03
.
06
.
22

Inilah 5 Perusahaan Perminyakan Terbesar di Dunia

Daftar isi

Tutup

Oil Industry

Dari awal abad ke 20, permintaan minyak dunia semakin tumbuh karena semakin pula berkembangnya negara dan konsumen di seluruh dunia. Minyak bumi pun menjadi emas hitam yang banyak diburu oleh perusahaan minyak. Dari emas hitam ini, banyak perusahaan-perusahaan raksasa yang bermunculan.

Karena besarnya permintaan, tak heran jika perusahaan-perusahaan raksasa minyak dan gas terus berlomba mencari emas hitam tersebut di seantero dunia. Bahkan di antaranya sukses berkembang menjadi perusahaan minyak global dengan penghasilan raksasa. Berikut lima perusahaan minyak terbesar dunia dari sisi penghasilan tahunan, yang disarikan dari berbagai sumber :

Baca juga : Chevron, Pioneer Teknologi Perminyakan di Dunia

Inilah 5 Perusahaan Perminyakan Terbesar di Dunia

1. Saudi Aramco

Saud Aramco Nozzle

Perusahaan yang didirikan pada tahun 1944 ini bisa menghasilkan lebih dari 12 juta barrel minyak per harinya lho, dengan pemasukan yang mencapai 1 miliar dollar As per hari. Sekarang ini, seluruh saham dari Saudi Aramco dipegang oleh pemerintah Arab Saudi.

Saking kayanya perusahaan minyak Saudi Aramco ini, mereka bahkan punya pelayanan udara tersendiri dengan pesawat terbang, helikopter, dan 2 bandara yang dibangun di Amerika Serikat.

2. Gazprom

Berpindah ke Eropa, ada perusahaan bernama Gazprom yang sudah memasuki jajaran perusahaan minyak terbesar di dunia. Sekarang ini, mayoritas saham dipegang oleh Rusia sedangkan minoritasnya dipunyai oleh individu atau perorangan. Gazprom secara resmi sebagai perusahaan dengan saham terbuka yang mana bisa di perjual-belikan oleh individu atau kelompok yang mau ikut berinvestasi.

Baca Juga : Deretan Perusahaan yang Rugi Seperti Pertamina

3. National Iranian Oil Company

Awalnya, perusahaan National Iranian Oil Company dipegang penuh oleh pemerintah Inggris pada awal abad ke-20. Akan tetapi karena adanya revolusi islam Iran pada tahun 1979, seluruh orang asing yang berada di Iran harus meninggalkan negara tersebut sehingga produksi minyak diambil alih sepenuhnya oleh karyawan warga lokal.

4. PetroChina

PetroChina

PetroChina adalah salah satu perusahaan minyak dan gas terbesar yang ada di Cina. Dibentuk pada tahun 1999, penghasilan tahunan perusahaan ini bahkan sudah mencapai 325 miliar dollar AS, dan akan jauh lebih tinggi setelah data pasar dirilis akhir-akhir ini. Saat didirikan, PetroChina melibatkan juga negara Afrika dan Australia, dimana mereka menandatangani kontrak senilai 50 miliar untuk gas alam.

Baca Juga : Hentikan Perang Harga, Arab Saudi Pangkas Harga Minyak

5. Chevron

Pembahasan mengenai perusahaan minyak terbesar di dunia, jelas Anda tak boleh melupakan nama Chevron. Pada tahun 2010, Chevron membeli perusahaan Atlas Petroleum sebesar 4,3 miliar dollar AS. Chevron hadir di lebih dari 180 negara, Chevron juga baru-baru ini menciptakan terobosan baru dengan menguasai bidang energi bersih sektor dan menjadi pemain utama dalam produksi energi panas bumi.

Itulah pembahasan singkat dari kami kali ini, jika pembahasan kali ini bermanfaat silahkan bisa Anda share via tombol sosial media dibawah. Baca juga informasi menarik lainnya di website ini ya.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

03
.
06
.
22

Tertinggi Dalam 3 Tahun Terakhir, Harga Minyak Dunia Kembali Naik

Tertinggi dalam 3 tahun, analis menyebutkan harga minyak dunia akan terus naik

17
.
06
.
22

Apa itu Water Treatment? Ini Penjelasannya

Water Treatment, proses pengolahan air agar dapat dikonsumsi ataupun diterima dalam kondisi yang diinginkan