2023-12-28

Fungsi Water Mur Beserta Keunggulannya

Daftar isi

Tutup

Pernahkah Anda mendengar tentang istilah water mur? dan apa fungsi watermur? Saat mendengarnya, mungkin Anda mengira benda satu ini adalah bagian dari mur (nut) yang biasanya dipasangkan dengan baut (bolt).

Tetapi, kali ini mur yang dimaksud berbeda, karena merupakan salah satu komponen yang digunakan untuk menyambung pipa atau biasa disebut dengan fitting pipa.

Jadi, bagaimana water mur bisa berperan sebagai alat penyambung pipa? Mari simak informasi selengkapnya dalam ulasan fungsi watermur di bawah ini.

Apa itu Water Mur?

Dalam setiap konstruksi, sering kali ada perangkat yang luput dari perhatian, namun memiliki peran yang penting dalam menjaga integrasi sistem yang diterapkan.

Pada instalasi perpipaan, khususnya yang ada di rumah atau gedung, terdapat satu komponen bernama water mur atau yang biasa juga disebut union socket.

Meski mungkin terdengar sederhana, water mur adalah penghubung yang memberikan kekuatan dan keamanan pada sambungan dalam proyek konstruksi.

Water mur umumnya terbuat dari besi, HDPE, hingga PVC, namun yang paling umum digunakan secara luas adalah water mur PVC.

Perangkat ini biasa diaplikasikan pada instalasi pipa yang mengalirkan angin, air, atau uap dan paling sering dipasang di pipa tangki atau penampung air yang ada di dalam rumah.

Baca Juga: Apa itu Water Treatment? Ini Penjelasannya

Fungsi Water Mur

Water mur berfungsi sebagai sambungan yang mudah dibongkar jika sewaktu-waktu memerlukan perbaikan atau modifikasi.

Oleh karena itu, water mur cocok untuk instalasi yang sekiranya rentan untuk mengalami kerusakan, atau pada sambungan pipa darurat yang memerlukan bongkar pasang kapan saja.

Keunggulan dan Kelemahan Water Mur

Keunggulan water mur yaitu adanya ulir di kedua ujungnya membuat sambungan ini tidak memerlukan lem jika ingin dipasang untuk menyambung pipa, dan memudahkan teknisi untuk melakukan pembongkaran jika diperlukan.

Namun, perlu diperhatikan untuk water mur yang terbuat dari bahan non-logam seperti PVC dan HDPE, disarankan untuk tidak dipasang di lokasi yang rentan terhadap paparan sinar matahari, karena dapat merusak sifat elastisitasnya.

Tapi, tenang saja, hal ini bisa diatasi. Anda bisa membungkus water mur dengan lapisan alumunium foil sehingga jika dipasang di luar ruangan, komponen ini tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Baca Juga: Tabel Nominal Ukuran Pipa dan Schedule Pipa

Harga Water Mur di Pasaran

Water mur dapat dengan mudah Anda temukan di pasaran dengan ukuran dan spesifikasi yang bervariatif. Untuk harga water mur sendiri juga beragam, ditentukan oleh material, ukuran, dan standar yang dibutuhkan.

Water mur paling murah bisa Anda temukan di pasaran mulai dari harga Rp5000 untuk ukuran kecil dan biasanya bagi yang terbuat dari bahan non logam, yaitu water mur HDPE dan water mur PVC.

Sedangkan untuk variasi water mur yang paling mahal ada di kisaran Rp500 Ribu hingga Rp700 Ribu rupiah dengan material logam seperti besi atau baja.

Baca Juga: Daftar Harga Valve Pipa Terbaru 2023

Dengan penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa fungsi watermur atau union socket tidak kalah penting dalam proyek konstruksi yang dilengkapi sistem perpipaan.

Karena tidak hanya menyambung pipa, tapi juga turut menjaga keamanan dan integritas sehingga terhindar dari kebocoran atau kerusakan yang tidak diinginkan.

Penting juga untuk selalu memilih dan merawat watermur dengan bijak juga bisa menjadi kunci keamanan instalasi. Oleh karena itu, pastikan water mur yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan walaupun harganya terjangkau.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
13
.
07
.
24

Penggunaan Reducer Pipa untuk Efisiensi Aliran dalam Sistem Perpipaan

Reducer sangat berguna ketika dipasang dengan benar sebagai penghubung antar pipa dengan ukuran berbeda. Namun, Anda perlu selalu memperhatikan persyaratan pemasangan reducer yang baik akan memastikan produktivitas berjalan lancar serta memberikan manfaat setiap saat.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
04
.
07
.
24

Keunggulan Pneumatic Actuator untuk Berbagai Aplikasi Industri

Aktuator adalah perangkat mekanik yang bertindak sebagai perantara antara sinyal kontrol untuk menghasilkan gerakan dalam suatu sistem, dan electric actuator memanfaatkan energi listrik menjadi gaya mekanik atau energi kinetik untuk menghasilkan gerakan. Lalu, bagaimana dengan pneumatic actuator?

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
07
.
24

Menelusuri Keunggulan dan Tabel Pipa SCH80

Salah satu varian pipa yang seringkali menjadi pilihan untuk aplikasi dengan suhu dan tekanan tinggi adalah pipa SCH80.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
30
.
06
.
24

Keunggulan Pipa SCH40 dalam Berbagai Aplikasi Industri beserta Tabelnya

Memahami keunggulan hingga tabel pipa SCH40 untuk berbagai diameter dan betapa pentingnya pemilihan pipa yang tepat dalam setiap proyek konstruksi atau industri.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
26
.
06
.
24

Aktuator Valve: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

Pelajari definisi serta peran penting aktuator dalam operasi valve, jenis-jenisnya, dan evaluasi kelebihan serta kekurangannya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
26
.
06
.
24

PTFE Gasket: Pengertian, Keuntungan, Karakteristik, dan Tips Memilihnya

Ingin tahu segalanya tentang PTFE gasket? Temukan di artikel ini! Pelajari pengertian, keuntungan, serta karakteristik unggulnya. Selain itu, dapatkan tips berharga untuk memilih PTFE gasket yang tepat sesuai kebutuhan aplikasi Anda.