22
.
08
.
22

Flange Standard ANSI - Tabel Flange Pipa Ansi 150 dan 300

Daftar isi

Tutup

Flange Dalam Sistem Pemipaan

Dalam sistem pemipaan, terdapat beberapa komponen yang saling berkesinambungan untuk melancarkan proses kerja. Salah satunya adalah flange. Tanpa adanya komponen ini, pekerjaan industri tidak dapat berjalan dengan semestinya. Lantas, apa itu flange dan mengapa itu dianggap sangat penting pada sistem pemipaan?

Pada artikel ini, kami akan membahas mengenai apa itu flange beserta dengan standar lingkarannya yaitu ANSI. Karena standar tersebut akan memengaruhi penerapan flange sesuai kebutuhan Anda. Mari simak penjelasannya dalam artikel ini.

Apa Itu Flange?

Flange merupakan suatu komponen yang digunakan untuk menggabungkan dua elemen pipa dengan valve atau equipment lain. Setelah itu, gabungan beberapa komponen tersebut akan disatukan dengan menggunakan baut sebagai perekatnya. Nantinya, seluruh elemen tadi akan menjadi sebuah kesatuan utuh.

Jadi, bisa disimpulkan kalau fungsi flange adalah untuk menggabungkan dua partisi menjadi satu sehingga mempermudah pemakaiannya. Penggunaan flange juga dimaksudkan untuk menambah efektivitas dan fleksibilitas dalam bongkar pasang pipa. 

Baca Juga : Jenis-Jenis Pipa dan Fungsinya

Apa Itu ANSI?

Anda mungkin sering mendengar istilah ANSI dalam sistem perpipaan. Secara harfiah, ANSI (American National Standards Institute) adalah standar lingkaran flange yang sudah disetujui dan diterapkan di Amerika. Biasanya standar ANSI diterapkan pada jenis flange Slip On, Blind, Weld Neck, Threaded, Lap Joint, dan Socket Weld.

Selain ANSI, standar lain yang biasa digunakan adalah JIS (Japanese Industrial Standards). Ini merupakan standar yang berlaku di Jepang. Jenis flange yang menggunakan standar ini di antaranya Weldneck, Slip On, dan Blind.

Pada dasarnya, kedua standar tersebut tidak terlalu berbeda jauh. Hanya saja, ANSI punya cakupan yang jauh lebih lengkap dan luas ketimbang JIS. Tidak hanya itu, ANSI juga lebih unggul dari sisi kekuatannya. Karena itulah standar ANSI kerap diterapkanoleh banyak negara.

Dalam penerapannya, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu dimensi flange dari tiap kelas tekanan ANSI. Tujuannya agar Anda bisa memasangkan flange dengan tepat sesuai kebutuhan. Berikut adalah dimensi flange ANSI beserta tabel standar ANSI sebagai referensi untuk Anda.

Tabel Flange ANSI

1.ANSI 150

  • Dimensi Flange ANSI#150

Flange ANSI#150 terdiri dari ukuran yang meliputi jumlah lubang, diameter flange, dan PCD dari lubang baut.  

  • Tabel Flange ANSI#150

Berikut ini adalah tabel flange ANSI#150.

tabel of ANSI 150 pipe diameter

2.ANSI 300

  • Dimensi Flange ANSI#300

Sementara flange ANSI#300 meliputi ukuran yang terdiri dari diameter pipa, diameter flange, serta baut.

Baca Juga : Pahami Cara Baca Code Standard ASME

  • Tabel Flange ANSI#300

Berikut ini adalah tabel flange ANSI#300.

tabel of ANSI 300 pipe diameter

Itulah penjelasan mengenai apa itu flange, lengkap dengan diameter dan tabel flange ANSI dalam perpipaan yang berlaku sebagai standar internasional. Sampai sini, apa Anda sudah memahami tentang flange beserta standar ANSI dalam perpipaan tersebut?

Intinya, flange adalah komponen yang digunakan untuk menggabungkan dua elemen pipa dengan valve atau equipment lain hingga menjadi satu kesatuan. Sementara ANSI adalah standar yang dipakai untuk menerapkannya dalam kebutuhan industri atau sebagainya.

Baca Juga : Pengertian dan Rangkaian Pekerjaan Fitter

Kalau Anda mencari komponen falnge untuk mengakomodasi kebutuhan project Anda, Alvindo Catur Sentosa bisa jadi pilihan. Kami menyediakan beragam pilihan item untuk memenuhi keperluan perpipaan Anda. Termasuk falnge, fitting, valve, dan lainnya. Klik di sini untuk mendapatkan segala kebutuhan pemipaan Anda dari Alvindo.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

05
.
09
.
22

Jenis Jenis Sambungan Pipa

Jenis jenis sambungan pipa atau pipe fitting diantaranya yaitu elbow, socket, reducer & increaser dan cap. Serta metode menyambungkan pipa

28
.
07
.
22

Jenis Globe Valve dan Cara Kerjanya

globe valve berfungsi untuk mengalirkan air. Instalasinya pada aliran steam atau aliran air. Harga globe valve beragam sesuai dimensi, jenis dan merek