2023-12-28

Mengenal NPT (National Pipe Thread) Beserta Ukurannya

Daftar isi

Tutup

Thread atau ulir adalah metode sambung pipa yang ada di setiap komponen besar seperti valve, dan flange. Metode sambungan thread memiliki standarnya tersendiri yaitu NPT atau National Pipe Thread.

NPT menjadi penting, karena infrastruktur dan sistem perpipaan yang ada di banyak industri, membutuhkan sambungan pipa yang aman untuk menjaga kelancaran pengoperasian sistem.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi tentang National Pipe Thread, merinci karakteristik desainnya, dan menggali aplikasi praktisnya dalam berbagai sektor industri.

Baca Juga: Pilihan Brand Fitting Pipa di Indonesia

Apa itu NPT atau National Pipe Thread

Sambungan thread/ulir/drat yang digunakan dalam sistem perpipaan memiliki standar khusus yang umumnya digunakan Amerika Serikat dan Kanada, standar tersebut adalah NPT atau National Pipe Thread.

Design NPT memiliki betuk drat meruncing, yang menawarkan segel lebih kuat daripada thread lurus. NPT memiliki ulir male dan female. Nantinya, kedua ulir akan mengunci sehingga menghasilkan segel yang rapat.

Melansir cpcworldwide.com, standar ini diprakarsai oleh William asal Amerika Serikat pada tahun 1864. Design sudut ulirnya 60 derajat dan pada saat itu banyak digunakan oleh pembuat jam di Amerika, yang juga memicu terjadinya Revolusi Industri Amerika.

Setelah revolusi tersebut, desain ulir ini kemudian menjadi Standar Nasional Amerika yang kita ketahui sekarang sebagai NPT.

Standar Ukuran NPT

Tidak hanya NPT, terdapat standar lain untuk ulir/drat pipa, seperti BSP, dan NPS. Dalam NPT sendiri, ukuran ulir pipa didasarkan pada diameter dalam (ID) atau ukuran aliran. Misalnya, “1–14 NPT” mengidentifikasi ulir pipa dengan diameter dalam nominal 1 inci dan 14 ulir per inci.

NPT sizing chart mencakup data untuk ulir pipa eksternal dan internal. Ukuran yang umum digunakan meliputi: 1/8, ¼, 3/8, ½, ¾, 1, 1 ¼, 1½, dan 2 inci. Ukuran lebih dari 2 inci jarang ditemukan pada NPT thread karena umumnya ukuran tersebut menggunakan metode penyambungan lain, bukan ulir.

Baca Juga: Sistem Perpipaan Pada Oil dan Gas

Pengaplikasian NPT Thread

Pada awalnya, NPT thread dirancang untuk pipa air (60 psi), bukan sistem hidrolik. Namun, seiring berjalannya waktu, NPT thread telah digunakan dalam sistem hidrolik selama bertahun-tahun.

Sebab, pipa ulir secara umum tidak direkomendasikan untuk aplikasi bertekanan tinggi karena cenderung lebih sering bocor dibandingkan jenis sambungan lainnya.

Oleh karena itu, NPT memerlukan tambahan semacam sealant yang dipasang pada ulir sebelum perakitan.

Saat ini, NPT paling umum digunakan dalam aplikasi transportasi hidrolik, plumbing, hingga gas. NPT thread awalnya terbuat dari bahan seperti kuningan dan baja, namun kini juga dibuat dari bahan seperti PVC, bronze, dan cast iron.

Baca Juga: Apa Itu Flange dan Jenis-Jenis Flange Pipa Besi

Keunggulan dan Kelemahan NPT Thread

Sama seperti metode sambungan pada umumnya, NPT thread juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing untuk diaplikasikan dalam sistem perpipaan.

Keuntungan NPT Thread

  • Pemasangan dan pelepasan dapat dilakukan secara manual tanpa alat khusus
  • Desain ulir yang runcing membantu meningkatkan ketahanan terhadap getaran
  • Dapat digunakan dalam berbagai aplikasi industri, terutama hidrolik
  • Perawatannya minim dan dapat bertahan lama jika digunakan dengan benar.

Kekurangan NPT Thread

  • Meskipun NPT dirancang untuk memberikan penyegelan yang kuat, kemungkinan kebocoran masih ada, terutama pada tekanan tinggi atau dalam situasi di mana fluida yang dikandung bersifat korosif.
  • Kurang cocok untuk aplikasi yang ber tekanan tinggi
  • Untuk beberapa jenis fluida, seperti cairan yang sangat korosif atau bahan kimia tertentu, NPT mungkin tidak menjadi pilihan yang optimal

National Pipe Thread (NPT) Thread tetap menjadi salah satu standar yang paling umum digunakan dalam sistem perpipaan di berbagai sektor industri.

Kelebihannya membuat NPT thread tetap menjadi pilihan yang sangat berguna dalam berbagai aplikasi.

Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa NPT memiliki keterbatasan yang disebutkan di atas.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Pipa Seamless

Oleh karena itu, pemilihan dan pemahaman yang terhadap kondisi aplikasi sangat penting untuk memastikan kinerja sambungan yang optimal.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Memahami Cara Kerja Flow Meter dan Pentingnya Mengukur Aliran pada Sistem

Pentingnya memastikan kuantitas setiap fluida akurat di seluruh proses kerja, dari awal hingga akhir secara berkala untuk memastikan seluruh proses kerja seperti perpindahan cairan dan pengendalian fluida berfungsi secara akurat, lancar, dan aman. Bisa dilakukan menggunakan Flow Meter.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Mengoptimalkan Efisiensi Jaringan Perpipaan dengan Smart Pipeline

Smart Pipeline bisa dibilang merupakan sebuah lompatan kemajuan yang signifikan dalam inovasi terkait pengangkutan dan pendistribusian sumber daya yang penting. Kombinasi sensor dan analisis data tidak dapat dipungkiri bisa meningkatkan keamanan dan efisiensi.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Meningkatkan Efisiensi dan Keberlanjutan Industri melalui Rehabilitasi Pipa

Seperti halnya infrastruktur lainnya, pipa-pipa industri juga rentan terhadap berbagai masalah dan kerusakan seiring berjalannya waktu. Rehabilitasi pipa bisa menjadi solusinya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Piping abbreviations: Istilah dan Singkatan Penting dalam Sistem Perpipaan

Menggali lebih dalam dunia perpipaan seringkali dihadapkan pada berbagai istilah dan singkatan yang mungkin membingungkan bagi yang belum berpengalaman. ACS telah merangkum beberapa untuk Anda ketahui.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Apa Itu Sistem HVAC dan Apa Saja Manfaat serta Dampaknya?

Meskipun sistem ini telah diaplikasikan secara luas, masih banyak yang belum familiar akan istilah sistem HVAC, terlebih pemahaman yang mendalam tentang komponen-komponen dan fungsinya. Mari kita ulas informasi selengkapnya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Apa Saja 6 Tahapan Proses Pembuatan BBM?

Perlu diketahui bahwa setiap tetes bahan bakar yang kita gunakan melalui kendaraan atau peralatan listrik telah menjalani serangkaian proses yang kompleks. Apa saja prosesnya?