2023-10-03

Pilihan Brand Fitting Pipa di Indonesia

Daftar isi

Tutup

Pada rangkaian pipa yang rumit, seringkali muncul sejumlah masalah atau kendala. Misalnya, perubahan arah aliran fluida, lalu penyambungan antara pipa dengan ukuran atau jenis berbeda, ataupun keterbatasan ruang yang ada. Hal-hal tersebut sangatlah wajar, dan bisa diatasi dengan komponen serbaguna yaitu fitting pipa. Tidak hanya dalam sistem perpipaan, sistem plumbing atau ledeng juga bergantung pada fitting pipa saat terjadi kendala serupa.

Fitting pipa ada banyak jenisnya, dan dapat diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok. Fitting pipa paling dikenal di pasaran yaitu dalam jenis forged fittings dan buttweld fittings.

Forged Fittings dan Buttweld Fittings

Forged fittings adalah jenis fitting pipa yang dibuat melalui proses penempaan sehingga menghasilkan produk fitting pipa yang kokoh dan tahan terhadap tekanan dan temperatur tinggi. Forged fittings dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, sesuai dengan fungsinya. Di antaranya; elbow, tee, coupling, cap, olet, bushing, plug, dan union. Tipe sambungan forged fittings ada dua macam yaitu socket weld dan threaded (berulir).

Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh Union Fitting pada Pipa

Sementara itu, buttweld fittings adalah jenis fitting pipa yang disambungkan dengan cara dilas dan terdapat permukaan lancip di ujungnya yang biasa disebut bevel. Jenis buttweld fittings berdasarkan fungsinya antara lain; cap, elbow, reducer, dan tee. Untuk lebih mengenal tentang fungsi dari jenis-jenis fitting pipa secara umum, berikut penjabarannya:

  1. Elbow: mengubah atau membelokkan aliran pada pipa. Terdiri dari tipe elbow 45°, 90°, dan 180°.
  2. Tee: mendistribusikan aliran fluida dari satu pipa utama ke dua pipa cabang.
  3. Cap: menutup ujung pipa yang tidak terpakai.
  4. Reducer: menyambungkan dua pipa dengan ukuran berbeda.
  5. Coupling: menyambung dua pipa yang berukuran sama atau berbeda.
  6. Olet: membuat percabangan baru yang biasanya lebih kecil daripada pipa utama.
  7. Bushing: menghubungkan dua pipa yang memiliki ujung male dan female dengan ukuran berbeda.
  8. Plug: menghentikan aliran fluida dengan cara dimasukkan ke ujung pipa.
  9. Union: menghubungkan dua pipa, khususnya yang berpotensi dibongkar kembali.

Fitting pipa dapat dibeli secara terpisah dan memiliki fungsi yang berbeda sesuai dengan tata letak atau persyaratan aplikasi yang dibutuhkan. Pahami lebih jauh tentang fungsi dari masing-masing jenis fitting pipa di sini.

Baca Juga : Memahami End Cap Fitting: Jenis, Material, dan Harga Saat Ini

Daftar Merk Fitting Pipa Terkenal untuk Sistem Perpipaan

Disarankan untuk memilih fitting pipa yang diproduksi oleh produsen terkemuka agar kualitas yang diberikan lebih terjamin dan produk yang dipilih memiliki masa pakai yang lama. Beberapa rekomendasi merek fitting pipa yang sudah terpercaya kualitas dari produk-produknya antara lain:

GBA Fittings

GBA pada tahun 2008 oleh Alvindo Catur Sentosa dan telah menjadi merek terpercaya saat ini terbukti dengan produk-produknya yang telah tersebar di seluruh Indonesia dan digunakan oleh banyak perusahaan dari berbagai skala dan industri. Salah satu produk unggulan GBA Fittings adalah forged dan buttweld fittings beragam jenis sesuai standard ANSI / ASME B16.11 atau MSS SP-97 untuk forged fittings, dan ASME B16.9 untuk buttweld fittings. Fitting pipa yang diproduksi oleh GBA Fittings di antaranya:

  1. GBA Fitting Elbow 45° & 90°
  2. GBA Fitting O-let (Weldolet/ Socklolet/ Threadolet)
  3. GBA Fitting Coupling (Half Coupling, Full Coupling, Reducer Coupling)
  4. GBA Fitting Plug (Hex Plug, Round Plug, Bull Plug)
  5. GBA Fitting Tee (Tee, Reducer Tee)
  6. GBA Fitting Reducer (Concentric, Eccentric)

Didukung oleh produsen yang telah dipercaya oleh banyak merek-merek besar dengan akumulasi pengalaman lebih dari 50 tahun GBA fittings diharapkan dapat senantiasa memenuhi kebutuhan fitting pipa di pasaran dan bisa menjadi solusi fitting pipa berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga : Coupling Pipa Besi di Industri: Fungsi, Jenis, dan Aplikasinya

IML Fittings

IML (Industria Meccanica Ligure) didirikan pada tahun 1913 di Genoa, sebuah kota di negara Italia, sebagai stockist dan machinist produk baut untuk industri perkapalan dan petrokimia. Kemudian, IML merambah produksi forged fittings pertama di Eropa dengan cakupan material carbon, alloy steel, dan stainless steel terhitung sejak akhir dari perang dunia ke-2 dan berkembang melayani kebutuhan di sektor industri migas, kimia, hingga nuklir.

