. Secara umum, plumber memiliki penghasilan yang stabil. Gaji mereka bisa menjadi sangat menguntungkan, terutama bagi yang memiliki sertifikasi dan pengalaman yang tinggi. Berdasarkan data dari Faraday, gaji seorang plumber di Amerika Serikat berkisar antara $36,700 hingga $59,880 per tahun. Menurut data dari Payscale, rata-rata gaji seorang plumber di Indonesia adalah sekitar Rp 4,5 juta per bulan. Namun, ini hanya perkiraan dan dapat berbeda tergantung pada faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya.

Profesi plumber memainkan peran penting dalam menjaga sistem pipa dan sanitasi berjalan dengan lancar. Dengan kualifikasi yang tepat, pelatihan, dan dedikasi, seorang plumber dapat menjadi ahli di bidangnya dan memberikan kontribusi yang sangat berarti dalam masyarakat.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
22
.
05
.
24

Heat Exchanger : Definisi, Prinsip Kerja, dan Konfigurasi

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi sebuah sistem adalah bagaimana memindahkan panas dari satu medium ke medium lain tanpa mencampurkan fluida yang terlibat, serta menjaga integritas sistem dan kualitas produk. Lalu, bagaimana heat exchange bekerja? Yuk, simak penjelasan selengkapnya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
22
.
05
.
24

Aktuator Hidrolik: Solusi Terbaik untuk Kontrol Gerakan dalam Konstruksi, dan Industri Lainnya

Sistem mekanis tradisional atau manual sering kali sulit dalam menghasilkan tenaga dan daya tanggap yang dibutuhkan. Di sinilah peran aktuator dibutuhkan sebagai solusi untuk berbagai tantangan kontrol gerak.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
20
.
05
.
24

Safety Valve: Definisi, Fungsi dan Prinsip Kerja dalam Melindungi Sistem dari Overpressure

Dengan kemampuannya untuk mengontrol tekanan dan memastikan pelepasan gas atau fluida berbahaya saat mencapai level yang berpotensi membahayakan, safety valve bukan hanya sekadar komponen untuk menjaga keamanan sistem industri.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
20
.
05
.
24

Pentingnya Process and Instrumentation Diagram (P&ID) sebagai Alat Visualisasi dalam Industri

Selain gambaran teknis, P&ID memberikan representasi grafis yang jelas tentang hubungan antar-elemen dalam sistem. Sehingga sangat membantu para profesional atau pekerja proyek untuk memahami, merancang, dan mengelola proses industri dengan lebih efisien.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
20
.
05
.
24

Mengenal Mesin Bubut: Definisi, Aplikasi, dan Teknik Pembubutan

Aplikasi mesin bubut melibatkan banya industri, termasuk otomotif, kedirgantaraan, dan elektronik. Mari pahami prinsip kerja mesin bubut, jenis-jenis mesin bubut yang umum digunakan, dan teknik pembubutan seperti facing, turning, thread cutting, dan lainnya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
20
.
05
.
24

Menelusuri Ragam Jenis Plat Besi dan Keunggulannya dalam Proyek Konstruksi

Mengeksplorasi berbagai jenis plat besi beserta karakteristiknya, seperti plat hitam untuk konstruksi, plat besi kembang untuk desain estetika, plat besi bordes untuk daya cengkram, plat kapal untuk industri maritim, dan plat besi strip yang tipis dan fleksibel.