2023-09-26

Mengenal Zinc Plating, dari Prinsip Kerja hingga Keunggulannya

Daftar isi

Tutup

Masalah serius yang dihadapi setiap sistem perpipaan adalah paparan lingkungan dan zat yang terkandung dalam cairan fluida. Zat ini dapat mengakibatkan kerusakan dan masalah korosi. Oleh karena itu, berbagai cara dilakukan agar komponen terhindar dari korosi. Mulai dari pemilihan material, hingga metode melapisi komponen dengan bahan khusus yang dapat mencegah korosi, salah satunya zinc plating.

Apa yang dimaksud dengan zinc plating? Serta bagaimana peran zinc plating dalam mencegah korosi pada peralatan perpipaan secara efektif? Simak penjelasan dalam artikel ini, ya!

Baca Juga: Memahami Penggunaan Threaded Flange Dalam Sistem Perpipaan

Apa Itu Zinc Plating

Sebelum memahami apa itu zinc plating, perlu diketahui bahwa zinc adalah salah satu zat yang sangat tahan terhadap korosi dan memiliki sifat sebagai konduktor, sementara dalam konteks industri, plating berarti pelapisan. Material seperti besi adalah material yang sangat rentan terhadap korosi.

Dapat dikatakan, zinc plating adalah proses pelapisan logam yang digunakan untuk melindungi baja atau logam besi lainnya dari korosi. Proses ini melibatkan penggunaan lapisan tipis zinc (seng) pada permukaan logam dasar, untuk mencegah reaksi kimia antara logam dasar dan lingkungan yang dapat menyebabkan korosi. Termasuk air hujan atau paparan sinar matahari secara terus-menerus.

Zinc plating telah menjadi metode yang diaplikasikan selama ribuan tahun, bahkan sebelum teknologi mengenal material stainless steel, dalam rangka mencegah korosi dengan proses pelapisan. Pada sistem perpipaan sendiri, zinc plating banyak digunakan untuk melapisi pipa, fitting pipa, hingga stud bolt.

Baca Juga: Apa Itu Blind Flange ? Fungsi Hingga Cara Pemasangan

Prinsip Kerja Zinc Plating

Bagaimana zinc plating dapat menjaga logam dari ancaman korosi? Mulanya, terjadi kontak antara zinc dengan oksigen yang menghasilkan zinc oxide. Kemudian, terjadi zinc hydroxide akibat dari reaksi antara zinc oxide dengan air. Saat zinc hydroxide bertemu dengan karbon dioksida, terbentuk lapisan zinc carbonate.

Zinc carbonate inilah yang berperan sebagai pelindung logam dari ancaman korosi di lingkungan sekitar logam. Lapisan zinc plating dapat melindungi permukaan logam selama kurang lebih 20 tahun, tergantung pada kondisi lingkungan dan zat fluida yang mengalir.

Baca Juga: Gasket Graphite Dalam Pipa: Definisi, Fungsi, Dan Keuntungan Terbaru

Keunggulan dan Kelemahan Lapisan Zinc Plating

Sebelum memilih komponen yang telah dilapisi oleh zinc plating, Anda perlu mengetahui apa saja keunggulan dan kelemahan dari metode ini. Keunggulan dari zinc plating adalah bisa bertahan selama puluhan tahun, karena mineral zinc yang ada di dalamnya sangat tahan terhadap korosi. Namun, jika dibandingkan dengan material stainless steel, komponen dengan zinc plating memiliki harga yang relatif lebih mahal.

Selain itu, keunggulan lain dari zinc plating adalah mudah didapatkan dan mineral zinc adalah salah satu zat yang ramah lingkungan karena dapat didaur ulang dengan baik.

Baca Juga: Lap Joint Flange Dan Stub End Dalam Pipa: Definisi, Fungsi, Dan Keuntungan

Demikian penjabaran tentang metode zinc plating yang umum digunakan dalam sistem perpipaan. Semoga dapat menjadi referensi atau rekomendasi saat Anda ingin menggunakan komponen dengan lapisan zinc plating.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Memahami Cara Kerja Flow Meter dan Pentingnya Mengukur Aliran pada Sistem

Pentingnya memastikan kuantitas setiap fluida akurat di seluruh proses kerja, dari awal hingga akhir secara berkala untuk memastikan seluruh proses kerja seperti perpindahan cairan dan pengendalian fluida berfungsi secara akurat, lancar, dan aman. Bisa dilakukan menggunakan Flow Meter.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Mengoptimalkan Efisiensi Jaringan Perpipaan dengan Smart Pipeline

Smart Pipeline bisa dibilang merupakan sebuah lompatan kemajuan yang signifikan dalam inovasi terkait pengangkutan dan pendistribusian sumber daya yang penting. Kombinasi sensor dan analisis data tidak dapat dipungkiri bisa meningkatkan keamanan dan efisiensi.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Meningkatkan Efisiensi dan Keberlanjutan Industri melalui Rehabilitasi Pipa

Seperti halnya infrastruktur lainnya, pipa-pipa industri juga rentan terhadap berbagai masalah dan kerusakan seiring berjalannya waktu. Rehabilitasi pipa bisa menjadi solusinya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Piping abbreviations: Istilah dan Singkatan Penting dalam Sistem Perpipaan

Menggali lebih dalam dunia perpipaan seringkali dihadapkan pada berbagai istilah dan singkatan yang mungkin membingungkan bagi yang belum berpengalaman. ACS telah merangkum beberapa untuk Anda ketahui.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Apa Itu Sistem HVAC dan Apa Saja Manfaat serta Dampaknya?

Meskipun sistem ini telah diaplikasikan secara luas, masih banyak yang belum familiar akan istilah sistem HVAC, terlebih pemahaman yang mendalam tentang komponen-komponen dan fungsinya. Mari kita ulas informasi selengkapnya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Apa Saja 6 Tahapan Proses Pembuatan BBM?

Perlu diketahui bahwa setiap tetes bahan bakar yang kita gunakan melalui kendaraan atau peralatan listrik telah menjalani serangkaian proses yang kompleks. Apa saja prosesnya?