2024-01-04

Tabel Nominal Ukuran Pipa dan Schedule Pipa

Daftar isi

Tutup

Kata Schedule secara harfiah atau secara translasi sederhana berarti jadwal, daftar, acara, atau lainnya yang bersifat sebagai urutan agenda yang akan dilalui oleh peserta. Sering kita melewati sebuah acara lalu diberikan schedule program dimana berisikan agenda-agenda yang akan kita dapatkan. Namun, di dunia perpipaan, terdapat istilah schedule pipa juga yang memiliki arti yang berbeda.

Sama seperti bahasa Indonesia, ada beberapa kata yang memiliki lafal yang sama dengan makna yang berbeda. Pada bahasa Inggris juga sama dan salah satunya schedule ini yang punya makna lain di industri perpipaan. Mari simak definisi pipa schedule dan juga tabel ukuran pipa standar. Anda juga dapat mendownload tabel ukuran pipa schedule secara lengkap di bawah ini.

Definisi Pipa Schedule atau Pipe Schedule

Pipa schedule merupakan sebuah sistem standarisasi untuk ukuran pipa yang digunakan dalam industri perpipaan. Sistem pipa schedule ini digunakan untuk memudahkan dalam menentukan ukuran pipa yang tepat untuk digunakan dalam sistem perpipaan, khususnya untuk keperluan transfer fluida yang beragam.

Dalam sistem pipa schedule, ukuran pipa ditentukan oleh ukuran nominal atau Diameter Nominal (DN). Diameter Nominal ini mungkin lebih dikenal dengan NPS (Nominal Pipe Size), yang pada topik berikutnya, akan kami jelaskan lebih lanjut.

Pentingnya Pipa Schedule dalam Sistem Perpipaan

Ukuran nominal ini didasarkan pada ukuran luar pipa. Namun, dalam beberapa kasus, ukuran nominal juga dapat berdasarkan ukuran dalam pipa. Dalam sistem pipa schedule, ukuran pipa diidentifikasi dengan nomor schedule. Nomor schedule tersebut menunjukkan tebal dinding pipa, yang akan mempengaruhi kapasitas aliran pipa.

Setiap nomor schedule memiliki tebal dinding pipa yang berbeda, sehingga mempengaruhi kekuatan pipa dan kapasitas alirannya. Misalnya, pipa dengan nomor schedule 40, memiliki tebal dinding pipa yang lebih tipis dibandingkan pipa dengan nomor schedule 80. Pipa schedule 80 lebih kuat dan mampu menahan tekanan yang lebih besar daripada pipa schedule 40.

Baca Juga : Jenis-Jenis Pipa dan Fungsinya

Pipa schedule juga menunjukkan tentang penggunaan pipa dengan berbagai jenis material, seperti carbon steel, alloy steel, stainless steel, tembaga, PVC, dan lain-lain. Dalam standar ASME, untuk material Stainless Steel biasanya ditambahkan akhiran huruf “S” pada tabel ukuran. Pemilihan material pipa yang tepat sangat penting untuk memastikan kinerja yang optimal dan aman dalam sistem perpipaan.

Jadi, penggunaan pipa schedule sangat penting untuk memudahkan dalam pemilihan ukuran pipa yang tepat untuk digunakan dalam sistem perpipaan. Pipa schedule juga dapat digunakan untuk melakukan pengukuran pipa dengan mudah dan akurat, yang tentunya memudahkan petugas dalam perencanaan dan instalasi sistem perpipaan.

Namun, perlu diingat bahwa pemilihan nomor schedule yang tepat harus disesuaikan dengan persyaratan dan spesifikasi sistem perpipaan yang digunakan. Karena, setiap nomor schedule memiliki kekuatan dan kapasitas aliran yang berbeda-beda, sehingga harus dipilih sesuai dengan kebutuhan. Kesalahan dalam pemilihan nomor schedule dapat mengakibatkan kerusakan pada sistem perpipaan dan membahayakan keselamatan kerja. Oleh karena itu, pemilihan nomor schedule yang tepat sangat penting untuk menjaga kinerja dan keamanan sistem perpipaan.

