2023-11-17

Memahami Pengelasan FCAW Flux Cored Arc Welding

Daftar isi

Tutup

Pengelasan adalah proses penyambungan yang dikenal dapat memastikan kekuatan dan integritas struktural dari berbagai komponen. Metode pengelasan yang terus berkembang dan banyak jenisnya, mulai dari arc welding, friction welding, electron beam welding, laser welding, hingga resistance welding.

Dapat dikatakan, arc welding adalah metode yang paling umum digunakan karena metode ini memiliki banyak cabang teknik pengelasan, salah satunya yaitu Flux-Cored Arc Welding atau disingkat FCAW.

Untuk lebih lengkapnya mari kita ulas pada artikel ini. Apa itu metode pengelasan Flux-Cored Arc Welding, mencakup definisi, pengaplikasian, klasifikasi hingga keuntungan dan kelemahannya.

Apa itu Flux-Cored Arc Welding

Flux-Cored Arc Welding (FCAW), juga biasa disebut dengan dual shield welding, adalah proses arc welding semi-otomatis menggunakan kawat pengelasan khusus yang memiliki inti berisi serbuk atau bahan kimia yang disebut flux. Metode pengelasan ini mendapatkan sumber panas dari listrik yang kemudian dikonversikan ke busur listrik untuk menyambungkan logam dasar di area sambungan las.

Pengaplikasian Flux-Cored Arc Welding

Melansir twi-global.com, FCAW termasuk pengelasan yang fleksibel karena adanya filler material dan komposisi flux yang tepat. FCAW juga memiliki tingkat deposisi yang tinggi, sehingga dapat menghasilkan sambungan las berkualitas tinggi dengan visual yang bagus. Tingkat kecepatan pengelasan yang tinggi dari metode ini membuatnya banyak digunakan dalam konstruksi. Selain itu, metode FCAW juga dapat dilakukan di luar ruangan, bahkan dalam kondisi berangin.

Baca Juga : Welding Inspector : Peran Tanggung Jawab, Gaji, dan Syarat

Maka dari itu, metode pengelasan FCAW diaplikasikan dalam berbagai industri, termasuk konstruksi, perkapalan, otomotif, dan manufaktur. Pengelasan FCAW dapat digunakan untuk material paduan, carbon steel, stainless steel, duplex steel, dan cast iron. Namun, FCAW kurang cocok digunakan pada material aluminium.

Klasifikasi Proses Pengelasan FCAW

Berdasarkan metode shielding untuk melindungi area lasnya, proses FCAW dapat dibagi menjadi dua jenis. Pertama yaitu yang menggunakan external shielding gas, dan yang kedua yaitu metode self sheilding yang hanya mengandalkan flux core.

External Shielding Gas

Shielding gas digunakan pada proses FCAW dengan tujuan untuk melindungi las dari oksidasi. Gas yang biasa digunakan mengandung karbon dioksida atau campuran argon 75% dan karbon dioksida 25%. Metode inilah yang biasa disebut dual shield welding dan telah dikembangkan untuk pengelasan baja struktural, material yang lebih tebal, atau pengelasan yang posisinya di luar.

Baca Juga : Mengenal Perbedaan Pipa Welded dan Pipa Seamless

Perlu dicatat bahwa untuk proses FCAW yang satu ini kurang cocok dilakukan dalam kondisi berangin karena dapat mengganggu gas shielding-nya sehingga berdampak pada kualitas las yang dihasilkan.

  • Self Shielding

Sementara itu, proses FCAW yang kedua adalah proses yang tidak menggunakan shielding gas, melainkan hanya mengandalkan elektroda dari flux itu sendiri, biasa disebut juga dengan istilah self sheilding. Elektroda yang dihasilkan dapat memberikan perlindungan dan menutupi logam cair pada permukaan las.

Berbeda dengan proses yang pertama, proses ini dilakukan di luar ruangan bahkan dalam kondisi berangin sehingga cocok untuk aplikasi outdoor.

