2024-04-01

Equal Tee: Definisi, Fungsi, dan Material Terbaik untuk Sistem Pipa

Daftar isi

Tutup

Seperti yang sudah diketahui, dalam sistem perpipaan, fitting pipa memiliki banyak jenis dan masing-masing punya perannya tersendiri. Tidak terkecuali jenis fitting pipa tee. Sama seperti namanya, fitting pipa ini berbentuk seperti huruf T dan dilengkapi dengan 3 buah lubang. Fitting pipa tee memiliki 2 tipe berbeda yaitu equal tee dan reducing tee.

Baca Juga: Pahami Perbedaan Buttweld Fitting dan Forged Fitting

Pada artikel ini, akan dijelaskan tentang salah satu tipe tee fitting yaitu equal tee. Di antaranya tentang definisi dan fungsi equal tee, material yang umum digunakan, teknik sambungan, dimensi dan ukurannya, serta tips pemasangan dan perawatannya, hingga variasi harga equal tee saat ini.

Definisi dan Fungsi Equal Tee

Equal tee adalah jenis tee yang memiliki tiga cabang dengan diameter yang sama, karena itu disebut equal. Cabang-cabang tersebut membentuk sudut 90 derajat, menghasilkan aliran yang merata dari pipa run ke pipa cabang. Pengaplikasiannya berguna dalam banyak aplikasi, seperti distribusi air dalam sistem sanitasi, pengangkutan minyak dan gas, serta dalam sistem perpipaan industri kimia. Equal tee tersedia dalam berbagai dimensi, sementara ukuran equal tee mulai dari ½ inch hingga 48 inch. Standar ASME B16.9 adalah standar yang mencakup dimensi equal tee.

Baca Juga: Mengenal Butterfly Valve, Jenis, Kelebihan Serta Harga

Perbedaan Equal Tee dan Reducing Tee

Equal Tee dan Reducing Tee adalah dua jenis fitting yang digunakan dalam sistem pipa untuk menyambung dan membuat tiga cabang. Equal Tee memiliki tiga cabang yang memiliki diameter yang sama, sementara Reducing Tee memiliki salah satu cabang dengan diameter yang lebih kecil dari cabang utama. Jadi, Reducing Tee digunakan ketika perlu menyesuaikan aliran dari satu pipa ke pipa lain yang memiliki diameter yang berbeda. 

Dengan demikian, pemilihan antara Equal Tee dan Reducing Tee tergantung pada kebutuhan spesifik dari sistem pipa yang sedang dibangun, apakah memerlukan aliran yang seragam melalui semua cabang atau adanya perbedaan dalam aliran yang diperlukan melalui setiap cabang pipa.

Material Equal Tee

Equal tee termasuk dalam forged dan buttweld fittings dan dapat terbuat dari berbagai material, termasuk logam dan plastik. Material logam yang umum digunakan meliputi carbon steel, stainless steel, dan alloy steel. 

Material stainless steel pada equal tee menggunakan jenis stainless steel 304 yang biasa mengangkut fluida untuk industri makanan, minuman, dan obat-obatan, serta stainless steel 316 yang cocok untuk lingkungan sistem perpipaan yang korosif. Sedangkan untuk material carbon steel pada equal tee menggunakan jenis medium carbon steel. 

Sementara itu, equal tee dengan material non logam seperti PVC juga sering ditemui  dalam aplikasi tertentu seperti yang digunakan di instalasi rumah dan gedung.

Baca Juga: Mengenal lebih Jauh Pipa Seamless dan Keunggulannya

Dapatkan Equal Tee Kualitas dan Harga Terbaik di ACS

Harga equal tee dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor. Di antaranya yaitu material, dimensi, ukuran, dan mereknya. Penting untuk memperhatikan harga equal tee yang Anda pilih sesuai dengan kualitas dan keandalannya.

Baca Juga: Harga Pipa Besi dan Pipa Galvanis 2023

Di ACS, Anda bisa mendapatkan equal tee dengan spesifikasi dan harga terbaik. Anda juga dapat berkonsultasi mengenai spesifikasi dan harga produk sebelum membeli, agar semakin yakin dengan produk equal tee yang kami sediakan. 

Baca Juga: Daftar Harga Valve Pipa Terbaru 2023

Tersedia equal tee dari berbagai negara seperti China hingga Jepang brand GBA, Pantech, Benkan, dan ERNE. Equal tee yang ada di ACS tersedia dengan harga terjangkau yaitu berkisar Rp15.000,- untuk ukuran 1/2 inch, hingga ukuran 1 inch 36 inch dengan harga Rp90.000,- yang Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: Harga Pipa Stainless Steel 2023 Tiap Ukuran dan Merk

Fungsi, material, dimensi, dan ukuran equal tee harus dipilih dengan cermat sesuai dengan kebutuhan aplikasi. Pemasangan dan perawatan equal tee dengan benar juga bereran penting dalam memastikan kinerjanya yang optimal. Dengan memahami kondisi dan aplikasi sistem perpipaan dengan baik, Anda dapat memilih equal tee yang tepat untuk memenuhi kebutuhan rangkaian perpipaan Anda.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Mengenal Lebih Jauh Union Fitting pada Pipa

Union fitting berfungsi untuk menggabungkan pipa yang dapat dilepas pasang tanpa perlu pembongkaran. Mari mengenal lebih jauh mengenai union fitting ini mulai dari jenis, standar hingga harga.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Mengenal Weldolet Lebih Dalam Serta Cara Memilih dan Pemasangan

Temukan segala hal tentang weldolet dalam artikel ini. Pelajari pengertian, keunggulan, dan langkah-langkah pemasangan yang efektif. Jelajahi aplikasi weldolet dalam industri dan manfaatnya sebagai sambungan pipa yang kuat dan efisien.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Memahami End Cap Fitting: Jenis, Material, dan Harga Saat Ini

Pada sistem perpipaan pasti Anda akan membutuhkan end cap fitting untuk menutup aliran yang tidak digunakan. Apa itu end cap fitting? Mari mengenal lebih jauh serta kisaran harga saat ini.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Ring Joint Gasket: Pengertian, Material, dan Pengaplikasiannya dalam Industri

Temukan pengertian lengkap tentang ring joint gasket dan beragam material pilihan yang dapat digunakan. Pelajari bagaimana aplikasi gasket ini memberikan performa penyegelan yang handal dalam berbagai industri.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
21
.
03
.
24

Aktuator Valve: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

Pelajari definisi serta peran penting aktuator dalam operasi valve, jenis-jenisnya, dan evaluasi kelebihan serta kekurangannya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
20
.
02
.
24

Half Coupling: Fungsi, Spesifikasi, dan Aplikasi di Industri

Temukan bagaimana half coupling bekerja, spesifikasi yang perlu diketahui, serta beragam penerapannya di industri. Pelajari lebih lanjut dalam artikel ini.