Baca Juga : Apa itu Elbow pada Sistem Pipa?

IML terus berinovasi meningkatkan produk-produk mereka dengan menggunakan mesin-mesin canggih dan modern yang dapat menghasilkan forged fittings kapasitas besar dan kualitas lebih baik. Salah satu spesialisasi IML Forged Fitting adalah fitting besi high-pressure sesuai standard ANSI / ASME B16.11 atau MSS SP-97. Forged fittings yang diproduksi oleh IML di antaranya:

  1. IML Fitting Elbow 45° & 90°
  2. IML Fitting O-let (Weldolet/ Socklolet/ Threadolet)
  3. IML Fitting Coupling (Half Coupling, Full Coupling, Reducer Coupling)
  4. IML Fitting Plug (Hex Plug, Round Plug, Bull Plug)
  5. IML Fitting Tee (Tee, Reducer Tee)

Alvindo Catur Sentosa telah menjadi mitra resmi IML sebagai distributor terpercaya produk forged fitting IML yang original dan dilengkapi sertifikat, dengan harga yang kompetitif. Produk forged fittings IML yang tersedia di ACS antara lain; elbow, tee, coupling, olet dan plug.

Baca Juga : Reducer : Definisi, Fungsi dan Perbedaan Eccentric dan Concentric

Both-well Fittings

Both-well Fittings, berasal dari Kaohsiung, Taiwan yang telah berpengalaman lebih dari 30 tahun sebagai produsen pipa fitting bertekanan tinggi. Both-well fittings telah tersertifikasi ISO 9001 sejak tahun 1993, kemudian tersertifikasi oleh sistem manajemen kualitas internasional.

Baca Juga : Half Coupling: Fungsi, Spesifikasi, dan Aplikasi di Industri

Both-well telah mengantongi standar dan kualitas fitting yang diproduksi dari fasilitas berteknologi tinggi dan proses terbaik, sehingga produk-produknya diterima oleh banyak perusahaan minyak dan gas dunia, contohnya Saudi Aramco.

Baca Juga : Mengenal Weldolet Lebih Dalam Serta Cara Memilih dan Pemasangan

Selain itu, pada tahun 2013, Both-well menjadi produsen fitting pertama yang mendapatkan sertifikasi dari Japan Quality Association dan mendapatkan label JIS B2316. Berkat kualitas yang baik, Both-well telah banyak terdaftar di Approved Vendor List/Approved Manufacturer List (AML) dari berbagai perusahaan. Produk-produk fitting pipa yang diproduksi oleh Both-well antara lain:

  1. Both-well Elbow Fittings 90°, dan 45°
  2. Both-well Coupling Fittings
  3. Both-well Cap Fittings
  4. Both-well Plug Fittings
  5. Both-well Union Fittings

Anda juga bisa mendapatkan produk-produk terbaik Both-well forged fittings di Alvindo Catur Sentosa, sebagai distributor resmi fitting pipa yang diproduksi oleh Both-well. Fitting pipa dari Both-well yang tersedia di ACS di antaranya; elbow, coupling, cap, plug, dan union yang  dijamin original dalam berbagai ukuran dan pressure rating.

M.E.G.A. S.p.A

M.E.G.A. S.p.A telah berpengalaman merancang dan membuat forged fittings berbahan besi (ferrous) dan non-besi sesuai dengan standar internasional selama lebih dari 50 tahun. Hingga saat ini, M.E.G.A. S.p.A telah diakui sebagai salah satu perusahaan manufaktur forged fittings yang terkemuka dan terpercaya di Italia bahkan di dunia yang menghadirkan fitting pipa ke berbagai sektor industri, mulai dari industri minyak dan gas, pembangkit listrik konvensional, nuclear fittings, instalasi bawah laut dan lepas pantai, hingga chemical fittings.

Baca Juga : Mengenal Reducer Coupling, Satu Komponen untuk Dua Diameter Berbeda

Produk terbaik M.E.G.A. S.p.A forged fittings dapat Anda temukan dengan standar ASME B16.11, di antaranya:

  1. M.E.G.A. Fitting O-let (Weldolet/ Socklolet/ Threadolet)
  2. M.E.G.A. Fitting Coupling (Half Coupling, Full Coupling, Reducer Coupling)
  3. M.E.G.A. Fitting Plug (Hex Plug, Round Plug, Bull Plug)
  4. M.E.G.A. Fitting Tee (Tee, Reducer Tee)
  5. M.E.G.A. Fitting Bushing
  6. M.E.G.A. Fitting Cap
  7. M.E.G.A. Fitting Union
  8. M.E.G.A. Fitting Elbow 45° & 90°

Dapatkan produk terbaik M.E.G.A. S.p.A forged fittings di Alvindo Catur Sentosa yang dijamin original dalam berbagai spesifikasi, dilengkapi sertifikat, dengan harga yang kompetitif. Produk forged fittings M.E.G.A. S.p.A yang tersedia di ACS antara lain; tee, coupling, cap, bushing, union, olet, dan plug.

