2022-09-06

Wow! Pertamina Anggarkan Investasi Rp 153 T Tahun Ini

Daftar isi

Tutup

Anggaran Besar Pertamina

PT Pertamina (Persero) akan membuat investasi atau belanja modal (capital expenditure/capex) pada tahun 2021 ini sekitar US$10,7 miliar atau sebesar Rp 153 triliun (dengan kurs +- Rp 14.300/US$).

Anggaran ini meningkat 2X lipat dari investasi tahun 2020 yang besarnya sekitar US$ 4,7 miliar. Dari realisasi belanja modal tahun lalu, porsi belanja modal tertinggi di sektor hulu mencapai US$ 2,41 miliar atau 51% dari total investasi tersebut.

Pertamina mengatakan akan terus berupaya memaksimalkan perannya sebagai pengelola energi nasional melalui strategi investasi yang tepat dan benar di seluruh lini bisnis perusahaan.

3 engineers planning for blue print at the field

Di sektor hulu, mulai 2017 Pertamina sudah dapat kepercayaan dari pemerintah untuk ambil alih 11 Wilayah Kerja Migas terminasi yang sebelumnya dijalankan operator lain. Bulan Agustus 2021, saat Blok Rokan resmi dijalankan Pertamina Hulu Rokan, maka kontribusi Pertamina Group akan meningkat signifikan pada produksi migas nasional.

Baca Juga : Jenis-Jenis Pipa dan Fungsinya

Langkah ini adalah upaya perseroan untuk menjaga kedaulatan energi nasional dengan meningkatkan produksi minyak & gas karena mendukung pemerintah untuk mewujudkan produksi 1 juta barel (per hari)

Di sektor pengolahan, anggaran investasi Pertamina juga untuk membangun serta infrastruktur pengolahan 4 Refinery Development Master Plan (RDMP) dan 1 Grass Root Refinery (GRR) yang akan terhubung dengan kilang petrokimia.

Kelanjutan dari program biodiesel sejak 2006, Pertamina berkomitmen mengembangkan lagi biofuel atau biodiesel 100% dengan cara mempercepat penyelesaian proyek biorefinery di 3 lokasi, seperti kilang Dumai, Cilacap dan Plaju guna memenuhi kebutuhan biodiesel yang mengolah sumber energi dari kelapa sawit yang melimpah di dalam negeri.

Melalui investasi pembangunan kilang, Indonesia bisa mewujudkan swasembada atau kemandirian energi yang diperlukan di masa depan. Pada sektor hilir, Pertamina juga mencoba terus mengembangkan infrastruktur penyaluran BBM, LPG, dan Gas. 

Sampai sekarang Pertamina sudah menyelesaikan 14 lokasi terminal BBM dan 4 lokasi terminal LPG di Indonesia Timur. Untuk memperkuat upaya konversi energi bagi pembangkit listrik PLN, Pertamina juga membangun infrastruktur LNG pada 56 titik lainnya.

Anggaran investasi untuk seluruh proyek diatas bersumber pada internal ekuitas perusahaan dan pembiayaan eksternal dalam bentuk pinjaman (loan), obligasi global (global bond) ataupun pendanaan proyek (project financing).

photo of Pertamina Manufacture in the night

Dari keseluruhan proyek, yaitu 14 Proyek Strategis Nasional serta 300 proyek investasi lainnya pada sektor hulu, hilir dan energi bersih terbarukan, Pertamina membutuhkan sebesar US$ 92 miliar pada tahun 2020-2024.

Baca Juga : Pahami Cara Baca Code Standard ASME

Pertamina sedang menjalankan beberapa strategi, seperti disiplin pembentukan sinking fund, buyback global bond / liability management, cash management, akselerasi receivables collection antar perusahaan juga disiplin monitoring pada hasil investasi.

Strategi tersebut, diharapkan agar perusahaan dapat merealisasikan kemampuan pembayaran obligasi yang jatuh tempo tahun 2021 sekitar US$ 391 juta. Karena tahun 2020, Pertamina harus melunasi 3 corporate loan dengan total sebesar US$ 549,4 juta.

Tahun 2020, Pertamina terbukti berhasil mencatat rasio utang yang terjaga baik dan masih kompetitif di antara perusahaan migas nasional ataupun internasional lainnya. Tiga lembaga internasional seperti Moody's, S&P dan Fitch menilai Pertamina pada peringkat investment grade yang masing-masing pada level Baa2, BBB dan BBB.

Pertamina melakukan upaya dan usaha agar tetap mempertahankan rasio utang dalam kontrol wajar sebagai perusahaan yang sehat. Debt to EBITDA tetap dijaga dan seluruh aspek Keuangan juga di awasi oleh KBUMN sebagai pemegang saham.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Memahami Cara Kerja Flow Meter dan Pentingnya Mengukur Aliran pada Sistem

Pentingnya memastikan kuantitas setiap fluida akurat di seluruh proses kerja, dari awal hingga akhir secara berkala untuk memastikan seluruh proses kerja seperti perpindahan cairan dan pengendalian fluida berfungsi secara akurat, lancar, dan aman. Bisa dilakukan menggunakan Flow Meter.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Mengoptimalkan Efisiensi Jaringan Perpipaan dengan Smart Pipeline

Smart Pipeline bisa dibilang merupakan sebuah lompatan kemajuan yang signifikan dalam inovasi terkait pengangkutan dan pendistribusian sumber daya yang penting. Kombinasi sensor dan analisis data tidak dapat dipungkiri bisa meningkatkan keamanan dan efisiensi.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Meningkatkan Efisiensi dan Keberlanjutan Industri melalui Rehabilitasi Pipa

Seperti halnya infrastruktur lainnya, pipa-pipa industri juga rentan terhadap berbagai masalah dan kerusakan seiring berjalannya waktu. Rehabilitasi pipa bisa menjadi solusinya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Piping abbreviations: Istilah dan Singkatan Penting dalam Sistem Perpipaan

Menggali lebih dalam dunia perpipaan seringkali dihadapkan pada berbagai istilah dan singkatan yang mungkin membingungkan bagi yang belum berpengalaman. ACS telah merangkum beberapa untuk Anda ketahui.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Apa Itu Sistem HVAC dan Apa Saja Manfaat serta Dampaknya?

Meskipun sistem ini telah diaplikasikan secara luas, masih banyak yang belum familiar akan istilah sistem HVAC, terlebih pemahaman yang mendalam tentang komponen-komponen dan fungsinya. Mari kita ulas informasi selengkapnya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Apa Saja 6 Tahapan Proses Pembuatan BBM?

Perlu diketahui bahwa setiap tetes bahan bakar yang kita gunakan melalui kendaraan atau peralatan listrik telah menjalani serangkaian proses yang kompleks. Apa saja prosesnya?