2023-11-22

Fungsi Lap Joint Flange dalam Perpipaan

Daftar isi

Tutup

Berperan sebagai pilihan sambungan yang kuat dan tahan terhadap tekanan, suhu tinggi, atau perubahan lingkungan, flange menjadi komponen penting dalam sistem perpipaan. Penggunaan flange juga bukan tanpa alasan, karena sambungan satu ini memiliki keunggulan yaitu dapat memberikan fleksibilitas dalam hal perakitan, pembongkaran, dan pemeliharaan. Salah satu jenis flange yang sering digunakan adalah lap joint flange. 

Baca Juga : Apa itu Flange dan Jenis Jenis Flange Pipa Besi

Dalam artikel ini, akan dijelaskan lebih dalam tentang lap joint flange seperti definisi dan fungsi lap joint flange, serta keuntungan dari pengaplikasiannya. Mari mulai dengan mempelajari dasar-dasar informasi mengenai lap joint flange.

Definisi dan Fungsi Lap Joint Flange

Lap joint flange adalah salah satu jenis flange yang mudah dikenali karena terdiri dari dua komponen utama: stub end dan lap joint flange itu sendiri. Stub end adalah komponen yang dielas dengan pipa menggunakan metode butt weld, sementara lap joint flange adalah cincin melingkar yang terhubung dengan stub end. Meskipun secara teknis stub end bukanlah bagian integral dari lap joint flange, keduanya selalu digunakan bersamaan untuk menciptakan hubungan yang aman dan tahan lama.

Lap joint flange juga dikenal dengan beberapa nama lain, seperti van stone flanges, loose ring flanges, loose hubbed flanges, dan back up flanges. Ini mencerminkan seberapa umum dan serbaguna flange ini dalam berbagai aplikasi industri.

Baca Juga : Apa Itu Blind Flange ? Fungsi Hingga Cara Pemasangan

Apa itu Stub End?

Digunakan bersama dengan backing flange, pada dasarnya stub end adalah fitting pipa ukuran pendek dengan satu ujung melebar yang dilas ke pipa dengan NPS, grade material, dan schedule yang sama. Karena dilas ke pipa, hanya stub end yang harus memiliki kualitas material sama dengan pipa. Jadi, backing flange dapat dibuat dari material lain. Stub end memiliki 3 jenis, yaitu:

  • Tipe A, merupakan tipe yang paling umum digunakan. Tipe ini diproduksi dan disesuaikan dengan standar lap joint flange.
  • Tipe B dapat digunakan dengan standar slip-on flange.
  • Tipe C, tipe yang paling jarang digunakan di industri. Tipe ini dapat digunakan untuk lap joint flange atau slip-on flange.

Pengaplikasian lap joint flange cocok untuk digunakan pada sistem perpipaan dengan suhu dan tekanan yang tinggi, hal ini serupa dengan fungsi dengan. Lap joint flange juga tersedia dalam banyak ukuran dan pressure rating.

Baca Juga : Coupling Pipa Besi di Industri: Fungsi, Jenis, dan Aplikasinya

Sementara untuk materialnya, jenis flange ini juga tersedia beragam. Biasanya, disesuaikan dengan material pipa atau valve yang disambungkan. Bisa terbuat dari stainless steel, carbon steel, atau material campuran.

Keuntungan Menggunakan Lap Joint Flange

Lap joint flange tidak mungkin digunakan secara luas dalam berbagai industri jika tidak memiliki karakteristik yang dapat menguntungkan penggunanya. Beberapa keuntungan menggunakan lap joint flange adalah:

  1. Fleksibel

Salah satu keunggulan lap joint flange yaitu sifatnya yang fleksibel karena dua komponennya dapat dipasang, atau dibongkar saat akan ada pembersihan atau pemeriksaan. Lap joint flange juga mudah disejajarkan dengan mating flange (dapat diputar hingga lubang baut sejajar).

  1. Minim Perawatan

Fleksibilitas yang ditawarkan lap joint flange dapat menghemat proses perawatan dalam pada rangkaian pipa sehingga perawatannya cenderung mudah dan cepat. Tidak hanya itu, lap joint flange juga sangat cocok untuk aplikasi korosif.

  1. Lebih Hemat

Selain minim perawatan, lap joint flange juga memiliki harga yang relatif murah dan tersedia di hampir semua diameter pipa. Jadi, biaya yang dikeluarkan menjadi lebih efisien.

Baca Juga : Harga Pipa Stainless Steel 2023 Tiap Ukuran dan Merk

Meskipun lap joint flange memiliki sejumlah keunggulan yang signifikan, sangatlah penting untuk selalu mempertimbangkan persyaratan teknis yang spesifik dalam konteks aplikasi perpipaan Anda sebelum memutuskan jenis flange yang paling sesuai. Untuk memastikan pilihan yang tepat, disarankan untuk mencari informasi yang komprehensif atau berkonsultasi dengan para ahli yang memiliki pengetahuan mendalam di bidang ini.

Selain itu, Anda dapat menghubungi distributor yang menyediakan produk flange yang sesuai dengan kebutuhan Anda seperti PT Alvindo Catur Sentosa. Dengan demikian, Anda dapat memastikan bahwa sistem perpipaan Anda berfungsi dengan optimal sesuai dengan persyaratan aplikasi Anda.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
20
.
05
.
24

Pinch Valve : Definisi, Cara Kerja, dan Pengaplikasiannya

Pinch valve beroperasi dengan prinsip sederhana, dengan memanfaatkan tabung atau sleeve (selongsong) fleksibel yang dapat atau dijepit untuk mengatur aliran media. Mari pelajari lebih dalam cara kerja pinch valve dan jelajahi penerapannya yang luas.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
20
.
05
.
24

Memahami Pentingnya Machining dalam Industri: Definisi, Teknik, dan Keamanan Kerja

Mari mengulas pentingnya proses machining dalam dunia industri, membahas definisi dan prinsip dasar machining serta teknik-teknik yang umum digunakan seperti turning, milling, drilling, grinding, EDM, broaching, dan honing.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
17
.
05
.
24

Aktuator Valve: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

Pelajari definisi serta peran penting aktuator dalam operasi valve, jenis-jenisnya, dan evaluasi kelebihan serta kekurangannya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Mengenal Lebih Jauh Union Fitting pada Pipa

Union fitting berfungsi untuk menggabungkan pipa yang dapat dilepas pasang tanpa perlu pembongkaran. Mari mengenal lebih jauh mengenai union fitting ini mulai dari jenis, standar hingga harga.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Equal Tee: Definisi, Fungsi, dan Material Terbaik untuk Sistem Pipa

Pelajari definisi, fungsi, dan material terbaik yang digunakan dalam equal tee untuk sistem pipa. Temukan cara mengoptimalkan penggunaan equal tee dalam instalasi pipa Anda. Pelajari lebih lanjut di sini!

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Mengenal Weldolet Lebih Dalam Serta Cara Memilih dan Pemasangan

Temukan segala hal tentang weldolet dalam artikel ini. Pelajari pengertian, keunggulan, dan langkah-langkah pemasangan yang efektif. Jelajahi aplikasi weldolet dalam industri dan manfaatnya sebagai sambungan pipa yang kuat dan efisien.