31
.
05
.
22

Pahami Pembagian Support pada Sistem Perpipaan

Daftar isi

Tutup

Pembagian Support pada Sistem Perpipaan

Saat pipa dibentangkan, kita pasti membutuhkan support untuk menahan panjangnya pipa. Seperti kita tahu, Pipa digunakan untuk mengalirkan fluida, yang tentunya akan punya berat, berat itulah yang harus ditopang oleh support. Hal ini bertujuan agar berat dari pipa tidak bertumpu pada nozzle, sambungan las, atau tempat-tempat kritikal lainnya. Jika dipaksa maka akan berakibat pada lepasnya nozzle dari vessel atau bagian equipment.

Lalu apakah support ditujukan untuk menahan berat dari pipa saja? Tidak juga. Seperti yang pernah kami bahasa dalam jenis beban dalam sistem perpipaan, maka berat tersebut dikategorikan sebagai beban sustain. Padahal, masih ada beban lain seperti expansion atau occasional yang harus ditopang, makanya kita butuh dukungan sistem pemipaan atau pipe support.

Pembagian Type Pipe Support

Mengenai masalah pembagian, tentu tergantung siapa yang membagi. Beda petugas beda juga pembagiannya, lain juga klasifikasinya. Kami akan membagi jenis support pemipaan ini menjadi 3 seperti di bawah ini :

Sering kali kita tertukar dalam menyebutkan support dengan restrain, padahal sebenarnya itu istilah yang berbeda. Support itu lebih ke menahan deadweigh atau sustain loadnya. Sedangkan restrain, menahan expansion dari pipa.

Pipe Support / hanger

Untuk jenis support ini bisa menahan berat dari pipa termasuk fluida yang bekerja di dalamnya. Pipe support ini berfungsi untuk meneruskan beban (load) yang diterima pipa ke struktur atau pondasi yang lebih kuat.

Fungsinya tentu agar pipa tidak tertahan sepenuhnya oleh equipment. Support ini juga berfungsi untuk menghindari sagging, yaitu pipa mengembung ke bawah karena kurangnya penopangan sehingga berakibat fluida akan tertahan dan tidak mengalir.

Jenis support ini, ada yang langsung ke struktur atau pipa, ada pula yang menggunakan shoe. Shoe digunakan jika pipa terdapat insulasi dimana pipa itu langsung diletakan di supportnya, insulasinya akan penyok atau rusak.

Pipe Restraint

Untuk jenis pipe restrain, biasanya khusus untuk menahan beban karena pergerakan pipa, atau lebih khusus ke expansion load. Pergerakan pipa disini, tidak hanya disebabkan oleh perubahan temperatur pipa yang tinggi atau rendah, bisa juga disebabkan oleh external force seperti angin. Namun, untuk pipe restrain lebih untuk menopang pergerakan oleh termal ataupun dinamik pipa.

Jenis dari pipe restain itu akan ditahan oleh anchors. Anchor ada 2 bagian, fixed anchor dan directional anchor. Untuk fixed anchor, pipa tersebut di las langsung ke struktur sehingga pipa tidak dapat bergerak kesegala arah. Untuk directional anchor adalah penahan yang menahan sisi atau arah tertentu dari pipa. Biasanya arah aksial.

Satu lagi jenis restrain, yaitu menahan arah lateral atau lebih dikenal dengan guide. Guide menahan pipa agar tidak ke samping. Guide juga biasanya dipasang pada pipa lurus, dengan konfigurasi selang seling. Selain arah yang telah disebutkan, restrain juga termasuk yang menahan ke semua arah, umumnya menggunakan uclamp.

Vibration absorbers

Untuk jenis penopang ini, pada dasarnya support yang digunakan untuk menahan vibrasi dari angin, gempa atau aliran fluida.

Penulis

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

29
.
06
.
22

Jenis-Jenis Aktuator Pada Valve Beserta Fungsinya

Jenis-jenis aktuator pada valve serta fungsi, tujuan dan cara kerjanya. Penggunaan dan pengaplikasian Aktuator valve di bidang industri

23
.
06
.
22

Tipe Valve Pipa dan Fungsinya

Ball Valve merupakan sebuah perangkat sistem pipa dengan pengontrol aliran yang berbentuk disc bulat seperti bola