03
.
06
.
22

Kota-Kota dengan Stok Minyak Gas Terbanyak di Dunia

Daftar isi

Tutup

Kota-Kota Top dengan Minyak Gas terbanyak Dunia

Minyak dan gas adalah industri global dengan banyaknya kota-kota terbaik di dunia yang menjadi pusat industri minyak dan gas internasional. Bagi Anda yang masih menjadi seorang mahasiswa dan mau punya passion untuk melihat dunia, maka bidang industri minyak dan gas merupakan pilihan yang tepat untuk Anda. Yuk lihat beberapa tempat yang dapat Anda jadikan tempat tinggal dan bekerja kalau memang benar Anda ingin serius berkarir di perusahaan oil dan gas.

1. Singapura

industri minyak dan gas di singapura

Singapore, salah satu negara yang vital dalam urusan pelabuhan pengiriman minyak dunia, selain itu singapura juga mempunyai teknologi penyulingan minyak yang sangat baik dan menjadi pusat perdagangan minyak gas di benua Asia. Banyak perusahaan yang menjadikan Singapura sebagai basis mereka dalam mendistribusi minyak gas karena faktor geografisnya yang strategis. Walaupun Singapura sendiri tidak memiliki cadangan minyak dalam negeri. Faktor inilah yang menjadikan Singapura menjadi salah satu negara penting dalam dunia minyak gas global.

Baca Juga : Ketahui Ilmunya Sebelum Berkarir di Industri Minyak dan Gas

2. Dubai

industri minyak dan gas di dubai

Dubai adalah bagian dari Uni Emirat Arab (UAE) yang merupakan 7 negara yang tergabung di semenanjung Arab. Uni Emirat Arab punya ekonomi terbesar kedua dan tentunya punya cadangan minyak paling besar kelima di wilayah arab. Selain itu, Uni Emirat Arab punya cadangan gas alam terbesar keempat di wilayah arab. Hal ini terbukti dari cadangan minyak sekitar 98 miliar barel dan cadangan gas alam 214 triliun kubik.

3. Calgary

industri minyak dan gas di calgary

Calgary merupakan kota yang terletak di wilayah regional Alberta dan menjadi pusat industri minyak gas di Kanada. Kota ini sangat bagus untuk ditinggali karena punya pemandangan yang bagus. Kota ini dikelilingi oleh danau yang indah, pegunungan dan taman alam. Cadangan minyak di daerah ini kira-kira masih punya minyak sekitar 1,5 miliar barel dengan produksi hampir 500.000 barel/hari. Kanada memiliki cadangan minyak lebih dari 178 miliar barel dan sekitar 58 triliun kubik cadangan gas alam. Maka dari itu, Kanada dianggap sebagai pemegang cadangan terbesar kedua di dunia setelah Arab Saudi.

Baca Juga : 7 Kampus Jurusan Teknik Perminyakan Terbaik di Dunia

4. Houston, USA

industri minyak dan gas di houston amerika serikat

Houston adalah kota yang berbasis di Texas, Amerika Serikat. Houston telah diakui oleh seluruh dunia dalam industri minyak gas. Perlu Anda tahu, selain minyak gas, ada banyak pekerjaan yang berhubungan dengan energi di Houston daripada di kota-kota lain di dunia ini. Houston memproduksi sekitar 30% minyak dan memproduksi sekitar 30% gas alam dari total produksi minyak gas di AS. Andaikan Texas itu sebuah negara, Texas akan menjadi negara penghasil gas alam terbesar ke 3 di dunia. Sedangkan untuk penghasil minyak, Texas akan menjadi penghasil ke 14 terbesar di dunia.

5. Rio De Janeiro

Rio de Janeiro merupakan pusat kota eksplorasi Minyak Gas di Brasil dan Amerika Selatan. Brasil punya cadangan minyak lebih dari 14 miliar barel dan cadangan gas alam sekitar 13 triliun kubik. Brasil punya jumlah produksi lebih dari 3 juta barel minyak per hari, hal ini membuat mereka menjadi negara tertinggi kedua setelah Venezuela di wilayah Amerika Latin. 

Baca Juga : Inilah 5 Perusahaan Perminyakan Terbesar di Dunia

6. Stavanger

Stavanger merupakan kota terbesar ketiga di Norwegia dan biasa disebut juga sebagai the Oil Capital of Norway. Ada banyak perusahaan minyak gas yang berdiri di wilayah Stavanger. Diantaranya : Shell, Total, Statoil, BG Group, Marathon Oil, BP, Talisman Energy, Premier Oil, Conoco, Phillips, Centrica, GDF Suez, Exxon Mobil dan Maersk Oil.

7. Kuala Lumpur

Kuala Lumpar merupakan ibu kota Malaysia dengan perusahaan minyak gas nasional mereka yaitu Petronas. Malaysia sendiri terletak di tepi Selat Malaka, yang merupakan koridor minyak dan gas yang menghubungkan Samudra Hindia dan Pasifik. Cadangan gas Malaysia diperkirakan sekitar 4X lebih banyak jika dibandingkan dengan cadangan minyak mereka, yaitu 82.5 triliun kubik.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

03
.
06
.
22

Investasi Migas RI Kalah Saing, Raksasa Migas Pada Cabut

investasi migas di Indonesia sudah tidak menarik lagi di mata para Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) terdapat beberapa Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) asing yang juga hengkang dari Indonesia sejak tahun 2013

17
.
06
.
22

Apa itu Water Treatment? Ini Penjelasannya

Water Treatment, proses pengolahan air agar dapat dikonsumsi ataupun diterima dalam kondisi yang diinginkan