Tabel Nominal Pipe Size dan Pipe Schedule

Nominal Pipe Size (NPS) merupakan cara atau metode untuk memberi nama pipa berdasarkan ukuran pada diameternya. Ingat, Diameter Nominal (DN) pipanya, bukan diameter sebenarnya. Sebelumnya, kami juga pernah membahasnya di sejarah dan teori dasar sistem pemipaan, bahwa ukuran pipa dilihat dari OD-nya, yang sering kali nilainya tak sama dengan OD aktual pada pipa. OD pipa dapat mencapai ukuran hingga 78" inc, atau kira-kira 1.8 meter.

tabel nominal perpipaan

Baca Juga : Proses Pembuatan Pipa Besi

Istilah NPS banyak digunakan di Amerika utara dengan satuan inci. Diameter Nominal (DN) adalah istilah lain yang sama-sama menunjukan diameter pada pipa selain NPS. Jadi, jangan bingung jika menemukan kedua istilah tersebut, ya!

Spool atau Satuan Panjang untuk Pipa

Jika OD sudah diketahui, tebal juga sudah, lalu apa lagi yang kurang untuk menunjukan dimensi pada pipa? Kalau Anda berpikir tentang panjang pipa, Anda sangat tepat! Pada satuan panjang pipa, biasanya dikenal dengan istilah spool. Satu spool pipa punya panjang 20ft atau sekitar 6m untuk pipa carbon steel.

Perlu Anda ketahui, karena pipa itu panjangnya terbatas, maka untuk membentuk suatu rootingan tertentu diperlukan metode penyambungan antar pipa. Kami pernah membahasnya pada artikel jenis sambungan antar pipa.

pipa stainless steel dan carbon steel

Tabel untuk Schedule Pipa

Tabel pipa di atas bertujuan untuk memudahkan Anda dalam memahami dan menghapalkan schedule pipa, silahkan lihat kembali tabel schedule pipa di atas. Jika kurang jelas, Anda bisa cek versi file PDF-nya dibawah ini.

Cek dan download : Tabel pipe schedule 1 | Tabel pipe schedule 2

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, ACS merupakan distributor dan supplier atau pemasok penjual terbesar di Indonesia untuk komponen pipa seperti Valve, Flange, Fitting dan Gasket, yang semuanya tersedia dalam berbagai merek terkemuka dengan kualitas yang baik, dan tentunya sudah dipercaya oleh banyak perusahaan-perusahaan industrial di kota Jakarta, dan kota besar lainnya.

Jika memerlukan pipa berkualitas tinggi untuk proyek Anda, segera melakukan request for quotation atau jika masih bingung dengan kebutuhan Anda, Anda dapat langsung menghubungi Kami. Kami akan siap sedia memberikan solusi yang terbaik untuk Anda.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
06
.
24

Pengertian Check Valve, Fungsi, Jenis hingga Cara Kerjanya

Check valve dikenal sebagai valve satu arah atau NRV (non-return valve) yang digunakan untuk mengalirkan fluida hanya ke satu arah saja agar tidak terjadi reversed flow/back flow. Kenali lebih jauh tentang check valve di artikel ini.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
29
.
05
.
24

Pinch Valve: Definisi, Cara Kerja, dan Pengaplikasiannya

Pinch valve beroperasi dengan prinsip sederhana, dengan memanfaatkan tabung atau sleeve (selongsong) fleksibel yang dapat atau dijepit untuk mengatur aliran media. Mari pelajari lebih dalam cara kerja pinch valve dan jelajahi penerapannya yang luas.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
25
.
05
.
24

Control Valve : Pengertian, Komponen Hingga Cara Kerjanya

Control Valve mengatur aliran secara otomatis dengan menggunakan pneumatik & hydraulic/hidrolik akuator. Pressure flow, fungsi dan bagian bagian control valve pada excavator

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
20
.
05
.
24

Memahami Pentingnya Machining dalam Industri: Definisi, Teknik, dan Keamanan Kerja

Mari mengulas pentingnya proses machining dalam dunia industri, membahas definisi dan prinsip dasar machining serta teknik-teknik yang umum digunakan seperti turning, milling, drilling, grinding, EDM, broaching, dan honing.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
17
.
05
.
24

Aktuator Valve: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

Pelajari definisi serta peran penting aktuator dalam operasi valve, jenis-jenisnya, dan evaluasi kelebihan serta kekurangannya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Mengenal Lebih Jauh Union Fitting pada Pipa

Union fitting berfungsi untuk menggabungkan pipa yang dapat dilepas pasang tanpa perlu pembongkaran. Mari mengenal lebih jauh mengenai union fitting ini mulai dari jenis, standar hingga harga.