2023-05-25

Welding Inspector : Peran Tanggung Jawab, Gaji, dan Syarat

Daftar isi

Tutup

Pengelasan merupakan salah satu proses penting dalam pembangunan rangkaian atau komponen di lokasi konstruksi. Pengelasan yang tidak terkendali dapat mengakibatkan banyak masalah. Mulai dari kerusakan struktural, kecelakaan kerja, bahkan membahayakan keselamatan dan kesehatan pekerja di lokasi konstruksi.

Baca Juga : Pengertian Welding hingga Teknik yang Digunakan

Oleh karena itu, seorang welding Inspector dibutuhkan untuk memastikan bahwa proses pengelasan dilakukan dengan benar serta sesuai dengan standar dan keamanan yang ditetapkan. Lalu, apa saja tugas atau peran dan tanggung jawab welding inspector? Simak penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Pengertian Welding Inspector

Welding inspector adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua proses pengelasan yang dilakukan di lokasi konstruksi ataupun pabrik berjalan dengan baik dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Bisa dibilang, memeriksa dan memastikan kualitas pengelasan dan bahan yang digunakan dalam pembuatan suatu produk atau konstruksi merupakan tugas utama dari welding inspector.

Baca Juga : Peran Welder Serta Kualifikasi, Tips hingga Kisaran Gaji

Seorang welding inspector harus memiliki pengetahuan yang luas terkait pengelasan. Mulai dari jenis-jenis pengelasan, teknik-teknik pengelasan, hingga material yang digunakan pada saat pengelasan. Mereka juga harus memahami standar dan regulasi yang berlaku di industri pengelasan, seperti American Welding Society (AWS), American Society of Mechanical Engineers (ASME), atau International Organization for Standardization (ISO).

Peran dan Tanggung Jawab Welding Inspector

Beberapa peran dan tanggung jawab utama seorang Welding Inspector dalam proyek konstruksi antara lain:

1. Memastikan Kepatuhan Standar dan Spesifikasi

Seorang welding inspector bertanggung jawab untuk memastikan bahwa pengelasan yang dilakukan sesuai dengan standar dan spesifikasi yang telah ditentukan. Oleh karena itu, welding inspector harus memahami spesifikasi pengelasan dan dapat mengidentifikasi jika ada pelanggaran atau kegagalan yang terjadi dalam proses pengelasan.

2. Memeriksa Kualitas Pengelasan

Welding inspector harus bisa dengan teliti memeriksa kualitas dan memastikan proses pengelasan telah dilakukan dengan benar dan aman dari segi kekuatan, kekokohan, dan tampilan pengelasan. Inspeksi visual juga diperlukan untuk menjamin tidak ada cacat seperti celah, retak, dan porositas atau kekurangan pada pengelasan.

3. Mengelola Dokumentasi

Keahlian dalam mengelola dokumentasi diperlukan welding inspector seperti dokumen spesifikasi pengelasan, laporan inspeksi, dan sertifikat pengelasan.

4. Mengikuti Standar Etika dan Profesionalisme

Welding inspector harus mengikuti standar etika dan profesionalisme yang berlaku dalam industri pengelasan demi menjaga integritas dan objektivitas dalam melaksanakan tugas dan bertindak dengan profesionalisme dan kejujuran.

Persyaratan Menjadi Welding Inspector

Secara umum, seorang welding inspector harus memiliki kemampuan analisis dan evaluasi yang baik. Sebab, mereka harus mampu mengidentifikasi dan memecahkan masalah yang mungkin muncul pada saat proses pengelasan, serta memberikan rekomendasi atau solusi untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi pengelasan.

Baca Juga : 4 Cara dan Proses Pembuatan Pipa Besi

Selain itu, profesi welding inspector juga membutuhkan kemampuan membaca dan memahami rencana desain, spesifikasi teknis, dan dokumen-dokumen lain yang terkait dengan proyek pengelasan. Biasanya, dokumen-dokumen tersebut ditulis dalam bahasa Inggris. Jadi, kemampuan berbahasa Inggris juga bisa termasuk dalam persyaratan menjadi welding inspector. Karena bekerja dalam lingkungan yang menuntut ketelitian dan akurasi, welding inspector harus cakap dalam berkomunikasi dengan tim proyek, ataupun pihak-pihak terkait lainnya karena profesi ini sangat mementingkan keselamatan dan kesehatan kerja.