Keuntungan dan Kelemahan FCAW

Beberapa keuntungan yang ditawarkan dari metode pengelasan FCAW antara lain:

  • Cocok untuk penggunaan outdoor dan material yang lebih tebal
  • Dapat menahan angin kencang jika digunakan tanpa external gas
  • Alatnya dapat dipindahkan dengan mudah
  • Memberikan fleksibilitas lebih dengan komposisi paduan dibandingkan MAG
  • Menawarkan tingkat deposisi kawat yang lebih tinggi dan stabilitas busur yang lebih baik

Walaupun terdapat banyak keuntungan yang ditawarkan, proses metode FCAW juga memiliki beberapa kelemahan yang dapat dijadikan pertimbangan, di antaranya:

  • FCAW menghasilkan lebih banyak asap dibandingkan proses lain
  • Asap berbahaya sering timbul dari proses pengelasan sehingga dapat menyulitkan untuk melihat permukaan las
  • Memerlukan proses pembersihan yang cukup lama setelah proses pengelasan selesai karena penggunaan flux
  • Jika terkena angin kencang, hasil las FCAW sering menimbulkan cacat porositas berupa lubang-lubang kecil di permukaan

Dapat kita simpulkan bahwa metode pengelasan Flux-Cored Arc Welding (FCAW) merupakan teknik pengelasan yang sangat berpengaruh dalam dunia industri. Dengan keunggulannya, FCAW dapat meningkatkan kualitas sambungan dan produktivitas dalam berbagai proyek. Meskipun begitu, penggunaan FCAW tetap memerlukan pemahaman mendalam tentang teknik pengelasan yang benar dan penanganan yang cermat terhadap pengaplikasiannya.

Baca Juga : Peran Welder Serta Kualifikasi, Tips hingga Kisaran Gaji

Ingin mengetahui tentang metode atau teknik las lainnya? Tunggu ulasan selanjutnya hanya di Blog ACS!

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
10
.
05
.
24

Flame Arrester: Pengertian, Cara Kerja, dan Pemasangannya

Pencegahan ledakan atau kebakaran dalam fasilitas industri menjadi prioritas yang tidak bisa diabaikan. Meskipun berbagai tindakan pencegahan telah diimplementasikan, seperti penggunaan sistem pemadaman api dan pengaturan tekanan yang tepat, namun resiko masih tetap ada. Flame arrester adalah perangkat yang dirancang khusus untuk mencegah penyebaran api dari suatu sumber api ke dalam sistem perpipaan. 

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Memahami Cara Kerja Flow Meter dan Pentingnya Mengukur Aliran pada Sistem

Pentingnya memastikan kuantitas setiap fluida akurat di seluruh proses kerja, dari awal hingga akhir secara berkala untuk memastikan seluruh proses kerja seperti perpindahan cairan dan pengendalian fluida berfungsi secara akurat, lancar, dan aman. Bisa dilakukan menggunakan Flow Meter.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Mengoptimalkan Efisiensi Jaringan Perpipaan dengan Smart Pipeline

Smart Pipeline bisa dibilang merupakan sebuah lompatan kemajuan yang signifikan dalam inovasi terkait pengangkutan dan pendistribusian sumber daya yang penting. Kombinasi sensor dan analisis data tidak dapat dipungkiri bisa meningkatkan keamanan dan efisiensi.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Meningkatkan Efisiensi dan Keberlanjutan Industri melalui Rehabilitasi Pipa

Seperti halnya infrastruktur lainnya, pipa-pipa industri juga rentan terhadap berbagai masalah dan kerusakan seiring berjalannya waktu. Rehabilitasi pipa bisa menjadi solusinya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Piping abbreviations: Istilah dan Singkatan Penting dalam Sistem Perpipaan

Menggali lebih dalam dunia perpipaan seringkali dihadapkan pada berbagai istilah dan singkatan yang mungkin membingungkan bagi yang belum berpengalaman. ACS telah merangkum beberapa untuk Anda ketahui.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Apa Itu Sistem HVAC dan Apa Saja Manfaat serta Dampaknya?

Meskipun sistem ini telah diaplikasikan secara luas, masih banyak yang belum familiar akan istilah sistem HVAC, terlebih pemahaman yang mendalam tentang komponen-komponen dan fungsinya. Mari kita ulas informasi selengkapnya.