2023-12-28

Mengenal Helper Mekanik, Mulai dari Tugas Hingga Kisaran Gajinya

Daftar isi

Tutup

Profesi helper, dengan segala keahlian, menjadi bagian tak terpisahkan hampir dalam semua bidang perkerjaan. Beberapa pekerjaan helper yang populer antara lain; helper gudang, helper produksi, helper restoran, helper logistik, dan helper mekanik.

Dari banyaknya pekerjaan helper, helper mekanik merupakan salah satu yang paling sering dicari.

Melalui artikel ini, mari kita gali lebih dalam tentang peran dari profesi yang mendukung berbagai sektor yang mengandalkan mesin, yaitu helper mekanik atau yang juga biasa disebut dengan mekanik support.

Apa itu Helper Mekanik?

Di balik kecanggihan teknologi dan mesin yang ada di sektor industri, otomotif, dan permesinan, terdapat banyak individu yang bekerja memastikan kelancaran dan keberlajutan aktivitas operasional. Mulai dari engineer, inspector, supervisor, hingga helper mekanik.

Helper mekanik biasanya berasal dari luar perusahaan, bukan dari tim internal, atau biasa disebut outsource. Namun, tidak sedikit perusahaan yang juga memiliki helper mekanik dalam timnya, agar lebih memudahkan kapanpun dibutuhkan.

Profesi helper mekanik ini tidak hanya sebagai penolong saat mesin bermasalah, tetapi bisa lebih dari itu.

Baca Juga: Tugas Helper Pertambangan dan Kisaran Gaji

Tugas dan Tanggung Jawab Helper Mekanik

Seperti namanya, helper mekanik membantu dan menolong mekanik utama dalam permesinan. Walaupun peran utamanya melakukan perawatan dan perbaikan mesin, helper mekanik juga bertanggung jawab dalam beberapa hal berikut:

  1. Mengecek mesin-mesin yang digunakan
  2. Mendeteksi potensi kerusakan
  3. Menganalisis kerusakan yang terjadi
  4. Membongkar dan merakit mesin
  5. Memperbaiki dan mengganti suku cadang yang mengalami kerusakan atau yang sudah termakan umur
  6. Memberikan perawatan khusus terhadap mesin agar tidak mudah rusak
  7. Menjaga agar mesin tetap efisien
  8. Membuat laporan kondisi mesin

Keterampilan yang Diperlukan Helper Mekanik

Keahlian teknis menjadi aset utama seorang helper mekanik. Dari pemahaman mendalam tentang sistem mekanis hingga kemampuan troubleshooting yang handal, setiap langkah perbaikan memerlukan keterampilan khusus yang bisa didapatkan melalui pendidikan formal maupun perlatihan dan sertifikasi.

Selain itu, komunikasi yang baik dengan tim dan kemampuan bekerja di bawah tekanan juga dapat menjadi nilai tambah.

Ketelitian dan kreativitas dalam menemukan solusi merupakan keterampilan yang tak kalah penting untuk dimiliki oleh seorang helper mekanik.

Baca Juga: Pahami Pembagian Support pada Sistem Perpipaan

Tantangan dan Peluang Karir Profesi Helper Mekanik

Menangani mesin dan peralatan mekanik bukan tanpa tantangan. Helper mekanik sering kali dihadapkan pada berbagai situasi yang membutuhkan kreativitas dan kecepatan berpikir dalam menemukan solusi.

Ditambah lagi dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang, mereka perlu terus mengikuti perkembangan untuk tetap relevan dalam profesi mereka.

Bagi yang tertarik dengan profesi ini, tidak perlu khawair. Peluang karir dalam profesi helper mekanik tidak hanya terbatas pada perbaikan mesin.

Seiring dengan pengalaman dan keterampilan yang terus berkembang, seorang helper mekanik dapat memilih untuk memperluas wawasannya ke bidang manajemen perawatan mesin, pengembangan teknologi, atau bahkan menjadi instruktur pelatihan di bidang mekanik. Menarik, bukan?

Kisaran Gaji Helper Mekanik

Gaji seorang helper mekanik dapat bervariasi tergantung pada pengalaman, keterampilan, dan sektor industri tempat mereka bekerja.

Gaji yang bisa didapatkan helper mekanik rata-rata ada di kisaran Rp4.000.000,- dan bisa mencapai Rp9.000.000,-. Sekali lagi, semua tergantung pada pengalaman dan faktor lainnya.

Namun, gaji yang didapatkan oleh helper mekanik umumnya lebih besar jika dibandingkan dengan profesi helper lainnya.

Bagaimana? Menjadi helper mekanik cukup menjanjikan, bukan? Terutama bagi kamu yang sudah memiliki latar belakang teknik permesian yang cukup kuat.

Baca Juga: Ketahui Ilmunya Sebelum Berkarir di Industri MiGas

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, helper mekanik atau mekanik support pekerjaannya bukan hanya membantu, tapi juga memastikan kelancaran mesin yang bekerja agar lebih optimal dan sesuai dengan tujuan perusahaan.

Apakah kamu tertarik menjadi helper mekanik?

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Memahami Cara Kerja Flow Meter dan Pentingnya Mengukur Aliran pada Sistem

Pentingnya memastikan kuantitas setiap fluida akurat di seluruh proses kerja, dari awal hingga akhir secara berkala untuk memastikan seluruh proses kerja seperti perpindahan cairan dan pengendalian fluida berfungsi secara akurat, lancar, dan aman. Bisa dilakukan menggunakan Flow Meter.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Mengoptimalkan Efisiensi Jaringan Perpipaan dengan Smart Pipeline

Smart Pipeline bisa dibilang merupakan sebuah lompatan kemajuan yang signifikan dalam inovasi terkait pengangkutan dan pendistribusian sumber daya yang penting. Kombinasi sensor dan analisis data tidak dapat dipungkiri bisa meningkatkan keamanan dan efisiensi.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Meningkatkan Efisiensi dan Keberlanjutan Industri melalui Rehabilitasi Pipa

Seperti halnya infrastruktur lainnya, pipa-pipa industri juga rentan terhadap berbagai masalah dan kerusakan seiring berjalannya waktu. Rehabilitasi pipa bisa menjadi solusinya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Piping abbreviations: Istilah dan Singkatan Penting dalam Sistem Perpipaan

Menggali lebih dalam dunia perpipaan seringkali dihadapkan pada berbagai istilah dan singkatan yang mungkin membingungkan bagi yang belum berpengalaman. ACS telah merangkum beberapa untuk Anda ketahui.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Apa Itu Sistem HVAC dan Apa Saja Manfaat serta Dampaknya?

Meskipun sistem ini telah diaplikasikan secara luas, masih banyak yang belum familiar akan istilah sistem HVAC, terlebih pemahaman yang mendalam tentang komponen-komponen dan fungsinya. Mari kita ulas informasi selengkapnya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Apa Saja 6 Tahapan Proses Pembuatan BBM?

Perlu diketahui bahwa setiap tetes bahan bakar yang kita gunakan melalui kendaraan atau peralatan listrik telah menjalani serangkaian proses yang kompleks. Apa saja prosesnya?