03
.
06
.
22

Harga Minyak Dunia Kembali Naik Karena Permintaan Tinggi

Daftar isi

Tutup

Diagram Harga Minyak Meningkat

Harga Minyak Menguat

Harga minyak dunia menguat pada perdagangan akhir pekan lalu pada bulan September 2021. Penguatan harga minyak ini karena seiring permintaan global yang meningkat dan karena faktor pemulihan ekspor minyak di USA yang melandai.

Seperti dikutip dari berbagai sumber harga minyak mentah berjangka Brent naik jadi 39 sen atau 0,5% ke harga $73,42/barel.

Sementara minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS naik jadi 21 sen atau 0,3% pada harga $70,20/barel. Kedua kontrak minyak diatas memang jadi acuan sebagian besar stabil untuk pasar minggu ini.

Baca Juga : Wilmar Targetkan Produksi Minyak Goreng Meningkat Tahun ini

Permintaan Tinggi

Namun, saat ini masih ada 1,7 juta barel per hari produksi minyak tutup di Teluk Meksiko dan AS. Ada kerusakan pada heliport dan depot bahan bakar menjadikan terlambatnya kru ke anjungan tambang lepas pantai, seperti diberikan kepada Reuters.

Analis melihat ini sebagai ruang untuk kenaikan harga minyak di tengah pengetatan pasokan minyak mentah dan tanda pulihnya permintaan setelah OPEC+ tetap pada rencana untuk menambah 400,00 barel/hari (bph) ke pasar selama beberapa bulan ke depan.

Baca Juga : 6 Aspek Dalam Mendesain Sistem Perpipaan

Amerika Serikat menyambut baik hal tersebut dan berjanji untuk menekan organisasi negara pengekspor untuk lebih banyak agar mendukung pemulihan ekonomi dengan cara memperbanyak produksi.

Dengan pasar minyak yang masih sangat defisit untuk tahun ini, minyak kini siap untuk reli lebih lanjut karena OPEC+ memberikan sinyal disiplin untuk mengurangi pemotongan dan karena stok AS terus menurun.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

03
.
06
.
22

Permintaan Meningkat, Harga Minyak Dunia Kembali Naik

harga minyak mulai mengalami kenaikan dan pasokan produk bensin naik menjadi 9,5 juta barel/hari

03
.
06
.
22

Kapan Indonesia Bisa Stop Impor BBM?

Pada tahun 2026 permintaan dan produksi minyak bumi di Indonesia akan seimbang dan bisa mengurangi Impor BBM