2022-12-30

Tertinggi 3 Tahun Terakhir, Harga Minyak Dunia Naik

Daftar isi

Tutup

Harga Kembali Naik

Harga minyak dunia kembali naik, dalam 3 tahun terakhir ini merupakan puncak tertingginya pada akhir perdagangan pekan kemarin. Kenaikan harga minyak dipengarui oleh gangguan produksi global yang mau tak mau perusahaan-perusahaan minyak kembali menarik sejumlah besar pasokan minyak mereka.

Untuk harga minyak mentah berjangka Brent pengiriman November naik jadi 1,1% menjadi US$78,09/barel. Kemudian untuk minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS naik menjadi 0,9% menjadi US$73,98/barel.

Engineer Pipa dan Valve

Tertinggi Dalam 3 Tahun Terakhir

Harga minyak Brent tersebut mencatatkan level tertingginya sejak bulan Oktober tahun 2018 lalu, sedangkan WTI AS menyentuh level tertinggi setelah Juli 2021. Kenaikan harga minyak dunia disebabkan gangguan produksi Pantai Teluk AS karena hantaman Badai Ida akhir Agustus kemarin.

Akan tetapi, pengaruh kenaikan stabil harga minyak ini juga karena tertahan oleh penjualan publik pertama cadangan minyak mentah di negara China.

Distributor Jual Valve Jakarta Terbaik

Analisis Pasar

Analis Pasar Minyak mengatakan tren kenaikan harga minyak masih terus akan terjadi. Karena biasanya pasar menilai dampak gangguan pasokan akan berkepanjangan dan kemungkinan penarikan pasokan.

Baca Juga : Harga Minyak Meningkat Karena Permintaan Tinggi

Sejumlah gangguan tersebut memang bisa berlangsung berbulan-bulan dan mengakibatkan penarikan tajam pasokan minyak mentah AS dan global. Penyulingan minyak di AS pun diburu untuk menggantikan minyak mentah Teluk (Meksiko) AS, dengan mengalihkan minyak ke Irak dan Kanada.

Di sisi lain, impor minyak mentah India naik ke level tertingginya pada Agustus lalu, rebound dari tingkatan terendahnya pada bulan Juli.

Komunitas negara penghasil minyak (OPEC+) pun berusaha untuk meningkatkan produksi minyaknya. Salah satunya, Rusia, percaya diri akan tetap menjadi pemasok yang handal ke pasar global.

Analis Pasar pesimistis pasokan minyak mentah extra dari Iran akan dapat terwujud. Hal ini karena negosiasi sanksi kesepakatan Nuklir Iran akan jadi proses yang berlarut-larut.

Sementara itu, produsen minyak terbesar di Kazakhstan, Tengizchevroil (TCO) yang dipimpin oleh Chevron, akan menunda komponen proyek ekspansi sebesar US$45,2 miliar selama 3-7 bulan ke depan.

Analis juga memprediksi harga minyak Brent dapat menyentuh US$80 pada akhir September ini dikarenakan penarikan stok. Salah satunya juga produksi OPEC yang lebih rendah dan permintaan Timur Tengah yang mulai kuat.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
21
.
03
.
24

Mengapa Pipe Insulation Penting untuk Efisiensi Energi dalam Sistem Perpipaan?

Pipe insulation atau insulasi pipa memiliki peran yang signifikan dalam menjaga efisiensi energi, mencegah kerusakan pipa akibat perubahan suhu yang drastis, dan meningkatkan keberlangsungan operasional sistem.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
07
.
03
.
24

Memahami Keunggulan Material Cast Iron untuk Infrastruktur Perpipaan

Setiap jenis cast iron memiliki keunggulan dan kelemahan sendiri, dan pemilihan yang tepat tergantung pada kebutuhan aplikasi yang spesifik. Dengan memahami karakteristik masing-masing jenis cast iron, petugas maupun pemilik dapat membuat pilihan yang cerdas dalam merancang dan memilih material untuk aplikasi mereka.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
07
.
03
.
24

Penerapan Alloy Steel dalam Sistem Perpipaan untuk Meningkatkan Ketahanan Korosi

Alloy steel telah diterapkan untuk komponen-komponen utama perpipaan; pipa, valve, fitting pipa, flange, hingga baut dan memainkan peran penting dalam berbagai industri dengan memberikan kombinasi yang unik di masing-masing elemen paduannya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
07
.
03
.
24

Process Engineer: Kunci Sukses dalam Perancangan dan Pengembangan Industri-Industri Besar

Process engineer memegang peranan kunci dalam mengoptimalkan proses produksi dalam berbagai industri. Dari perencanaan hingga implementasi, mereka bertanggung jawab untuk memastikan proses berjalan lancar dan efisien, menghasilkan produk akhir yang berkualitas. 

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
07
.
03
.
24

Klasifikasi Peran dan Tanggung Jawab Profesi Piping Engineer

Seorang Piping Engineer harus memiliki pemahaman yang kuat tentang prinsip-prinsip desain dan analisis struktural pipa, pemilihan material, standar teknis industri, serta peraturan dan kode keselamatan yang berlaku.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
07
.
03
.
24

Heat Number: Identifikasi dan Pelacakan Material dalam Konstruksi Sistem Perpipaan

Dengan heat number, penerima komponen logam dapat memeriksa catatan pengujian kualitas, dan memverifikasi bahwa bahan tersebut memenuhi spesifikasi yang diperlukan.