2022-12-15

Bali, Tuan Rumah Konvensi Internasional Migas

Daftar isi

Tutup

Kesiapan Bali Sebagai Tuan Rumah

Konvensi internasional mengenai minyak dan gas yang ke dua, atau The 2nd International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas 2021 akan diadalan pada 29 November – 1 Desember 2021 di Bali. Tujuannya, agar menarik investasi di sektor hulu migas dalam upaya meningkatkan produksi di tahun 2030 nanti.

Ketua Organizing Committee, Luky Agung Yusgiantoro menyatakan ada 5 tujuan utama pada event ini. 
Pertama, tentu acara ini dihadirkan untuk menarik investasi. Kenapa? Karena sektor kegiatan hulu migas ini punya target pada 2030 untuk produksi 1 juta barel per hari, semua ingin tunjukkan ke stakeholders, ke publik, bahwa sektor ini sedang transformasi, tujuan agar pada investasi.

Offshore rig in the middle of the sea waiting for sunset

Baca Juga : Pekerjaan Teknik Perminyakan Dengan Gaji Tinggi

Bali Siap Jadi Tuan Rumah Konvensi Internasional Minyak dan Gas Bumi

Selanjutnya akan ada diskusi mengenai low carbon initiative yang sebelumnya telah menjadi bahasan di gelaran COP26 di Skotlandia. Acara ini akan membahas mengenai dampak dan target yang bakal dicapai oleh sektor hulu migas.

Tujuan ketiga ini juga penting mengenai adanya kolaborasi yang akan dibangun dengan lembaga lainnya untuk mencapai tujuan rendah karbon dan produksi 1 juta barel.

Tak hanya tujuan dari SKK Migas, tapi masyarakat yang masih membutuhkan energi, diketahui saat ini 50 persen bauran energi itu berasal dari gas alam dan minyak bumi, tentu masih dibutuhkan kedepannya.

Maka dari itu, tujuan event ini ingin menunjukkan ke dunia luar untuk mencapai tujuan peningkatan produksi itu perlu dilakukan bersama-sama dengan target bisa memberikan ketahanan energi dan perekonomian Indonesia.

Kemudian keempat, dalam rangka mengejar target peningkatan produksi dan low carbon emission, SKK Migas akan memaparkan berbagai program yang telah dijalankan dan akan dijalan kedepannya. 

Baca Juga : Tertinggi Dalam 3 Tahun Terakhir, Harga Minyak Kembali Menguat

Sementara itu, pihak penyelenggara belum mau membocorkan nilai investasi yang ditargetkan didapat dari gelaran tersebut. Meski begitu, saat ini mereka telah mempunyai rancangan dan bentuk investasi yang ditargetkan akan didapatkan, namun, belum bisa dikonversi ke besaran uang.

Guna untuk menarik investasi dari luar negeri maupun dalam negeri juga memiliki tantangan tersendiri. Apalagi saat ini untuk menarik investasi dari luar negeri akan bersaing dengan investasi sektor Energi Baru Terbarukan (EBT).

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
12
.
07
.
24

Teknik Bubut: Macam-Macam Teknik Bubut dan Aplikasi dalam Berbagai Industri

Dengan kemampuannya untuk menciptakan bentuk yang tepat dan hasil bubutan yang berkualitas, teknik bubut tetap menjadi salah satu proses fundamental dalam manufaktur yang mendukung berbagai aplikasi di sektor industri.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
12
.
07
.
24

Plat Besi: Ukuran, Jenis, dan Tabel Beratnya

Berat plat besi memiliki pengaruh signifikan terhadap struktur dan konstruksi dalam berbagai aspek. Beban berlebih akibat penggunaan plat besi yang terlalu tebal atau berat dapat menyebabkan kerusakan struktural atau bahkan kegagalan total bangunan.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
10
.
07
.
24

Dampak Ekskavasi dan Strategi Mitigasinya

Dengan memahami dan mengantisipasi dampak negatif ekskavasi serta menerapkan langkah-langkah mitigasi yang tepat, proyek ekskavasi dapat dilaksanakan dengan lebih aman dan bertanggung jawab, meminimalkan efek buruk pada lingkungan, masyarakat, dan pekerja.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
09
.
07
.
24

Apa itu Rebar Scanner dan Manfaatnya untuk Proyek Konstruksi Modern

Rebar scanner digunakan untuk mengevaluasi integritas struktural, serta menentukan apakah ada kerusakan atau keretakan pada tulangan baja yang dapat mempengaruhi kekuatan dan kestabilan bangunan.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
03
.
07
.
24

Pengertian Ekskavasi dan Prosesnya Sebagai Fondasi dalam Pembangunan Infrastruktur

Ekskavasi memberikan landasan yang diperlukan untuk menentukan kedalaman fondasi, kestabilan struktur, serta penyelarasan yang tepat bagi bangunan atau infrastruktur lainnya. 

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
02
.
07
.
24

Pengertian PKO (Palm Kernel Oil) dan Produk Turunannya

Melalui serangkaian tahapan yang teliti, mulai dari pemanenan hingga pemurnian, proses pengolahan minyak inti sawit (PKO) memastikan bahwa minyak yang dihasilkan memiliki kualitas tinggi dan siap untuk digunakan dalam berbagai aplikasi industri.