2022-12-15

Aturan Impor Barang Kiriman Terbaru Mulai Berlaku

Daftar isi

Tutup

Packing custom in BEA Cukai

Aturan Baru Impor Barang

Pemerintah melalui Bea Cukai telah menetapkan ketentuan impor terbaru berkaitan dengan barang kiriman yang diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor PMK 199/PMK.10/2019 dan baru mulai berlaku tanggal 30 Januari 2020. Pada aturan ini Bea Cukai menyelaraskan nilai pembebasan bea masuk atas barang kiriman dari yang sebelumnya 75 $ menjadi 3 $ /kiriman. 

Adapun pungutan pajak dalam rangka impor (PDRI) masih berlaku normal. Tapi pemerintah juga merasionalisasi tarif dari semula berkisar ± 27,5% - 37,5% (bea masuk 7,5%, PPN 10 %, PPh 10% dengan NPWP, dan PPh 20% tanpa NPWP) menjadi ± 17,5% (bea masuk 7,5%, PPN 10 %, PPh 0%).

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga menyatakan bahwa walapun bea masuk terhadap barang kiriman dikenakan tarif tunggal, pemerintah sudah menerima banyak masukan yang disampaikan oleh pengrajin dan produsen barang-barang yang banyak digemari dan banjir dari luar negeri. 

Kasus ini berakibat pada produk tas, sepatu, dan garmen dalam negeri tidak laku. Seperti diketahui banyak sentra pengrajin tas dan sepatu yang gulung tikar karena kompetitor menjual produk-produk China yang lebih murah padahal secara kualitas kurang.

Melihat hal ini yang disebabkan menjamurnya produk-produk tersebut, pemerintah telah menetapkan tarif bea masuk normal untuk komoditi tas, sepatu, dan garmen sebesar 15%-20% untuk tas, 25%-30% untuk sepatu, dan 15%-25% untuk produk tekstil dengan PPN sebesar 10%, dan PPh sebesar 7,5% hingga 10%.

Package and forklift

Baca Juga : Cara cek keaslian pada komponen pipa

Hal yang Harus Diperhatikan

Penetapan tarif normal ditetapkan agar tercipta perlakuan yang adil dalam perpajakan atau level playing field antara produk dalam negeri yang mayoritas dari IKM dan dikenakan pajak dengan produk impor melalui barang kiriman serta impor distributor via kargo umum.

Sehubungan dengan penerapan aturan baru ini, Bea Cukai mengimbau kepada masyarakat, khususnya perusahaan jasa titipan (PJT) untuk bisa menaati aturan tersebut dengan tidak melakukan modus pelanggaran antara lain memecah barang kiriman (splitting) atau memberitahukan harga di bawah nilai transaksi (under invoicing).

Dalam menyusun perubahan aturan ini, pemerintah telah melibatkan berbagai pihak untuk menciptakan aturan yang inklusif serta menjunjung tinggi keadilan dalam berusaha. Perubahan aturan ini merupakan upaya nyata pemerintah khususnya Kementerian Keuangan untuk mengakomodir masukan para pelaku industri dalam negeri khususnya IKM. 

Diharapkan dengan adanya aturan baru ini, fasilitas pembebasan bea masuk untuk barang kiriman (de minimus value) dapat benar-benar dimanfaatkan untuk keperluan pribadi dan mendorong masyarakat untuk lebih menggunakan produk dalam negeri.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Menelusuri Lokasi-Lokasi Tambang Batubara di Indonesia

Batubara adalah sumber daya alam yang penting untuk menghasilkan energi, terutama dalam pembangkit listrik dan industri, dalam negeri maupun untuk ekspor. Selain itu, batubara juga digunakan dalam industri, seperti produksi baja dan semen. Akhir tahun 2023 lalu, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) baru saja meresmikan kegiatan produksi tambang yang merupakan tambang batubara bawah tanah pertama di Indonesia.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Menggali Lebih Dalam tentang Jenis-jenis Metode Pertambangan

Proses penambangan tidak sederhana. Ada banyak metode yang digunakan untuk mengekstraksi mineral dari bumi, masing-masing memiliki karakteristik dan teknik tersendiri. 

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Perbandingan Teknologi Pembangkit Listrik Geothermal: Flash Steam, Binary Cycle, dan Dry Steam

Menjelajah informasi tentang energi geothermal yang menawarkan potensi besar sebagai sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan dan dapat membantu dalam diversifikasi sumber energi serta mitigasi perubahan iklim. 

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Menggali Potensi Energi Geothermal Menuju Masa Depan Berkelanjutan

Energi geothermal merupakan potensi besar yang belum sepenuhnya dimanfaatkan. Sumber daya alam satu ini melimpah, tetapi dibiarkan terkubur di dalam kerak bumi tanpa cukup dijelajahi. Padahal, potensi panas bumi sebagai sumber energi yang bersih, terbarukan, dan tidak terbatas sangatlah besar. 

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Potensi Energi dari Sumber-sumber Alternatif

Energi alternatif menawarkan peluang untuk mengubah paradigma energi kita dari yang berbasis bahan bakar fosil menjadi sumber daya yang bersih, berkelanjutan, dan ramah lingkungan.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Mengulik Proses Instrumentasi dalam Sistem Perpipaan

Menjelajahi peran penting instrumen-instrumen tersebut dalam menjaga keamanan, efisiensi, dan keandalan sistem perpipaan