2022-08-22

Kota-Kota dengan Stok Minyak Gas Terbanyak di Dunia

Daftar isi

Tutup

big manufacture of oil

Minyak dan gas adalah industri global dengan banyaknya kota-kota terbaik di dunia yang menjadi pusat industri minyak dan gas internasional. Bagi Anda yang masih menjadi seorang mahasiswa dan mau punya passion untuk melihat dunia, maka bidang industri minyak dan gas merupakan pilihan yang tepat untuk Anda. Yuk lihat beberapa tempat yang dapat Anda jadikan tempat tinggal dan bekerja kalau memang benar Anda ingin serius berkarir di perusahaan oil dan gas.

1. Singapura

Singapore, salah satu negara yang vital dalam urusan pelabuhan pengiriman minyak dunia, selain itu singapura juga mempunyai teknologi penyulingan minyak yang sangat baik dan menjadi pusat perdagangan minyak gas di benua Asia. Banyak perusahaan yang menjadikan Singapura sebagai basis mereka dalam mendistribusi minyak gas karena faktor geografisnya yang strategis. Walaupun Singapura sendiri tidak memiliki cadangan minyak dalam negeri. Faktor inilah yang menjadikan Singapura menjadi salah satu negara penting dalam dunia minyak gas global.

photo of merlion and marina bay

Baca Juga : Ketahui Ilmunya Sebelum Berkarir di Industri Minyak dan Gas

2. Dubai

Dubai adalah bagian dari Uni Emirat Arab (UAE) yang merupakan 7 negara yang tergabung di semenanjung Arab. Uni Emirat Arab punya ekonomi terbesar kedua dan tentunya punya cadangan minyak paling besar kelima di wilayah arab. Selain itu, Uni Emirat Arab punya cadangan gas alam terbesar keempat di wilayah arab. Hal ini terbukti dari cadangan minyak sekitar 98 miliar barel dan cadangan gas alam 214 triliun kubik.

Dubai building beside the ocean

3. Calgary

Calgary merupakan kota yang terletak di wilayah regional Alberta dan menjadi pusat industri minyak gas di Kanada. Kota ini sangat bagus untuk ditinggali karena punya pemandangan yang bagus. Kota ini dikelilingi oleh danau yang indah, pegunungan dan taman alam. Cadangan minyak di daerah ini kira-kira masih punya minyak sekitar 1,5 miliar barel dengan produksi hampir 500.000 barel/hari. Kanada memiliki cadangan minyak lebih dari 178 miliar barel dan sekitar 58 triliun kubik cadangan gas alam. Maka dari itu, Kanada dianggap sebagai pemegang cadangan terbesar kedua di dunia setelah Arab Saudi.

Calgary city in the night

Baca Juga : 7 Kampus Jurusan Teknik Perminyakan Terbaik di Dunia

4. Houston, USA

Houston adalah kota yang berbasis di Texas, Amerika Serikat. Houston telah diakui oleh seluruh dunia dalam industri minyak gas. Perlu Anda tahu, selain minyak gas, ada banyak pekerjaan yang berhubungan dengan energi di Houston daripada di kota-kota lain di dunia ini. Houston memproduksi sekitar 30% minyak dan memproduksi sekitar 30% gas alam dari total produksi minyak gas di AS. Andaikan Texas itu sebuah negara, Texas akan menjadi negara penghasil gas alam terbesar ke 3 di dunia. Sedangkan untuk penghasil minyak, Texas akan menjadi penghasil ke 14 terbesar di dunia.

Landmark Building in Houston city

5. Rio De Janeiro

Rio de Janeiro merupakan pusat kota eksplorasi Minyak Gas di Brasil dan Amerika Selatan. Brasil punya cadangan minyak lebih dari 14 miliar barel dan cadangan gas alam sekitar 13 triliun kubik. Brasil punya jumlah produksi lebih dari 3 juta barel minyak per hari, hal ini membuat mereka menjadi negara tertinggi kedua setelah Venezuela di wilayah Amerika Latin. 

Christ the redeemer statue in Brazil

Baca Juga : Inilah 5 Perusahaan Perminyakan Terbesar di Dunia

6. Stavanger

Stavanger merupakan kota terbesar ketiga di Norwegia dan biasa disebut juga sebagai the Oil Capital of Norway. Ada banyak perusahaan minyak gas yang berdiri di wilayah Stavanger. Diantaranya : Shell, Total, Statoil, BG Group, Marathon Oil, BP, Talisman Energy, Premier Oil, Conoco, Phillips, Centrica, GDF Suez, Exxon Mobil dan Maersk Oil.

Stavenger cliff in Norwegia

7. Kuala Lumpur

Kuala Lumpar merupakan ibu kota Malaysia dengan perusahaan minyak gas nasional mereka yaitu Petronas. Malaysia sendiri terletak di tepi Selat Malaka, yang merupakan koridor minyak dan gas yang menghubungkan Samudra Hindia dan Pasifik. Cadangan gas Malaysia diperkirakan sekitar 4X lebih banyak jika dibandingkan dengan cadangan minyak mereka, yaitu 82.5 triliun kubik.

Petronas building in Malaysia

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Memahami Cara Kerja Flow Meter dan Pentingnya Mengukur Aliran pada Sistem

Pentingnya memastikan kuantitas setiap fluida akurat di seluruh proses kerja, dari awal hingga akhir secara berkala untuk memastikan seluruh proses kerja seperti perpindahan cairan dan pengendalian fluida berfungsi secara akurat, lancar, dan aman. Bisa dilakukan menggunakan Flow Meter.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Mengoptimalkan Efisiensi Jaringan Perpipaan dengan Smart Pipeline

Smart Pipeline bisa dibilang merupakan sebuah lompatan kemajuan yang signifikan dalam inovasi terkait pengangkutan dan pendistribusian sumber daya yang penting. Kombinasi sensor dan analisis data tidak dapat dipungkiri bisa meningkatkan keamanan dan efisiensi.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Meningkatkan Efisiensi dan Keberlanjutan Industri melalui Rehabilitasi Pipa

Seperti halnya infrastruktur lainnya, pipa-pipa industri juga rentan terhadap berbagai masalah dan kerusakan seiring berjalannya waktu. Rehabilitasi pipa bisa menjadi solusinya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Piping abbreviations: Istilah dan Singkatan Penting dalam Sistem Perpipaan

Menggali lebih dalam dunia perpipaan seringkali dihadapkan pada berbagai istilah dan singkatan yang mungkin membingungkan bagi yang belum berpengalaman. ACS telah merangkum beberapa untuk Anda ketahui.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Apa Itu Sistem HVAC dan Apa Saja Manfaat serta Dampaknya?

Meskipun sistem ini telah diaplikasikan secara luas, masih banyak yang belum familiar akan istilah sistem HVAC, terlebih pemahaman yang mendalam tentang komponen-komponen dan fungsinya. Mari kita ulas informasi selengkapnya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Apa Saja 6 Tahapan Proses Pembuatan BBM?

Perlu diketahui bahwa setiap tetes bahan bakar yang kita gunakan melalui kendaraan atau peralatan listrik telah menjalani serangkaian proses yang kompleks. Apa saja prosesnya?