06
.
09
.
22

Pahami Bagaimana Cara Kerja Control Valve

Daftar isi

Tutup

Siimpel nya control valve merupakan valve yang otomatis dapat mengatur aliran dalam sebuah sistem perpipaan secara presisi. 

Apa Saja Fungsi Control Valve?

Pada control valve biasanya menggunakan tanda / sinyal dari komponen yang terpasang di sistem perpipaan untuk kemudian diteruskan kedalam bukaan valve sesuai kebutuhan dari jumlah alirannya. Control valve juga bisa mengontrol jumlah aliran untuk membatasi tekanan didalam sebuah sistem perpipaan. 

Komponen Control Valve

Control valve set terdiri dari valve itu sendiri, kemudian ada fitting dan pipa yang dipasang dipondasi atau platform. Lalu jika ada pertanyaan, kenapa dipasang di pondasi atau platform? Jawabannya karena control valve nantinya akan butuh untuk maintenance / perawatan, control valve juga harus mudah untuk dibongkar pasang kembali.

automatic control valve on pipe

Konfigurasi Control Valve

Berbicara mengenai konfigurasi dari control valve. Anda bisa melihat gambaran control valve diatas, control valve biasanya jenis globe valve (terletak di tengah) yang menggunakan pneumatik atau hydrolic akuator untuk mengatur jumlah flow rate secara otomatis. Lalu apa yang dimaksud dengan akuator?

Drain System

Drain system berfungsi untuk mengeluarkan aliran fluida yang ada di control valve sebelum di maintenance. Jadi sebelum control valve ini benar-benar di lepas, maka drain ini dibuka terlebih dahulu agar sisa fluida yang ada di sekitar control valve langsung jatuh melalui drain agar tidak berceceran. Drain system ini merupakan fungsi bleed dari istilah DBB tadi, yaitu mengeluarkan sisa fluida didalam control valve.

Tipe-Tipe Control Valve

1.PCV

     Pressure Control Valve

2.TCV

     Temperature Control Valve

3.FCV

     Flow Control Valve

4.LCV

     Level Control Valve

5.XV

     Isolation Control Valve

6.XCV

     High Pressure Control Valve

Kenapa Control Valve Ukurannya Tidak Besar?

Jika Anda perhatikan, umumnya dalam satu set control valve dilengkapi dengan fitting reducer. Reducernya berupa eccentric dengan tipe bottom flat. Lalu kenapa harus menggunakan reducer? Yang artinya ukuran control valve-nya lebih kecil dari pipa utamanya. Kenapa tidak dibuat saja control valve yang ukurannya besar sehingga mengurangi biaya penggunaan fitting reducer.

Baca Juga : Jenis-Jenis Pipa dan Fungsinya

Anda bisa langsung melakukan penawaran kepada kami via call center atau WA tim sales kami yang langsung sigap membantu kebutuhan valve yang terbaik dengan stok terlengkap dari berbagai brand. Karena kami sendiri pemasok agen jual valve pipa di Jakarta yang sudah berpengalaman dari tahun 2000.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

05
.
09
.
22

Distributor Supplier Agen Fitting Pipa Besi di Jakarta Barat

Alvindo adalah tempat untuk membeli komponen perpipaan. Merupakan agen distributor supplier resmi di Jakarta Barat

20
.
07
.
22

Harga Pipa Besi dan Galvanis 2021

Pipa Galvanis lebih berkualitas dan lebih mahal dari pipa hitam, berikut daftar harga pipa hitam dan pipa galvanis 2021