2022-07-28

Pahami 6 Tips Mengatasi Capek dan Stres Saat Kerja

Daftar isi

Tutup

Jika Anda terlalu lama bekerja apalagi di workshop fabrikasi konstruksi, dibagian proyek, instalasi pipa, setting mesin, mekanikal ataupun di kantor tentu dapat menyebabkan kelelahan. Apalagi ada tumpukan pekerjaan yang belum Anda selesaikan bisa membuat anda lelah dan stres.

Saat hal itu terjadi, tentu mengurangi nilai dari kinerja Anda saat berada di tempat kerja, bisa saja pekerjaan jadi terbengkalai saat Anda merasakan lelah dan capek. Jika Anda sering mengalami hal tersebut, sebaiknya Anda baca beberapa tips untuk mencegahnya seperti dibawah ini :

engineer with white helmet looking to the construction

Tips Mengatasi Capek dan Stres:

1. Atur Waktu

Salah satu kunci yang ampuh untuk mencegahnya adalah dengan mengatur waktu kerja Anda dengan baik. Gunakanlah waktu secara efisien dan maksimal. Anda harus membuat daftar kerja dengan disesuaikan skala prioritasnya. Jika pekerjaan Anda masih terlalu banyak, jangan memaksakan diri, ada baiknya Anda istirahat sejenak untuk sekedar minum kopi mungkin atau merokok bagi Anda yang perokok.

2. Buat Target

Selain atur waktu, Anda juga harus mampu membuat target dalam satu pekerjaan yang harus diselesaikan, hal ini penting untuk Anda lakukan. Pekerjaan yang dikejar kalau bisa juga bersifat realistis agar Anda tidak perlu bekerja ekstra. Jika Anda sudah membuat target, maka semaksimal mungkin bisa dikerjakan. Ingat sekali lagi, susunlah target dengan kemampuan yang Anda miliki.

3. Katakan ‘Tidak’

Jika saat ini Anda hanya sebagai karyawan dan sering diperintah oleh atasan Anda atau senior di tempat kerja, tapi Anda juga berhak untuk menolak perintah mereka jika pekerjaan tersebut telah overload. Jelaskan dengan baik dan masuk akal kepada mereka bahwa tugas yang harus anda selesaikan masih banyak dan Anda sudah punya target / planning untuk pekerjaan selanjutnya.

mechanic with yellow helmet in manufacture

4. Istirahat Sejenak

Saat Anda sudah merasa terlalu capek dan stres, jangan memaksakan diri karena ada baiknya Anda mengambil waktu sejenak untuk beristirahat. Anda bisa minum teh atau kopi serta merokok bagi yang perokok. Cari tempat khusus dan lepaskan kepenatan sejenak. Jika Anda bekerja di kantor Anda juga bisa melakukan istirahat dengan cara memejamkan mata sekitar 10-15 menit.

5. Punya Kegiatan Lain

Kegiatan lain disini bisa Anda lakukan setelah pulang kerja ya. Selain sibuk dengan pekerjaan, Anda juga perlu kesibukan yang lain. Hal ini bisa membuat Anda melepas jenuh dan penat karena terlalu keras Anda bekerja. Anda bisa saja menyalurkan hobi yang Anda senangi, kumpul dengan komunitas atau bermain futsal dengan teman-teman Anda.

Baca Juga : Perhatikan 6 Aspek ini Dalam Mendesain Pipa

6. Jaga Kesehatan

Janganlah terlalu sibuk dalam pekerjaan, karena Anda juga harus meluangkan waktu untuk berolahraga agar tubuh Anda tetap segar dan sehat. Lakukan olahraga di pagi hari sebelum Anda berangkat bekerja. Bisa juga Anda lakukan saat weekend, sering berolahraga tentu membantu Anda mempunyai imun yang kuat untuk menahan berbagai penyakit. Olaharga secara rutin mampu menghilangkan penat dan membuat pikiran menjadi jernih kembali.

Terakhir yang bisa kami sampaikan, ambilah cuti untuk sekedar berlibur ke luar kota untuk menikmati udara segar dan membuat fresh pikiran Anda. Demikian beberapa hal yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi rasa lelah atau stres ketika anda bekerja. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Mengimplementasikan Pipe Purging sebagai Strategi Perawatan Rutin

Pipe purging, sebuah metode yang dirancang untuk membersihkan dan menyiapkan pipa sebelum penggunaan atau pengujian lebih lanjut. Simak informasi selengkapnya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Kerusakan pada Valve: Mengidentifikasi Masalah dan Strategi Pencegahan

Valve, yang merupakan komponen penting dalam berbagai sistem industri, seringkali mengalami masalah tertentu, yang jika dibiarkan dapat mengganggu kinerja operasional. Pemeliharaan dan pemantauan secara teratur menjadi kunci dalam mencegah kerusakan tersebut.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
04
.
01
.
24

Peran Welder Serta Kualifikasi, Tips hingga Kisaran Gaji

Seorang Welder Profesional masih sangat dibutuhkan di industri manapun. Namun sebelum itu, Anda perlu mengenal apa itu welder, keterampilan, tantangan, kisaran gaji hingga prospek masa depan. Simak artikel berikut ini.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
04
.
01
.
24

Ketahui Ilmunya Sebelum Berkarir di Industri MiGas

3 pilar dalam industri Minyak bumi dan gas. Pahami ilmunya dan gambaran lengkapnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
23
.
11
.
23

Perbedaan Distributor Supplier Agen dan Reseller

Apa itu distributor, supplier, agen dan reseller. penjelasan serta perbedaannya antara ketiganya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
26
.
09
.
23

Jenis Alat Pelindung Diri APD Untuk Pekerja Konstruksi

Jenis alat perlindungan diri K3 serta fungsinya dan macam macam alat pelindung diri untuk pekerja konstruksi dan alat berat