2022-12-30

Stok BBM Aman Walaupun Kilang Pertamina Balongan Kebakaran

Daftar isi

Tutup

fires in the forest and huge smoke

Kebakaran Kilang Minyak

Seperti Anda ketahui semua bahwa Kilang Pertamina Balongan di Indramayu, Jawa Barat, terbakar hebat pada Senin dinihari 00.45 tanggal 29 Maret 2021. Tapi pihak Pertamina menjamin bahwa stok Bahan Bakar Minyak (BBM) dipastikan masih aman. Pasokan BBM saat ini, terbilang normal walaupun ada insiden terbakarnya Kilang Pertamina Balongan di Indramayu, Jawa Barat.

Stok BBM Aman

Tapi jangan khawatir, meskipun Kilang minyak besar yang berada di Indramayu mengalami kebakaran, Pertamina menjamin stok BBM akan tetap aman

Adanya peristiwa ini, Pertamina memastikan bahwa pasokan BBM ke warga tidak akan terganggu dan sampai sekarang ini masih berjalan normal atau seperti biasanya.

Sekarang Pertamina sedang melakukan normal shutdown untuk mengendalikan arus minyak dan mencegah kebakaran semakin meluas. Sementara itu penyebab terjadi insiden kebakaran ini belum bisa dipastikan dan masih dalam proses investigasi oleh pihak berwenang.

Baca Juga : Apa itu Pertambangan? Mengenal Industri Pertambangan Secara Luas

Sebelumnya dikabarkan bahwa beberapa orang mengalami terluka karena kebakaran di kilang PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu. BPBD Indramayu mencatat ada sekitar 5 orang yang mengalami luka berat dan 15 orang lainnya luka ringan.

Para korban tersebut yang mengalami luka memang rumahnya sangat dekat dengan kilang Pertamina. Selain warga sekitar, ada juga orang yang sedang melintas di jalan raya yang berada di sekitar lokasi kebakaran saat kejadian. Korbannya beragam ada warga sekitar dan juga pengguna jalan.

PT Pertamina saat ini sedang melakukan evakuasi kepada warga yang berada di sekitaran kilang PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Evakuasi diperlukan karena kilang minyak masih belum padam sampai berita ini diturunkan. Semoga bisa secepatnya pulih ya.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Menelusuri Lokasi-Lokasi Tambang Batubara di Indonesia

Batubara adalah sumber daya alam yang penting untuk menghasilkan energi, terutama dalam pembangkit listrik dan industri, dalam negeri maupun untuk ekspor. Selain itu, batubara juga digunakan dalam industri, seperti produksi baja dan semen. Akhir tahun 2023 lalu, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) baru saja meresmikan kegiatan produksi tambang yang merupakan tambang batubara bawah tanah pertama di Indonesia.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Menggali Lebih Dalam tentang Jenis-jenis Metode Pertambangan

Proses penambangan tidak sederhana. Ada banyak metode yang digunakan untuk mengekstraksi mineral dari bumi, masing-masing memiliki karakteristik dan teknik tersendiri. 

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Perbandingan Teknologi Pembangkit Listrik Geothermal: Flash Steam, Binary Cycle, dan Dry Steam

Menjelajah informasi tentang energi geothermal yang menawarkan potensi besar sebagai sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan dan dapat membantu dalam diversifikasi sumber energi serta mitigasi perubahan iklim. 

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Menggali Potensi Energi Geothermal Menuju Masa Depan Berkelanjutan

Energi geothermal merupakan potensi besar yang belum sepenuhnya dimanfaatkan. Sumber daya alam satu ini melimpah, tetapi dibiarkan terkubur di dalam kerak bumi tanpa cukup dijelajahi. Padahal, potensi panas bumi sebagai sumber energi yang bersih, terbarukan, dan tidak terbatas sangatlah besar. 

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Potensi Energi dari Sumber-sumber Alternatif

Energi alternatif menawarkan peluang untuk mengubah paradigma energi kita dari yang berbasis bahan bakar fosil menjadi sumber daya yang bersih, berkelanjutan, dan ramah lingkungan.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Mengulik Proses Instrumentasi dalam Sistem Perpipaan

Menjelajahi peran penting instrumen-instrumen tersebut dalam menjaga keamanan, efisiensi, dan keandalan sistem perpipaan