2023-11-22

Memahami Hot Dip Galvanizing, Definisi hingga Prosesnya

Daftar isi

Tutup

Korosi bisa dibilang merupakan musuh terbesar bagi hampir semua jenis logam. Sebab, efek dari korosi bisa sangat merusak bahkan membahayakan.

Berbagai cara ditempuh agar industri-industri yang paling rentan terkena dampak korosi seperti produksi dan manufaktur, transportasi, utilitas dan infrastruktur dapat terhindar dari korosi pada peralatan yang mereka gunakan.

Salah satu metode yang digunakan yaitu proses pelapisan dengan hot dip galvanizing.

Bagaimana proses hot dip galvanizing dilakukan sehingga dapat mencegah korosi dengan baik? Mari simak penjelasannya dalam artikel ini.

Baca Juga: Pengertian Korosi, Proses, Dan Cara Mencegahnya

Definisi Hot Dip Galvanizing

Hot dip galvanizing adalah sebuah proses pelapisan material logam dengan tujuan agar terhindar dari korosi, sehingga komponen logam dapat digunakan dalam masa pakai yang lebih lama.

Umumnya, proses hot dip galvanizing dilakukan dengan cara memanaskan seng hingga mencair kemudian logam dicelupkan ke dalam bak berisi seng cair tersebut.

Setelah terendam dengan sempurna, paduan antara seng dan besi akan terbentuk melalui reaksi metalurgi yang tersusun secara rapi, sehingga menghasilkan lapisan kuat pelindung logam.

Logam yang telah melalui proses hot dip galvanizing biasanya mudah dikenali karena memiliki pola kristal di permukaannya yang biasa disebut dengan spangle.

Menurut data dari galvanizing.org.uk, industri yang paling banyak menggunakan peralatan yang dilindungi oleh lapisan hot dip galvanizing adalah industri konstruksi.

Diikuti oleh pembangunan jalan dan furnitur luar ruangan, transportasi, dan masih banyak lagi.

Hal tersebut dikarenakan metode hot dip galvanizing memberikan banyak keuntungan bagi industri-industri di atas. Di antaranya yaitu ramah lingkungan, tahan korosi dan abrasi, serta memiliki masa pakai yang lama dengan perawatan yang cenderung minim.

Baca Juga: Definisi Galvanis, Keuntungan Dan Proses Galvanisasi

Proses Hot Dip Galvanizing

Agar lebih memahami tentang metode hot dip galvanizing, kita bisa melihat proses pelapisannya mulai dari pembersihan hingga finishing.

Setidaknya, terdapat tiga langkah dasar dalam proses hot dip galvanizing, yaitu persiapan permukaan, galvanisasi, dan inspeksi. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini:

  1. Persiapan
    PermukaanLogam yang siap melalui proses hot dip galvanizing akan melewati tiga langkah pembersihan. Langkah pertama adalah degreasing atau menghilangkan kotoran, minyak, dan residu organik yang ada di permukaan. Setelah itu, masuk ke proses pickling di mana zat asam akan menghilangkan kerak pabrik dan oksida besi. Lalu langkah terakhir yaitu flux yang akan menghilangkan sisa oksida dan melapisi logam dengan lapisan pelindung untuk mencegah pembentukan oksida lebih lanjut sebelum galvanisasi.
  2. Proses Galvanisasi
    Setelah melewati tahap tersebut, logam akan dicelupkan ke dalam bak yang di dalamnya terdapat seng. Logam diturunkan dan cairan seng mengalir ke seluruh bagian. Saat proses galvanisasi inilah, paduan seng dan logam akan bereaksi secara metalurgi dan membentuk serangkaian lapisan.
  3. Inspeksi
    Inspeksi adalah langkah terakhir dari proses hot dip galvanizing di mana kualitas lapisan ditentukan dengan cara yang sangat akurat dapat dilakukan. Jika terdapat area yang tidak terlapis, maka perlu dilakukan perendaman dari awal karena seng tidak bereaksi dengan logam yang tidak bersih. Untuk lebih memahami tentang prosesnya, mari simak video berikut.

Baca Juga: Apa Itu Flange Pipa Dan Jenis Jenis Flange Pipa Besi

Demikian penjelasan tentang metode hot dip galvanizing. Dalam dunia industri yang terus berkembang, hot dip galvanizing tetap menjadi salah satu metode tak tergantikan dalam menjaga ketahanan dan keberlanjutan infrastruktur.

Metode ini juga dikenal sebagai salah satu solusi ramah lingkungan dalam melindungi peralatan-peralatan industri yang rentan terhadap korosi.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Memahami Cara Kerja Flow Meter dan Pentingnya Mengukur Aliran pada Sistem

Pentingnya memastikan kuantitas setiap fluida akurat di seluruh proses kerja, dari awal hingga akhir secara berkala untuk memastikan seluruh proses kerja seperti perpindahan cairan dan pengendalian fluida berfungsi secara akurat, lancar, dan aman. Bisa dilakukan menggunakan Flow Meter.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Mengoptimalkan Efisiensi Jaringan Perpipaan dengan Smart Pipeline

Smart Pipeline bisa dibilang merupakan sebuah lompatan kemajuan yang signifikan dalam inovasi terkait pengangkutan dan pendistribusian sumber daya yang penting. Kombinasi sensor dan analisis data tidak dapat dipungkiri bisa meningkatkan keamanan dan efisiensi.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Meningkatkan Efisiensi dan Keberlanjutan Industri melalui Rehabilitasi Pipa

Seperti halnya infrastruktur lainnya, pipa-pipa industri juga rentan terhadap berbagai masalah dan kerusakan seiring berjalannya waktu. Rehabilitasi pipa bisa menjadi solusinya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Piping abbreviations: Istilah dan Singkatan Penting dalam Sistem Perpipaan

Menggali lebih dalam dunia perpipaan seringkali dihadapkan pada berbagai istilah dan singkatan yang mungkin membingungkan bagi yang belum berpengalaman. ACS telah merangkum beberapa untuk Anda ketahui.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Apa Itu Sistem HVAC dan Apa Saja Manfaat serta Dampaknya?

Meskipun sistem ini telah diaplikasikan secara luas, masih banyak yang belum familiar akan istilah sistem HVAC, terlebih pemahaman yang mendalam tentang komponen-komponen dan fungsinya. Mari kita ulas informasi selengkapnya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Apa Saja 6 Tahapan Proses Pembuatan BBM?

Perlu diketahui bahwa setiap tetes bahan bakar yang kita gunakan melalui kendaraan atau peralatan listrik telah menjalani serangkaian proses yang kompleks. Apa saja prosesnya?