2023-11-23

Inilah Perbedaan Plat Besi, Plat Kapal dan Plat Lubang

Daftar isi

Tutup

Bagi masyarakat awam maupun pemula di sektor industri besi baja dan perpipaan, Anda pasti akan berpikir mengenai perbedaan di antara plat-plat berikut; plat besi, plat kapal, dan plat lubang. Apakah ketiga plat ini sama? Atau adakah perbedaan di antara masing-masing plat?

Bagi Anda yang mengira bahwa ketiga plat ini adalah sama, mungkin benar perkiraan Anda. Sedangkan untuk yang mengira ketiga plat ini berbeda, Anda tak salah juga. Oleh karena itu, ulasan kali ini akan kami jabarkan mengenai hubungan antara plat besi, plat kapal, dan plat lubang.

Perlu diketahui bahawa plat-plat ini sebenarnya terbuat dari slabs yang melalui proses hot-rolled coil. Apakah terbuat dari bahan yang sama? Jawabannya, iya. Karena ketiga plat ini terbuat dari produk induk yang sama, maka bahan penyusun plat besi, plat kapal dan plat lubang juga akan selalu sama.

Baca juga : Pengertian dan Rangkaian Pekerjaan Fabrikasi

Lalu, apa kira-kira yang membuat ketiga plat ini berbeda? Daripada Anda bingung, akan kami ulas satu per satu. Berikut penjabarannya.

iron plate inside of warehouse

Plat Besi (Steel Plate)

Plat besi hitam atau putih umumnya punya ukuran standar sebesar 4x8 feet dengan ketebalan mulai dari 0.6mm hingga 50.0mm. Kelas yang umum di pasaran untuk plat besi adalah baja struktural yang terbuat dari baja karbon rendah, sehingga mempunyai tingkat fleksibilitasnya yang baik. Plat ini biasanya digunakan untuk pembuatan plat penguat atau gelagar pada industri konstruksi.

Plat besi bisa dibentuk atau dibor sesuai dengan kebutuhan konstruksi saat diaplikasikan. Plat besi juga biasa digunakan pada industri fabrikator dan reparasi. Plat besi hitam dengan standar SNI biasanya punya toleransi ukuran lebih kurang 0.1mm.

Baca Juga : Jenis-jenis Pipa dan Fungsinya

Plat Kapal (Marine Plate)

Standar ukuran plat kapal umumnya lebih besar dari plat besi, yaitu 5x20 feet atau 6x20 feet dengan ketebalan lebih kurang 3.0mm hingga 25.0mm. Seperti namanya, plat ini memang lebih banyak digunakan saat proses pembuatan badan kapal. Ukuran plat kapal yang jauh lebih besar dari plat besi juga memudahkan proses pembuatan kapal. Walaupun begitu, plat kapal sering juga diaplikasikan pada industri minyak dan gas untuk bahan tangki maupun tabung/silo.

Bagaimana dengan plat kapal BKI? BKI sendiri adalah kepanjangan dari Biro Klasifikasi Indonesia. Plat kapal BKI adalah plat kapal yang terjamin kualitasnya karena punya sertifikasi oleh instansi tersebut. Lalu, apa perbedaan dengan plat kapal biasa?

Jika Anda pernah melihat, pada plat kapal BKI, bagian badan plat terdapat stempel/cap yang biasa disebut dengan hit number. Sedangkan plat kapal biasa tidak mempunyai hit number. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pembeli untuk lebih selektif pada plat kapal biasa atau plat kapal BKI. Dari segi kualitas dan harga juga tentunya berbeda.

Baca juga : Cara Menulis Spesifikasi Komponen Pipa yang Benar

Plat Lubang (Perforated Metal)

Plat lubang punya berbagai macam nama di kalangan engineer, seperti perforated sheet, perforated steel atau perforated screen. Plat lubang sendiri terbuat dari plat besi yang dilubangi secara mekanis atau manual, bertujuan untuk membuat pola-pola lubang pada penampangnya. Bentuknya tidak hanya lubang, seringkali user juga bisa menyarankan bentuk-bentuk lainnya sesuai kebutuhan.

Selain itu user juga bisa menyarankan spesifikasi lain, seperti ketebalannya, diameter pada lubang, sampai jarak antar lubangnya. Sebab, penjualan plat lubang memang umumnya menerapkan sistem pre-order. Ukuran plat lubang biasanya sama dengan plat hitam, yaitu 4x8 feet. Tapi, tak menutup kemungkinan ukurannya dapat mengikuti permintaan user.

Perlu Anda ketahui juga bahwa plat lubang ini sudah digunakan sangat lama, yaitu sekitar abad ke 19. Industri yang mengaplikasikan plat lubang pun cukup banyak seperti minyak dan gas, konstruksi, arsitektur, otomotif, pertanian hingga peternakan.

Penjabaran di atas dapat menggambarkan keragaman spesifikasi plat besi, plat kapal, maupun plat lubang yang ada dalam sektor-sektor industri saat ini. Memahami karakteristik dari masing-masing jenis plat ini menjadi cara terbaik jika Anda perlu memilih material yang sesuai dengan kebutuhan proyek tertentu.

Meskipun berbeda dalam pengaplikasian utamanya, setiap jenis plat memiliki kontribusinya sendiri dalam mendukung berbagai industri. Dengan informasi ini, diharapkan dapat membantu Anda memilih material yang sesuai dengan proyek, dan menciptakan hasil yang optimal.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
06
.
24

Pengertian Check Valve, Fungsi, Jenis hingga Cara Kerjanya

Check valve dikenal sebagai valve satu arah atau NRV (non-return valve) yang digunakan untuk mengalirkan fluida hanya ke satu arah saja agar tidak terjadi reversed flow/back flow. Kenali lebih jauh tentang check valve di artikel ini.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
29
.
05
.
24

Pinch Valve: Definisi, Cara Kerja, dan Pengaplikasiannya

Pinch valve beroperasi dengan prinsip sederhana, dengan memanfaatkan tabung atau sleeve (selongsong) fleksibel yang dapat atau dijepit untuk mengatur aliran media. Mari pelajari lebih dalam cara kerja pinch valve dan jelajahi penerapannya yang luas.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
25
.
05
.
24

Control Valve : Pengertian, Komponen Hingga Cara Kerjanya

Control Valve mengatur aliran secara otomatis dengan menggunakan pneumatik & hydraulic/hidrolik akuator. Pressure flow, fungsi dan bagian bagian control valve pada excavator

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
20
.
05
.
24

Memahami Pentingnya Machining dalam Industri: Definisi, Teknik, dan Keamanan Kerja

Mari mengulas pentingnya proses machining dalam dunia industri, membahas definisi dan prinsip dasar machining serta teknik-teknik yang umum digunakan seperti turning, milling, drilling, grinding, EDM, broaching, dan honing.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
17
.
05
.
24

Aktuator Valve: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

Pelajari definisi serta peran penting aktuator dalam operasi valve, jenis-jenisnya, dan evaluasi kelebihan serta kekurangannya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Mengenal Lebih Jauh Union Fitting pada Pipa

Union fitting berfungsi untuk menggabungkan pipa yang dapat dilepas pasang tanpa perlu pembongkaran. Mari mengenal lebih jauh mengenai union fitting ini mulai dari jenis, standar hingga harga.