2024-07-01

Menelusuri Keunggulan dan Tabel Pipa SCH80

Daftar isi

Tutup

Kelancaran sebuah sistem perpipaan tentunya tidak luput dari bagaimana memilih pipa yang tepat untuk aplikasi yang dibutuhkan, dan bisa memastikan keberhasilan suatu proyek. Pipa memiliki ketebalan dinding yang bervariasi, dan bisa disesuaikan dengan kondisi lingkungan, tekanan, dan aplikasi tertentu. Salah satu varian pipa yang seringkali menjadi pilihan untuk aplikasi dengan suhu dan tekanan tinggi adalah pipa SCH80.

Steel Pipe

Di balik kode "Schedule" (SCH) ini terdapat serangkaian standar yang menentukan ketebalan dinding relatif terhadap diameter nominal pipa. Penetapan istilah ini, secara ketat diatur oleh American National Standard Institute (ANSI), yang telah berperan dalam menentukan karakteristik dan kinerja pipa yang digunakan dalam beragam aplikasi industri dan konstruksi. Mari kita telusuri lebih jauh mengenai pipa SCH80 dan mengapa ia menjadi pilihan utama dalam berbagai konteks konstruksi pipa.

Keunggulan Pipa SCH80

Dalam hierarki standar ketebalan dinding pipa, SCH80 menonjol dengan kekuatan dan ketahanan yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan rekan sekelasnya, SCH40. Sama dengan SCH40, pipa SCH80 juga memiliki keunggulan tersendiri di kelasnya. Keunggulan utamanya meliputi:

Kekuatan dan Ketahanan yang Tinggi

Dengan ketebalan dinding yang lebih besar, pipa SCH80 menawarkan kekuatan yang lebih tinggi serta ketahanan yang lebih baik terhadap tekanan tinggi. Hal ini membuatnya ideal untuk aplikasi di industri yang membutuhkan pipa yang kuat dan tahan lama.

Kinerja yang Optimal

Meskipun memiliki biaya produksi yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan pipa SCH40, namun pipa SCH80 mampu menahan tekanan yang lebih tinggi, sehingga cocok untuk aplikasi di lingkungan industri yang membutuhkan ketahanan ekstra.

Perlindungan Terhadap Korosi dan Abrasi yang Lebih Baik

Sama halnya dengan pipa SCH40, pipa SCH80 juga umumnya terbuat dari bahan yang tahan terhadap korosi, seperti baja, dan memiliki ketebalan dinding yang cukup untuk melindungi pipa dari abrasi dan korosi. Selain itu, pipa ini juga dapat dilapisi dengan zinc/galvanis atau coated dengan lapisan khusus untuk meningkatkan proteksi terhadap lingkungan atau fluida yang korosif.

Pipa SCH80 biasanya digunakan dalam berbagai aplikasi industri yang membutuhkan ketahanan terhadap tekanan dan kondisi lingkungan yang keras, seperti sistem perpipaan pada pabrik kimia, pembangkit listrik, instalasi minyak dan gas, dan lain sebagainya.

Tabel Pipa SCH80

Tabel Pipa SCH80

Merupakan keputusan yang tepat dengan memilih informasi yang akurat terkait pipa yang tepat untuk setiap proyek konstruksi atau industri. Pahami spesifikasi dan karakteristik pipa SCH80, agar dapat membuat keputusan yang lebih terinformasi dalam memilih pipa yang sesuai dengan kebutuhan spesifik proyek Anda.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi pipa SCH80 dan pemilihan pipa yang tepat untuk proyek Anda, pastikan untuk tetap mengikuti ulasan selanjutnya hanya di artikel-artikel yang tersedia di website alvindocs.com!

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
13
.
07
.
24

Penggunaan Reducer Pipa untuk Efisiensi Aliran dalam Sistem Perpipaan

Reducer sangat berguna ketika dipasang dengan benar sebagai penghubung antar pipa dengan ukuran berbeda. Namun, Anda perlu selalu memperhatikan persyaratan pemasangan reducer yang baik akan memastikan produktivitas berjalan lancar serta memberikan manfaat setiap saat.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
04
.
07
.
24

Keunggulan Pneumatic Actuator untuk Berbagai Aplikasi Industri

Aktuator adalah perangkat mekanik yang bertindak sebagai perantara antara sinyal kontrol untuk menghasilkan gerakan dalam suatu sistem, dan electric actuator memanfaatkan energi listrik menjadi gaya mekanik atau energi kinetik untuk menghasilkan gerakan. Lalu, bagaimana dengan pneumatic actuator?

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
30
.
06
.
24

Keunggulan Pipa SCH40 dalam Berbagai Aplikasi Industri beserta Tabelnya

Memahami keunggulan hingga tabel pipa SCH40 untuk berbagai diameter dan betapa pentingnya pemilihan pipa yang tepat dalam setiap proyek konstruksi atau industri.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
26
.
06
.
24

Aktuator Valve: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

Pelajari definisi serta peran penting aktuator dalam operasi valve, jenis-jenisnya, dan evaluasi kelebihan serta kekurangannya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
26
.
06
.
24

PTFE Gasket: Pengertian, Keuntungan, Karakteristik, dan Tips Memilihnya

Ingin tahu segalanya tentang PTFE gasket? Temukan di artikel ini! Pelajari pengertian, keuntungan, serta karakteristik unggulnya. Selain itu, dapatkan tips berharga untuk memilih PTFE gasket yang tepat sesuai kebutuhan aplikasi Anda.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
26
.
06
.
24

Gasket Graphite dalam Pipa: Definisi, Fungsi, dan Keuntungan Terbaru

Pelajari definisi, fungsi, karakteristik, dan keuntungan terbaru penggunaan gasket graphite dalam sistem pipa. Temukan bagaimana gasket graphite memberikan segel yang efisien dan tahan lama. Pelajari lebih lanjut di sini!