2022-12-30

Stok BBM Aman Walaupun Kilang Pertamina Balongan Kebakaran

Daftar isi

Tutup

fires in the forest and huge smoke

Kebakaran Kilang Minyak

Seperti Anda ketahui semua bahwa Kilang Pertamina Balongan di Indramayu, Jawa Barat, terbakar hebat pada Senin dinihari 00.45 tanggal 29 Maret 2021. Tapi pihak Pertamina menjamin bahwa stok Bahan Bakar Minyak (BBM) dipastikan masih aman. Pasokan BBM saat ini, terbilang normal walaupun ada insiden terbakarnya Kilang Pertamina Balongan di Indramayu, Jawa Barat.

Stok BBM Aman

Tapi jangan khawatir, meskipun Kilang minyak besar yang berada di Indramayu mengalami kebakaran, Pertamina menjamin stok BBM akan tetap aman

Adanya peristiwa ini, Pertamina memastikan bahwa pasokan BBM ke warga tidak akan terganggu dan sampai sekarang ini masih berjalan normal atau seperti biasanya.

Sekarang Pertamina sedang melakukan normal shutdown untuk mengendalikan arus minyak dan mencegah kebakaran semakin meluas. Sementara itu penyebab terjadi insiden kebakaran ini belum bisa dipastikan dan masih dalam proses investigasi oleh pihak berwenang.

Baca Juga : Apa itu Pertambangan? Mengenal Industri Pertambangan Secara Luas

Sebelumnya dikabarkan bahwa beberapa orang mengalami terluka karena kebakaran di kilang PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu. BPBD Indramayu mencatat ada sekitar 5 orang yang mengalami luka berat dan 15 orang lainnya luka ringan.

Para korban tersebut yang mengalami luka memang rumahnya sangat dekat dengan kilang Pertamina. Selain warga sekitar, ada juga orang yang sedang melintas di jalan raya yang berada di sekitar lokasi kebakaran saat kejadian. Korbannya beragam ada warga sekitar dan juga pengguna jalan.

PT Pertamina saat ini sedang melakukan evakuasi kepada warga yang berada di sekitaran kilang PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Evakuasi diperlukan karena kilang minyak masih belum padam sampai berita ini diturunkan. Semoga bisa secepatnya pulih ya.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
15
.
05
.
24

Panduan Memilih Ukuran Kawat Las yang Tepat untuk Setiap Proyek Pengelasan

Ukuran kawat yang dipilih harus berkontribusi terhadap produksi las yang memenuhi atau melampaui standar kualitas yang ditentukan. Faktor-faktor seperti komposisi kawat, kebersihan permukaan, dan konsistensi memainkan peran penting dalam mencapai kualitas las yang tinggi.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
15
.
05
.
24

Memahami 4 Teknik Posisi Pengelasan: Flat, Horizontal, Vertical, dan Overhead

Memahami aplikasi masing-masing posisi pengelasan memungkinkan welder untuk memilih teknik dan strategi yang sesuai dengan kebutuhan proyek mereka, serta memastikan hasil pengelasan yang optimal dalam hal kualitas dan kekuatan.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
15
.
05
.
24

Rotary Valve: Definisi, Cara Kerja, dan Pengaplikasian

Penanganan secara efisien sangat penting untuk kelancaran operasional, khususnya pada industri manufaktur dan pengolahan yang memerlukan bahan granular atau bubuk kering untuk dialiri melalui sistem perpipaan. Bagaimana cara rotary valve, dan apa yang membedakannya dari valve yang lain?

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
15
.
05
.
24

Air Valve : Definisi, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Masalah seperti penumpukan kantong udara di dalam jaringan perpipaan dapat mengganggu aliran air, menyebabkan inefisiensi, fluktuasi tekanan, dan potensi kerusakan pada infrastruktur. Untuk mengatasi masalah ini, solusi telah dikembangkan dengan adanya air valve.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
14
.
05
.
24

Limit Switch: Definisi, Cara Kerja, dan Aplikasinya

Jika mendengar kata switch, tak jarang yang kita pikirkan adalah perangkat saklar yang digunakan untuk menyalakan dan mematikan lampu ruangan. Ya, cara kerja limit switch kurang lebih seperti itu. Lalu, apa yang dimaksud dengan limit switch sendiri?

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
14
.
05
.
24

Pneumatic Valve: Definisi, Cara Kerja, dan Pengaplikasiannya

Sistem pneumatik menggunakan udara atau gas terkompresi untuk mengirimkan dan mengendalikan energi. Ketika udara bertekanan dikeluarkan dari tangki penyimpanan, udara tersebut mengalir melalui rangkaian pipa untuk mencapai komponen pneumatik. Tekanan udara kemudian dapat dikontrol, salah satunya dengan mengatur aliran udara melalui valve.