ASK Awaji

ASK Awaji atau Awaji Materia adalah salah satu produsen fitting pipa yang didirikan di Jepang sejak 1944. ASK Awaji dikenal karena produk fitting pipa berkualitas dengan tingkat kepresisian yang tinggi dan cocok digunakan di berbagai industri, mulai dari konstruksi sipil, refinery, pabrik kimia dan sebagainya. Sejak tahun 1987, Awaji Materia berekspansi dengan membangun fasilitas produksi di Bangkok, Thailand dengan produk utama yang diproduksi berupa pipa fitting carbon steel dan stainless steel.

Baca Juga : Reducer Tee dalam Pipa: Definisi, Spesifikasi, Harga, dan Aplikasi Industri

Produk terbaik M.E.G.A. S.p.A forged fittings dapat Anda temukan dengan standar ASME B16.9, di antaranya:

  1. ASK Awaji Cap
  2. ASK Awaji Elbow 45°, 90°, dan 180°
  3. ASK Awaji Reducer (Concentric dan Eccentric)
  4. ASK Awaji Tee (Equal Tee dan Reducer Tee)

ASK Awaji, merek fitting pipa dengan reputasi mutu tinggi yang selalu berkomitmen terhadap kualitas dan inovasi dan keberlanjutan lingkungan telah berhasil membawa ASK Awaji untuk mendapatkan kepercayaan global. Produk fitting pipa ASK Awaji yang tersedia di ACS antara lain; tee, cap, elbow, dan reducer.

Baca Juga : Jenis Jenis Sambungan Pipa

Pastikan Anda memilih fitting pipa yang paling tepat untuk sistem perpipaan Anda dari IML, Both-well, GBA Fittings, M.E.G.A., maupun ASK Awaji. Semua merek tersebut telah dibuat dengan teknologi modern dan senantiasa mengikuti perkembangan dalam industri perpipaan di dunia.

Temukan produk fitting pipa merek terpercaya di ACS dengan cara membeli langsung melalui official store ACS di Tokopedia, maupun melalui admin sales untuk mendapatkan penawaran terbaik. Dapatkan solusi  kebutuhan fitting pipa terbaik dan terpercaya untuk sistem perpipaan Anda selengkapnya hanya di ACS.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
22
.
05
.
24

Heat Exchanger : Definisi, Prinsip Kerja, dan Konfigurasi

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi sebuah sistem adalah bagaimana memindahkan panas dari satu medium ke medium lain tanpa mencampurkan fluida yang terlibat, serta menjaga integritas sistem dan kualitas produk. Lalu, bagaimana heat exchange bekerja? Yuk, simak penjelasan selengkapnya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
22
.
05
.
24

Aktuator Hidrolik: Solusi Terbaik untuk Kontrol Gerakan dalam Konstruksi, dan Industri Lainnya

Sistem mekanis tradisional atau manual sering kali sulit dalam menghasilkan tenaga dan daya tanggap yang dibutuhkan. Di sinilah peran aktuator dibutuhkan sebagai solusi untuk berbagai tantangan kontrol gerak.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
20
.
05
.
24

Safety Valve: Definisi, Fungsi dan Prinsip Kerja dalam Melindungi Sistem dari Overpressure

Dengan kemampuannya untuk mengontrol tekanan dan memastikan pelepasan gas atau fluida berbahaya saat mencapai level yang berpotensi membahayakan, safety valve bukan hanya sekadar komponen untuk menjaga keamanan sistem industri.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
20
.
05
.
24

Pentingnya Process and Instrumentation Diagram (P&ID) sebagai Alat Visualisasi dalam Industri

Selain gambaran teknis, P&ID memberikan representasi grafis yang jelas tentang hubungan antar-elemen dalam sistem. Sehingga sangat membantu para profesional atau pekerja proyek untuk memahami, merancang, dan mengelola proses industri dengan lebih efisien.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
20
.
05
.
24

Mengenal Mesin Bubut: Definisi, Aplikasi, dan Teknik Pembubutan

Aplikasi mesin bubut melibatkan banya industri, termasuk otomotif, kedirgantaraan, dan elektronik. Mari pahami prinsip kerja mesin bubut, jenis-jenis mesin bubut yang umum digunakan, dan teknik pembubutan seperti facing, turning, thread cutting, dan lainnya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
20
.
05
.
24

Menelusuri Ragam Jenis Plat Besi dan Keunggulannya dalam Proyek Konstruksi

Mengeksplorasi berbagai jenis plat besi beserta karakteristiknya, seperti plat hitam untuk konstruksi, plat besi kembang untuk desain estetika, plat besi bordes untuk daya cengkram, plat kapal untuk industri maritim, dan plat besi strip yang tipis dan fleksibel.