2023-09-01

Reducer Tee dalam Pipa: Definisi, Spesifikasi, Harga, dan Aplikasi Industri

Daftar isi

Tutup

Dalam dunia industri yang kompleks, sistem perpipaan berperan penting dalam mengalirkan fluida dari satu titik ke titik lainnya. Fitting pipa, dalam semua bentuk dan ukuran, menjadi jembatan untuk menghubungkan, membelokkan, dan mengarahkan aliran berbagai jenis fluida. Salah satu jenis fitting pipa yang umum digunakan secara luas adalah reducer tee.

Baca Juga : Reducer : Definisi, Fungsi dan Perbedaan Eccentric dan Concentric

Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana reducer tee menjadi penghubung tiga komponen sekaligus serta membantu dalam mengalihkan aliran fluida namun tetap bisa menjaga aliran lancar dan efisiensi dalam sistem perpipaan.

Apa Itu Reducer Tee?

Seperti tee pipa pada umumnya, reducer tee berbentuk seperti huruf T dengan dua ujung berukuran sama dan ujung satunya sedikit lebih kecil. Dengan kata lain, reducer tee merupakan salah satu jenis fitting pipa yang ukuran port cabangnya lebih kecil dibandingkan dengan port run.

Baca Juga : Equal Tee: Definisi, Fungsi, dan Material Terbaik untuk Sistem Pipa

Reducer tee bisa termasuk ke dalam buttweld dan forged fittings, berguna untuk menyambungkan pipa melintasi dua arah untuk mengoptimalkan aliran air melalui pipa bertekanan berbeda. Karena memiliki satu cabang yang lebih kecil, memungkinkan adanya percabangan ke pipa yang lebih kecil dari jalur utama. Reducer tee penting digunakan jika saluran pipa membutuhkan fitting pipa yang dapat menyambung atau memisahkan aliran cairan.

Penggunaan Reducer Tee dalam Sistem Perpipaan

Reducer tee diaplikasikan pada sistem perpipaan sebagai penghubung mekanis yang kuat dalam berbagai situasi. Selain digunakan secara luas dalam aplikasi tekanan positif maupun vakum, reducer tee juga dimanfaatkan dalam sistem yang membutuhkan tingkat kemurnian yang sangat tinggi. Reducer tee mampu mencegah keluarnya gas dan mengatasi risiko korosi.

Baca Juga : Coupling Pipa Besi di Industri: Fungsi, Jenis, dan Aplikasinya

Tidak hanya itu, keberadaan reducer tee dalam sistem perpipaan juga menghasilkan alur aliran yang lancar tanpa adanya turbulensi atau hambatan yang berarti. Secara luas, reducer tee diterapkan dalam berbagai industri, mulai dari sistem limbah hingga pasokan air, dan digunakan untuk mengatur aliran air, pipa pembuangan, gas, minyak, serta zat lainnya.

Spesifikasi Reducer Tee

Karena termasuk dalam buttweld dan forged fittings, reducer tee memiliki 2 standar berbeda. Untuk buttweld fittings, reducer tee termasuk dalam standar ASME B16.9, ukurannya mulai dari ½ inch dengan schedule atau ketebalan yang berbeda-beda.

Baca Juga : Daftar Harga Valve Pipa Terbaru 2023

Sementara standar yang mengacu untuk reducer tee pada forged fittings adalah ASME B16.11 dengan pressure rating mulai dari #150 dan dilengkapi dengan konektor socket weld dan NPT.

Harga Reducer Tee Terbaru di ACS

Reducer tee las besi menggabungkan fungsi dari tee dan reducer menjadi satu komponen. Di ACS, tersedia produk reducer tee dengan standar ASME B16.9 sch 10 - sch 160 dan SGP untuk buttweld reducer tee serta ASME B16.11 untuk forged reducer tee class #2000 sampai #9000.

Baca Juga : Harga Pipa Besi dan Pipa Galvanis 2023

ACS menjual reducer tee dalam ukuran ¼” hingga 48” yang terbuat dari bahan stainless steel dan carbon steel. Reducer tee yang ada di ACS diproduksi oleh merek-merek terpercaya seperti merek GBA, Bothwell, IML, M.E.G.A, Pantech, ASK, Benkan, dan ERNE yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Baca Juga : Harga Pipa Stainless Steel 2023 Tiap Ukuran dan Merk

Dapatkan untuk diaplikasikan di sistem perpipaan Anda terlengkap hanya di ACS dengan harga mulai dari Rp35.000,- hingga Rp4.000.000,- dengan menghubungi admin sales atau beli langsung di Tokopedia.

Baca Juga : Tabel Nominal Ukuran Pipa dan Schedule Pipa

Demikian informasi tentang reducer tee, fitting pipa yang memiliki tiga cabang dengan satu cabang utama yang lebih kecil yang dapat menghasilkan aliran yang lancar tanpa hambatan berarti. Semoga dapat menambah informasi Anda sebelum memilih produk reducer tee untuk aplikasi perpipaan Anda.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Mengenal Lebih Jauh Union Fitting pada Pipa

Union fitting berfungsi untuk menggabungkan pipa yang dapat dilepas pasang tanpa perlu pembongkaran. Mari mengenal lebih jauh mengenai union fitting ini mulai dari jenis, standar hingga harga.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Equal Tee: Definisi, Fungsi, dan Material Terbaik untuk Sistem Pipa

Pelajari definisi, fungsi, dan material terbaik yang digunakan dalam equal tee untuk sistem pipa. Temukan cara mengoptimalkan penggunaan equal tee dalam instalasi pipa Anda. Pelajari lebih lanjut di sini!

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Mengenal Weldolet Lebih Dalam Serta Cara Memilih dan Pemasangan

Temukan segala hal tentang weldolet dalam artikel ini. Pelajari pengertian, keunggulan, dan langkah-langkah pemasangan yang efektif. Jelajahi aplikasi weldolet dalam industri dan manfaatnya sebagai sambungan pipa yang kuat dan efisien.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Memahami End Cap Fitting: Jenis, Material, dan Harga Saat Ini

Pada sistem perpipaan pasti Anda akan membutuhkan end cap fitting untuk menutup aliran yang tidak digunakan. Apa itu end cap fitting? Mari mengenal lebih jauh serta kisaran harga saat ini.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Ring Joint Gasket: Pengertian, Material, dan Pengaplikasiannya dalam Industri

Temukan pengertian lengkap tentang ring joint gasket dan beragam material pilihan yang dapat digunakan. Pelajari bagaimana aplikasi gasket ini memberikan performa penyegelan yang handal dalam berbagai industri.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
21
.
03
.
24

Aktuator Valve: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

Pelajari definisi serta peran penting aktuator dalam operasi valve, jenis-jenisnya, dan evaluasi kelebihan serta kekurangannya.