Sedangkan secara teknis, welding inspector biasanya membutuhkan pendidikan formal di bidang teknik, seperti teknik mesin atau teknik metalurgi. Pelatihan khusus terkait pengelasan dan inspeksi pengelasan juga sangat diperlukan agar keahlian dalam menjadi welding inspector dapat dibuktikan dengan terbitnya sertifikasi dari pelatihan yang diikuti. Sertifikasi menunjukkan bahwa seseorang telah memenuhi persyaratan pendidikan, pelatihan, dan pengalaman kerja yang telah ditentukan dan dapat diandalkan untuk melakukan inspeksi pengelasan yang aman dan berkualitas.

Baca Juga : Pengertian dan Rangkaian Pekerjaan Fitter

Keterampilan teknis lainnya yaitu pengetahuan teknis yang baik tentang jenis-jenis pengelasan, teknik-teknik pengelasan, bahan-bahan yang digunakan dalam pengelasan, dan alat-alat inspeksi yang digunakan dalam pengelasan. Mereka juga harus memahami standar dan regulasi yang berlaku di industri pengelasan.

Peluang bagi Welding Inspector

Seiring berjalannya waktu, banyak peluang pekerjaan terbuka bagi seorang welding inspector. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor meliputi:

1. Permintaan Pasar yang Tinggi

Permintaan akan jasa pengelasan dan inspeksi pengelasan terus meningkat seiring dengan berkembangnya industri dan konstruksi. Sehingga menjadi peluang yang baik bagi welding inspector untuk memperoleh pekerjaan dengan bayaran yang sesuai.

2. Perkembangan Teknologi Pengelasan

Perkembangan teknologi pengelasan juga memberikan peluang bagi welding inspector untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensinya dalam memahami dan menerapkan teknologi pengelasan terbaru. Welding inspector yang kompeten dalam teknologi pengelasan modern dianggap memiliki nilai lebih dan bisa memperoleh peluang kerja yang lebih baik.

3. Sertifikasi dan Pengakuan Profesional

Sertifikasi dan pengakuan profesional dari lembaga-lembaga seperti American Welding Society (AWS) dan International Welding Engineer (IWE) turut memberikan peluang bagi welding inspector untuk meningkatkan kredibilitas dan nilai profesionalnya.

Secara keseluruhan, peran welding inspector dalam industri pengelasan sangat penting dan menjanjikan. Namun, tantangan seperti kesehatan dan keselamatan kerja, perkembangan teknologi, dan kemampuan komunikasi yang baik tetap menjadi hal yang harus diatasi dan diperbaiki oleh seorang welding inspector.

Kesimpulannya, menjadi welding inspector membutuhkan komitmen dan kerja keras, namun profesi ini menawarkan peluang dan pengalaman yang menarik serta memberikan dampak positif bagi industri pengelasan secara keseluruhan.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Memahami Cara Kerja Flow Meter dan Pentingnya Mengukur Aliran pada Sistem

Pentingnya memastikan kuantitas setiap fluida akurat di seluruh proses kerja, dari awal hingga akhir secara berkala untuk memastikan seluruh proses kerja seperti perpindahan cairan dan pengendalian fluida berfungsi secara akurat, lancar, dan aman. Bisa dilakukan menggunakan Flow Meter.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Mengoptimalkan Efisiensi Jaringan Perpipaan dengan Smart Pipeline

Smart Pipeline bisa dibilang merupakan sebuah lompatan kemajuan yang signifikan dalam inovasi terkait pengangkutan dan pendistribusian sumber daya yang penting. Kombinasi sensor dan analisis data tidak dapat dipungkiri bisa meningkatkan keamanan dan efisiensi.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Meningkatkan Efisiensi dan Keberlanjutan Industri melalui Rehabilitasi Pipa

Seperti halnya infrastruktur lainnya, pipa-pipa industri juga rentan terhadap berbagai masalah dan kerusakan seiring berjalannya waktu. Rehabilitasi pipa bisa menjadi solusinya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Piping abbreviations: Istilah dan Singkatan Penting dalam Sistem Perpipaan

Menggali lebih dalam dunia perpipaan seringkali dihadapkan pada berbagai istilah dan singkatan yang mungkin membingungkan bagi yang belum berpengalaman. ACS telah merangkum beberapa untuk Anda ketahui.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Apa Itu Sistem HVAC dan Apa Saja Manfaat serta Dampaknya?

Meskipun sistem ini telah diaplikasikan secara luas, masih banyak yang belum familiar akan istilah sistem HVAC, terlebih pemahaman yang mendalam tentang komponen-komponen dan fungsinya. Mari kita ulas informasi selengkapnya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Apa Saja 6 Tahapan Proses Pembuatan BBM?

Perlu diketahui bahwa setiap tetes bahan bakar yang kita gunakan melalui kendaraan atau peralatan listrik telah menjalani serangkaian proses yang kompleks. Apa saja prosesnya?